Rahasia Memotret Makanan ala Food Blogger agar Terlihat Lezat dan Menggugah Selera

Dears, di zaman milenial ini, banyak di antara kita yang gemar mengunggah foto makanan di media sosial, baik itu Instagram, Facebook, maupun Twitter. Terlebih bagi kita yang hobi memasak dan berwisata kuliner, rasanya kurang afdol ya jika kita tidak memotret dan membagikan hasil jepretan di media sosial.

Nah, untuk menghasilkan foto makanan dengan tampilan yang pas, menarik, serta menggugah selera ala food blogger, ternyata membutuhkan teknik-teknik tertentu. Tak perlu kamera canggih dan mahal, kamu bisa, lho, membuat potret makanan yang menarik hanya dengan bermodal smartphone. Buat kamu yang penasaran dan ingin mencobanya, yuk, simak penjelasan dibawah ini!

 

1. Perhatikan Komposisi

Pertama-tama kamu harus memerhatikan komposisi dari objek yang akan kamu ambil. Ini penting agar hasil jepretan enak dilihat. Untuk pemula, kamu bisa menggunakan jenis komposisi Rule of Third , yakni membagi objek foto menjadi 3 bagian yang sama besar, baik vertikal maupun horisontal. Dari pembagian itu bertemulah empat titik yang akan menjadi fokusnya, sehingga mata akan cenderung melihat ke 4 titik itu dibanding tempat lainnya.

 

2. Pilih Angle yang Tepat

Salah satu kunci penting memotret dengan smartphone adalah dengan memperhatikan angle yang akan diambil. Banyak yang berpendapat, jika akan mengambil foto menggunakan smartphone, maka angle terbaik adalah diambil dari atas atau menggunakan metode flat lay, bukan 45 derajat seperti halnya jika kita menggunakan kamera DSLR. Namun, tetap saja Dears, kamu perlu mencoba banyak angle untuk mendapatkan hasil maksimal. Tidak semua makanan bagus jika diambil menggunakan metode flat lay. Memotret burger misalnya, tentu akan tampak lebih menarik jika difoto dari eye level. Maka, teruslah mencari angle yang cocok untuk setiap jenis makanan yang berbeda.

 

3. Gunakanlah Pencahayaaan Alami

Memang terkadang kita sulit mengontrol intensitas cahaya yang masuk ke dalam ruangan tempat kita memotret makanan. Namun sebisa mungkin carilah lokasi yang dekat dengan jendela agar kita memperoleh pencahayaan alami dari sinar matahari. Cahaya matahari nantinya juga akan memberikan detail yang lebih banyak untuk ditangkap oleh lensa kamera. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan serbet putih atau tisu sebagai reflektor cahaya agar lebih terlihat cerah dan jelas.

 

4. Hindari Fitur “Flash

Hal mendasar lain yang harus diperhatikan saat melakukan smartphone photography adalah hindari menggunakan fitur “flash” atau lampu kamera. Terlebih jika digunakan untuk memotret makanan, karena fitur ini nantinya akan ‘melunturkan’ warna makanan, menghasilkan bayangan yang tidak diinginkan, serta mengacaukan colour balance.

 

5. Gunakan Latar Belakang yang Menarik

Dears, jangan lupa, perhatikan latar belakang objek yang akan digunakan sebelum kamu mengambil gambar. Sendok atau garpu kotor, tentunya akan merusak keindahan foto makanan yang menggiurkan itu. Cobalah berkreasi dengan meletakkan bahan-bahan yang berhubungan dengan makanan itu sendiri sebagai latar. Misalnya, kamu bisa menggunakan serbet, vas bunga, atau properti menarik lainnya.

 

6. Pilihlah Makanan yang Kaya Warna

Makanan yang memiliki banyak warna tentu akan lebih menarik ketimbang  makanan yang memiliki sedikit variasi warna. Karena pandangan mata manusia pasti lebih tertarik kepada sesuatu yang memiliki banyak variasi warna. Dan yang paling penting, ambil foto saat makanan masih dalam keadaan fresh, supaya hasilnya lebih menarik dan menggugah selera.

 

7. Edit Foto dengan Aplikasi

Terakhir, untuk menghasilkan tampilan foto yang lebih menarik, tentunya kamu bisa menggunakan berbagai aplikasi untuk editing foto. Editing diperlukan untuk mempertajam kontras, menguatkan warna, mengurangi efek bayangan, bahkan memberi efek buram atau blur pada latar. Banyak lho, aplikasi yang bagus untuk meng-edit hasil foto makananmu, diantaranya Lightroom, Vsco, dan Snapseed.

Nah, gimana Dears, menarik bukan? Ayo segera mencobanya, karena untuk menghasilkan sebuah foto makanan yang baik disamping membutuhkan teknik yang tepat, juga mengharuskan kita untuk berlatih terus menerus. Foto makanan yang menarik tak hanya bermanfaat untuk mempercantik galeri media sosialmu saja, Dears. Untuk kamu yang sedang menjajal bisnis kuliner, teknik food photography tentu saja diperlukan agar calon pembeli tertarik dengan produk makananmu. So, yuk mulai memotret !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *