Ramadan Jangan Malas! Ini 8 Manfaat Ajaib Puasa untuk Tubuh

Bulan penuh keberkahan selalu dinanti seluruh umat Islam. Banyak di antara kita telah membuat list yang akan ia tunaikan di bulan Ramadan, seperti halnya membaca Alquran, salat sunah, baca zikir pagi dan petang, sedekah, dan hal lainnya. Namun tak hanya itu, kamu juga perlu tahu, loh, manfaat puasa untuk tubuh yang wajib diketahui.

Biasanya, ada segelintir kita yang bermalas-malasan ketika sedang berpuasa. Mereka sering mengikuti rasa lapar yang menggelitik. Padahal, banyak manfaat puasa untuk tubuh jika kita mau menahan lapar beberapa jam sampai waktu magrib tiba.

Tak sedikit juga yang menyerah, karena tak sanggup menahan godaan dari haus dan lapar saat puasa. Tetapi siapa sangka, Dears, bulan Ramadan mempunyai sederet manfaat ajaib bagi tubuh kita.

Kamu ingin tahu, apa saja manfaat dari menjalankan puasa? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Bagi perempuan, menurunkan berat badan sangatlah sulit. Boro-boro mikirin makanan sehat, kamu selalu tergoda makanan yang mengandung kolesterol, sehingga endapan makanan yang kamu makan tersimpan dan menjadi lemak perut. Risih ‘kan, ya? Terlihat gendut, tetapi ketika kamu berpuasa akan terjadi dampak penurunan berat badan dikarenakan usus di dalam tubuh akan bersih dari sisa-sisa endapan makanan.
Selain itu, berpuasa dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah sehingga mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Berdasarkan hasil penelitian, berpuasa dapat meningkatkan limfosit 10x lipat di dalam tubuh. Hal itu juga akan berpengaruh baik terhadap sistem imunitas tubuhmu, Dears, sehingga menghindarkan tubuhmu dari berbagai virus yang berasal dari makanan luar yang tidak baik.

Pola Pikir Jadi Lebih Tajam

Siapa sangka, keunikan manfaat berpuasa yang lainnya adalah memengaruhi pola pikir menjadi lebih tajam dan kreatif karena kamu fokus berkonsentrasi pada satu hal. Itu akan terjadi ketika kamu berpuasa, karena produksi protein (BDNF) mengalami peningkatan. BDNF atau dikenal dengan nama Brain-derived Neurotrophic Factor mampu mengaktifkan sel induk otak yang diubah menjadi neuron baru dan memicu produksi senyawa kimia lainnya yang bisa meningkatan kesehatan syaraf.

Jantung Sehat dan Pembuluh Darah Lancar

Saat kamu berpuasa, terjadi peningkatan HDL dan penuruan LDL yang dapat menyehatkan jantung dan pembuluh darahmu, Dears. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang berpuasa sebulan sekali menurunkan risiko 58% terkena penyakit jantung.

Menyehatkan Ginjal

Ginjal dapat menyaring zat apa pun yang masuk ke dalam tubuh, misalnya saat kamu makan dan minum. Namun, ketika berpuasa, ginjal menjadi sehat dan mampu berfungsi maksimal karena berkurangnya asupan cairan, sehingga meningkatkan kekuatan osmosis urin menjadi 1000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air.

Mencegah Penyakit Diabetes

Dears, dengan berpuasa, kamu juga mampu mengontrol kadar gula tinggi dalam tubuh, loh, sehingga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh terjaga dengan baik.

Mempercepat Metabolisme

Manfaat lain dari puasa adalah mempercepat metabolisme. Metabolisme dalam tubuh dapat membakar kalori secara efisien ketika kamu berpuasa, sehingga sistem pencernaan mempunyai waktu istirahat yang panjang dalam mengatur proses pencernaan.

Membersihkan Kulit dan Mencegah Jerawat

Dears, ternyata berpuasa memberi manfaat dan membantumu membersihkan kulit secara alami, dikarenakan tubuh bebas dari tugas memproses makanan di pencernaan. Selanjutnya, dengan berpuasa, mampu membantu tubuh membersihkan racun dan mengatur fungsi organ tubuh lainnya seperti ginjal, hati, dan bagian yang lainnya.

Bagaimana, Dears? Masih ingin bermalas-malasan berpuasa di bulan Ramadan? Semoga informasi di atas bisa membantu kamu melawan rasa malas, ya, mengingat manfaat puasa untuk tubuh yang begitu luar biasa. Selamat beraktivitas dan semangat berpuasa!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *