Wow, Rajin Membaca Ternyata Baik bagi Kesehatan lo, Dears! No 4 Enggak Nyangka

Sekarang banyak orang yang lebih suka menonton film atau video dibandingkan dengan membaca buku, padahal aktivitas ringan ini sangat bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa penelitian membuktikan bahwa dengan membaca dapat mengurangi stres dan memperkecil potensi timbulnya penyakit Alzheimer di kemudian hari.

Tidak hanya menambah pengetahuan, membaca ternyata memiliki manfaat lain yang tentunya akan membuat kamu menggemari aktivitas ringan ini. Lalu, apa saja manfaat yang bisa kamu dapatkan dari membaca? Yuk, simak ulasannya berikut ini, Dears!

1. Meningkatkan Konsentrasi

Pict by merdeka.com

Sebuah studi menunjukkan bahwa seseorang yang terbiasa membaca memiliki kemampuan fokus dan konsentrasi yang lebih baik dibandingkan dengan seseorang yang tidak suka membaca. Saat ini kebanyakan orang lebih sering menggunakan sebagian waktunya untuk melakukan aktivitas secara bersamaan seperti mengirim pesan singkat, menonton TV, mendengarkan musik, di mana kegiatan ini justru akan mengacaukan otak.

Sebaliknya, dengan bersantai sambil membaca buku akan membuat tubuh menjadi lebih santai, fokus dan berkonsentrasi.

2. Mendapatkan Tidur yang Lebih Baik

Pict by:  Fimela.com

Berdasarkan sebuah penelitian di Mayo Clinic, membaca sesuatu yang menyenangkan sebelum tidur dapat meningkatkan kualitas tidur. Namun hal ini hanya bisa didapat dengan membaca melalui buku, sedangkan jika membaca melalui smartphone atau laptop justru akan menurunkan kualitas tidur.

3. Menurunkan Risiko Alzheimer

Pict by: Kompas.com

Sebuah studi yang dilakukan di Rush University menunjukkan bahwa orang yang membaca secara teratur memiliki peluang lebih rendah terkena penyakit Alzheimer. Penelitian ini juga sekaligus membuktikan bahwa dengan membaca secara teratur mempunyai tingkat penurunan kognitif 32 persen lebih lambat di kemudian hari.

4. Memiliki Umur yang Lebih Panjang

Pict by: Republika.co.id

Ternyata berdasarkan penelitian yang dilakukan di Inggris, seseorang yang memiliki kebiasaan membaca diketahui memiliki umur yang lebih panjang. Hal ini mungkin disebabkan karena mereka yang gemar membaca seringkali terlibat pembicaraan mengenai buku yang mereka baca. Kemudian hal ini akan membangun sistem pendukung yang kuat.

5. Meredam Stres dan Membuat Pikiran Lebih Rileks

Pict by: Canadianinquirer.net

Membaca sesuatu yang menyenangkan dapat membantu kamu rileks serta dapat mencairkan suasana. Selain itu, membaca juga dapat membuat kita menjadi lebih tenang, damai, serta dapat menurunkan tekanan darah. Dengan membaca selama 6 menit saja setiap hari akan bermanfaat dalam menurunkan tingkat stres hingga 68 persen.

Nah, bagaimana Dears, sangat bermanfaat ya ternyata kegiatan membaca ini? Jadi tidak ada salahnya jika kamu mulai menanamkan kebiasaan baik ini. Semoga bermanfaat.

 

*Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

One thought on “Wow, Rajin Membaca Ternyata Baik bagi Kesehatan lo, Dears! No 4 Enggak Nyangka”

  1. Wah mantul, jadi membaca di tambahkan ke list daftar impian, agar semakin rajin membaca buku 😍, tangkiyu mba hastin 😘

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *