Rambut Rontok Bikin Panik? Atasi dengan 3 Bahan Alami Ini, Dears!

Rambut adalah mahkota bagi wanita. Memiliki rambut yang tebal dan hitam berkilau akan membuat penampilan seseorang terlihat lebih menarik. Namun tak sedikit pula yang memiliki masalah pada rambut. Salah satu masalah yang paling sering terjadi adalah masalah rambut yang rontok.

Kerontokan rambut tentunya cukup mengganggu bagi seseorang. Rambut yang rontok selain dapat membuat berserakannya helaian rambut dimana-mana, juga akan menyebabkan semakin tipisnya rambutmu. Hal ini tentu akan membuat penampilan menjadi kurang menarik. Walaupun saat ini berbagai produk perawatan rambut menawarkan solusi untuk mengatasi kerontokan rambut, namun masih banyak yang tidak dapat mengatasi masalah rambut rontok tersebut. Dears, jika kamu mengalami masalah rambut rontok yang belum bisa teratasi, cobalah dengan bahan-bahan alami berikut ini.

Lidah Buaya

Foto: journal.sociolla.com

Lidah buaya adalah tanaman yang banyak manfaatnya. Salah satu manfaat lidah buaya yaitu dapat membantu mengatasi masalah kerontokan rambut. Kandungan asam amino, enzim, protein, vitamin dan mineral yang terdapat dalam lidah buaya dapat memberi nutrisi pada rambut. Cara menggunakan lidah buaya untuk perawatan rambut adalah sebagai berikut:

– Ambillah beberapa batang lidah buaya, lalu dicuci dan kupaslah kulit daun lidah buaya tersebut. Lalu ambillah daging lidah buaya yang berupa gel. Kemudian lumatkan gel tersebut agar semakin halus dan mudah meresap saat digunakan pada kulit kepala.

– Sebelum menggunakan gel lidah buaya tersebut, sebaiknya kamu keramas terlebih dahulu. Setelah keramas, keringkanlah rambutmu dengan menggunakan handuk.

– Setelah rambutmu bersih, kamu dapat mengoleskan gel lidah buaya sambil memijat-mijat kulit kepala agar gel lidah buaya menyerap ke pori-pori kulit kepala. Setelah kamu oleskan secara merata pada kulit kepala, balutlah rambutmu dengan menggunakan handuk dan diamkan kira-kira 1 jam. Setelah itu bilaslah rambut dengan air hingga bersih.

 

Kemiri

Foto: travel.tribunnews.com

Buah yang berkulit keras ini selain digunakan sebagai bumbu masakan, juga dapat dijadikan ramuan yang berkhasiat menguatkan rambut. Untuk menggunakannya buah kemiri diproses dahulu agar dapat mengeluarkan minyaknya.

Inilah cara memproses kemiri agar dapat mengeluarkan minyaknya:

– Sediakan beberapa buah kemiri yang bagus lalu tumbuk sampai halus.

– Buah kemiri yang sudah halus kemudian disangrai hingga mengeluarkan minyak. Pisahkan minyak dari ampasnya lalu diamkan hingga dingin.

– Setelah dingin minyak kemiri dapat langsung dioleskan di kulit kepala lalu pijat-pijatlah kulit kepala agar minyak kemiri tersebut meresap.

– Diamkan sampai kira-kira 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

 

Santan

Foto: ramesia.com

Sama seperti kemiri, santan selain digunakan untuk masakan ternyata baik pula digunakan sebagai ramuan yang dapat menutrisi kesehatan rambut. Santan yang mengandung protein dan minyak esensial sangat baik untuk menguatkan dan menyuburkan rambut. Cara menggunakan santan untuk perawatan rambut adalah sebagai berikut:

– Buatlah santan yang kental, kemudian oleskan pada kulit kepala.

– Pijat-pijatlah kulit kepala saat mengoleskan santan tersebut agar dapat terserap nutrisinya dengan baik melalui pori-pori kulit kepala.

– Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Bagaimana, Dears? Tidak sulit bukan membuat ramuan bahan alami tersebut? Daripada membiarkan masalah rambut rontokmu tak teratasi, kamu bisa mencoba menggunakan bahan-bahan alami tersebut. Selamat mencoba, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *