Pound Fit, Olahraga Unik Kekinian yang Menggunakan Sarana Stik Drum

Pound fit merupakan tren olahraga terbaru yang sedang happening, Dears. Olah raga jenis baru ini merupakan gabungan gerakan kardio, yoga, pilates, dan tari. Sebuah variasi olah raga teranyar dan berbeda dengan jenis lainnya.

Nah, daripada kamu penasaran, mending simak ulasannya, ya!

Sejarah Pound Fit

Sumber poundfit.com

 

Olah raga ini awalnya digagas oleh dua orang drummer perempuan, Kirsten Potenza dan Cristine Peerenboom, asal California pada tahun 2011. Namun, olah raga ini mulai masuk ke Indonesia sekitar tahun 2016. Sesuai dengan latar belakang kedua penciptanya, pound fit merupakan gerakan olah raga yang mengadopsi gerakan menabuh drum. Cardio jam session inspired by drumming.

Koreografi Pound Fit

Sumber netmums.com

 

Gerakan dalam olah raga ini dibagi dalam empat posisi, yaitu berdiri, semi squat, satu kaki di depan dengan lutut ditekuk, dan duduk. Yang seru, pound fit mengunakan alat serupa stik drum yaitu ribstick berwarna hijau terang. Hijau dipilih karena secara neurologis, warna ini bisa mendeteksi gerakan tubuh.

Ritme yang dihasilkan dari suara ribstick beradu dengan lantai dan musik pengiring, membuat olah raga ini menyenangkan. Hentakan dan pukulan ribstick inilah yang mampu membakar ratusan kalori. Walau terlihat sederhana, ternyata pound fit sangat efektif untuk menjaga kesehatan.

Manfaat Pound Fit

Sumber bodyfit4life.com

 

Dalam satu kali sesi latihan selama 45-60 menit, pound fit bisa membakar 500-800 kalori. Olah raga ini sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan, Dears. Pound fit termasuk olah raga full body, artinya seluruh anggota tubuh ikut bergerak.

Olah raga ini melatih otot bagian tengah tubuh kita, terutama otot perut. Jadi, bila berniat membuat perut ramping, pound fit merupakan alternatif tepat. Selain itu, pound fit juga bermanfaat melatih koordinasi, ketangkasan, dan kecepatan tubuh.

Mengikuti kelas kebugaran pound fit serasa tidak sedang berolahraga, seperti sedang bermain musik. Ini membuat kita happy dan sekaligus lebih bersemangat. Ingin mulai mengikuti olah raga ini? Tak perlu kaget bila mendapati sebagian tubuh memar sesudahnya. Saat melakukan posisi semi squat, jaga agar dada terangkat dan pundak tetap tegap. Ini bertujuan agar pound fit bisa maksimal membakar kalori.

Dears, olahraga Pound fit juga bisa dijadikan pelampiasan rasa stres, lho. Hentakkan dan pukulkan ribstick sekencang mungkin untuk melepaskan emosi, dijamin bakal sehat jasmani serta rohani. Bagaimana, kamu tertarik dengan olah raga satu ini? Segera cari infonya, lalu daftar di klub kebugaran daerahmu, ya!. Lets rockout and workout.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *