Pujon Kidul, Desa Wisata Instagramable di Malang yang Bikin Kamu Enggak Pengen Cepat Pulang

Dears, sebagai salah satu destinasi wisata, Malang memiliki daya tarik tersendiri  bagi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Lokasinya yang  berada di dataran tinggi membuatmu bisa menghirup udara sejuk khas pegunungan, sangat cocok untuk kamu yang ingin rehat sejenak dari rutinitas padat di perkotaan. Selain itu, Malang kini terus berbenah, kian memanjakan mata para pengunjungnya dengan mengadirkan banyak spot cantik bernuansa alam. Ini yang membuat wisatawan makin betah berlama-lama di Kota Apel.

Yup, kota ini juga terkenal dengan keramahan penduduknya. Salah satunya adalah Desa Pujon Kidul di Kabupaten Malang. Disana kamu bisa menikmati pesona hamparan persawahan hijau, ditambah spot landscape pegunungan yang semakin menambah cantik area ini. Selain itu, ada juga gazebo untuk para pengunjung yang ingin beristirahat dan menikmati berbagai makanan lezat.

Nah, untuk kamu yang penasaran, yuk simak lanjutan ceritanya dibawah ini!

 

Profil Desa Wisata Pujon Kidul

Foto: Spotbaru.com

Desa Pujon Kidul adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Desa ini memiliki wilayah daratan seluas 27 km². Disana terdapat 3 dusun, yaitu Dusun Maron, Tulungrejo, dan Krajan.

Jumlah penduduk Desa Pujon Kidul sendiri sekitar ± 4.121 jiwa. Desa Pujon Kidul merupakan salah satu tujuan wisata di Kabupaten Malang, Jawa Timur yang memiliki potensi wisata yang masih alami dan cocok untuk refreshing dan wisata edukasi. Desa agrowisata yang didirikan pada tahun 2015 ini mendapat penghargaan sebagai Desa Agrowisata terbaik dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa) pada tahun 2017 lalu. Wawww, keren kan, Dears?

 

Akses Menuju Desa Wisata

Foto: Dolandolen.com
Lokasi Desa wisata Pujon Kidul terletak di Desa Pujon Kidul, Kecamatan Pujon, Malang, Jawa Timur yang berada sekitar 29 km dari pusat kota. Jarak tempuhnya sekitar 1,5 jam perjalanan. Tapi jangan khawatir, Dears, akses menuju lokasi ini cukup mudah. Di beberapa titik, mungkin nantinya kamu akan menjumpai jalanan berlubang, berbatu dan naik-turun. Meski begitu, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah selama di perjalanan, karena sepanjang jalan menuju ke sana diapit oleh hamparan pegunungan dan desa-desa , Hawanya yang sejuk juga membuat perjalananmu menuju lokasi terasa asyik dan  tidak membosankan.

Jenis Wisata dan Outbond Seru

 

Foto : explorewisata.com
Di Desa Pujon Kidul, para pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai jenis wahana wisata serta outbond, diantaranya wisata edukasi yang meliputi edukasi petik sayur, edukasi sapi perah, edukasi hasil olahan, serta edukasi biogas. Nah, untuk kamu yang ingin menikmati suasana alam sambil ber-foto ria kamu juga bisa mengunjungi spot cantik di Gunung Amping, Air Terjun Coban Rondo di lereng Gunung Kawi, serta wisata Sumber Pitu. Sedangkan untuk kamu yang ingin berwisata sambil menguji adrenalin, kamu bisa mencoba beragam jenis outbond seru, diantaranya paintball, horsing, tracking, donut boat, mountain bike, serta berbagai fun games seru.

Berbagai Fasilitas yang Bisa Kamu Nikmati Disana

Foto : photomalang.com
Untuk kamu yang betah dan ingin berlama-lama menikmati keindahan dan udara sejuk Desa Pujon Kidul, kamu bisa menggunakan fasilitas homestay dan camping ground. Desa Pujon Kidul ini menawarkan berbagai alternatif pilihan homestay, salah satunya pengunjung dapat menginap di rumah warga dengan homestay yang unik, menarik, dan khas yang berbasis kekeluargaan.
Nantinya kita juga dapat melakukan aktivitas bersama dengan pemilik rumah, seperti memasak makanan tradisional, bercocok tanam di ladang, atau juga memerah susu di peternakan. Gimana, seru kan, Dears ?.  Fasilitas homestay di Desa Wisata Pujon Kidul penuh dengan nilai-nilai tradisional yang menyediakan fasilitas unik, menarik, dan edukatif.
Nah, untuk kamu yang hanya sekadar berkunjung tanpa perlu menginap, di pinggir jalan juga terdapat rest-area, diantaranya berupa kafe sawah dan gazebo dengan nuansa tradisional yang unik, cocok untuk beristirahat sejenak sambil menikmati berbagai hidangan lezat.
Gimana Dears, kamu tertarik untuk berkunjung ke Desa Pujon Kidul ? Dengan berbagai spot cantik dan instagramable, serta ditunjang dengan berbagai fasilitas lengkap yang unik dan edukatif, tentu cocok bagi kita yang ingin refreshing sambil menikmati serunya ber-agrowisata. Jadi buat kamu yang sedang berkunjung ke Kota Malang, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke Desa Pujon ya, Dears !.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *