Rambut Rusak Bukan Masalah Lagi, Perhatikan Tips Perawatan Berikut Ini, Dears!

1. Cucilah Rambut dengan Produk yang Tepat

Rambut adalah mahkotamu, sehingga harus dirawat dan dicuci dengan baik. Mencuci rambut dengan produk yang salah dapat menyebabkan kekeringan pada rambut. Karena itu, sangat penting memilih formulasi produk yang disesuaikan dengan jenis dan kondisi rambutmu

Jika rambut diwarnai, direkomendasikan untuk mencucinya dengan kondisioner pembersih atau co-washing (krim yang menghidrasi dan membersihkan rambut tanpa surfaktan) untuk menjaga kelembabannya.

Jika rambutmu rusak, terutama jika sebelumnya pernah menggunakan pemutih atau perawatan kimia, kamu perlu menambahkan kembali keratin dan asam glutamat yang hilang saat proses pencucian ini.

2. Tingkatkan Asupan Protein 

90% rambut terbuat dari protein. Itulah sebabnya, penata rambut dan ahli dermatologi terobsesi dengan perawatan protein rambut. “Mereka memperkuat rambut, melindunginya dari kehilangan kelembaban yang berlebihan, membuatnya terasa lebih tebal dan terlihat berkilau, dan sampai batas tertentu, memperbaiki kerusakan,” kata Francesca Fusco, MD, seorang dokter kulit di Wexler Dermatology , New York.

Produk tersebut biasanya hadir dalam bentuk kondisioner, serum, atau masker rambut yang mengandung protein tingkat tinggi untuk membantu memperbaiki protein yang rusak di rambutmu. Jangan lupa, Dears, kadar protein juga harus seimbang. Jika  protein berlebihan, rambutmu bisa menjadi kaku dan rentan terhadap kerusakan.

3. Lakukan Perawatan Alami 

Jika kamu memiliki kerusakan rambut ringan, tak perlu perawatan yang mahal, kamu dapat memanfaatkan bahan-bahan yang ada di dapur. Resep sederhana berikut, adalah contoh mudah cara alami untuk mengatasi kerusakan rambut.

  • Campur minyak zaitun dan kuning telur, oleskan pada rambut. Setelah didiamkan beberapa menit, bilas dan cuci rambut hingga bersih. Rambut seketika akan terasa halus dan lembut.
  • Campurkan yogurt dengan madu dan minyak kelapa untuk membuat masker rambut. Pastikan menggunakan yogurt tawar tanpa rasa. Oleskan pada rambut dan tunggu beberapa menit. Cuci dan bilas rambut seperti biasa.

4. Lindungi Rambut dari Matahari

Jika hari sedang panas-panasnya, jangan sampai rambutmu terbakar sinar matahari. Jika enggan menutup rambutmu, selalu gunakan semprotan pelindung panas pada rambut.  Sengatan matahari yang panas dapat merusak kondisi alami rambut dan mengakibatkan kerontokan.

5. Bersahabatlah dengan Minyak Rambut

Jadikan minyak rambut sebagai sahabatmu. Minyak rambut dapat membantu rambutmu mengisi kembali lipid yang hilang pada setiap helai yang rusak. Oleskan beberapa tetes minyak rambut pada rambut basah atau kering (sesuai jenis minyaknya), cukup fokuskan pada ujungnya.

6. Hati-hati Saat Menyisir Rambut

Ternyata menyisi rambut yang salah membuat rambut menjadi rusak, begitu juga saat mengikatnya. Kedua hal tersebut harus dilakukan dengan berhati-hati. Saat ingin menyisir rambut, terutama jika rambutmu basah, lakukan penyisiran mulai dari bawah ke atas. Jika rambut sangat bercabang, cari kuas atau sisir yang dirancang khusus agar rambut menjadi lembut.

Itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam perawatan rambut rusak. Semoga bermanfaat ya, Dears!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *