Ponsel, Benda Paling Kotor yang Wajib Dibersihkan secara Rutin

Bersamaan dengan kemunculan pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai. Secara perlahan kebiasaan untuk menjaga kebersihan mulai dilakukan setiap harinya. Mulai dari cuci tangan selepas bepergian dan menyentuh benda, hingga menggunakan masker saat keluar rumah sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Tetapi, ada satu hal yang masih luput dari perhatian orang di tengah penyebaran Covid-19 ini.

Yap! membersihkan ponsel, harus mulai dibiasakan di tengah pandemi yang belum berakhir ini. Ponsel menjadi salah satu barang yang paling sering bersentuhan dengan tangan memungkinkan menempelnya bakteri dan kuman jauh lebih besar. Bahkan dibandingkan dengan gagang pintu toilet bisa dipastikan jumlah kuman yang menempel hampir sama banyak.

Oleh karena itu, sangat penting untuk rutin membersihkan ponsel terutama smartphone di bagian layarnya serta keyboard laptop yang juga sering digunakan akibat WFH dan belajar online di rumah. Kedua perangkat ini menjadi benda yang sangat riskan menempelnya kuman karena hampir disentuh setiap harinya. Namun, saat membersihkannya tidak asal di lap menggunakan cairan pembersih seperti desinfektan Dears. Nah, sebelum membersihkan ponsel dan laptop, sebaiknya kamu baca ini dulu Dears, agar tidak salah dan merusak perangkat elektronik kamu.

1. Hindari menggunakan pembersih jendela

Image by Pinterest

Cairan pembersih jendela memang efektif untuk membersihkan noda dan debu yang menempel pada permukaan kaca atau jendela. Namun, jangan sekali-kali menggunakan cairan tersebut untuk membersihkan ponsel dan laptop, Dears. Hal itu dikarenakan cairan pembersih mengandung bahan yang rentan untuk merusak ponsel kamu loh.

2. Pembersih bisa merusak layar handphone

Image by Pinterest

Tidak semua cairan pembersih bisa digunakan untuk membersihkan ponsel dan laptop. Karena komponen pada layar smartphone yang rentan dengan cairan tertentu dapat membuat pelapis oleophobic yang berfungsi untuk menjaga kelembaban ponsel serta bebas sidik jari. So, jika salah dalam menggunakan cairan saat membersihkan ponsel, justru akan merusak komponennya Dears.

3. Gunakan air hangat dan sedikit sabun

 

Image by Pinterest

Cara paling mudah, murah dan tentunya aman untuk membersihkan ponsel adalah dengan cukup bermodalkan air hangat serta sabun. Penggunaan sabun pun tidak banyak dan bisa sabun apa saja. Yang terpenting saat membersihkannya cukup dicampurkan sedikit ke dalam air hangat dan digunakan untuk mengelap permukaan ponsel serta laptop. Pastikan menggunakan kain yang sangat lembut dan tidak berbulu agar kain tidak masuk ke dalam komponen ponsel dan laptop yang bisa memicu kerusakan.

4. Tisu basah dan cotton bud

Image by Pinterest

Jika takut saat air masuk ke dalam lubang terbuka pada ponsel atau laptop ketika menggunakan air hangat, ada alternatif lain yaitu menggunakan tisu basah. Tisu basah umumnya memiliki kandungan alkohol atau bahan lain yang berfungsi sebagai antiseptik. Oleh karena itu, cukup menggunakan tisu basah untuk membersihkannya dan dibantu dengan cotton bud untuk membersihkan bagian kecil yang sulit dijangkau dengan jari.

5. Tidak menimbun barang

Image by Pinterest

Ruangan juga berperan dalam menimbulkan kuman dan bakteri. Tak hanya berasal dari ponsel dan laptop saja, ruangan yang banyak tumpukan barang akan menambah kuman bersarang. Sehingga semua benda di ruangan tersebut juga berpotensi menjadi tempat menempelnya kuman dan bakteri. So, tak hanya tangan yang dibersihkan dengan sering mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer,  ruangan pun juga dibersihkan dan dibuat serapi mungkin serta tidak menimbun barang yang tidak dibutuhkan.

Nah itu dia Dears, yang wajib kamu perhatikan saat membersihkan ponsel dan laptop. Barang yang sering digunakan dan sering disentuh menjadi rentan untuk tempat menempelnya kuman. Belum lagi kuman yang kita bawa saat di luar rumah ketika menyentuh benda yang digunakan bersama-sama oleh banyak orang. So, tetap di rumah dan jaga kesehatan ya Dears, agar pandemi ini segera berakhir.

 

Featured image: Photo on Pexels.com
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *