Ingin Kulit Putih, Lembut, dan Berseri? Yuk, Buat Lulur Sendiri di Rumah!

Halo, Dear…

Lulur merupakan salah satu produk perawatan yang sangat efektif untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Banyak wanita menyukai produk ini karena kulit terasa halus dan bersih setelah memakainya. Sebenarnya, fakta lulur bukan sekadar mengangkat sel kulit mati dan menghaluskan kulit. Pemakaian lulur dengan teratur bisa mencerahkan, mengencangkan, dan melembapkan kulit. Bahkan untuk mencegah penuaan kulit.

Namun, kebanyakan wanita lebih memilih untuk menggunakan lulur instan yang dijual di toko-toko. Meski lebih praktis dan mudah digunakan, tetapi untuk harganya relatif mahal. Nah, jika kalian gemar menggunakan lulur dan ingin berhemat, bisa dengan membuat sendiri di rumah. Yuk, simak bahan yang bisa digunakan.

1. Kopi untuk Menunda Penuaan Kulit

Foto: www.suaramerdeka.com

Hampir semua lapisan masyarakat menyukai kopi. Kopi merupakan minuman andalan ketika menahan rasa kantuk atau sekadar menikmati pagi hari yang cerah. Selain untuk minuman kopi juga bisa dimanfaatkan sebagai lulur karena kandungan kafein dalam kopi mampu memberi efek anti penuaan kulit.

Cara membuat lulur kopi terbilang cukup mudah, campurkan seperempat gelas bubuk kopi dengan tiga sendok makan minyak zaitun. Lalu, gosokan pada tubuh dan biarkan dua sampai tiga menit dan bila hingga bersih. Lakukan dua kali dalam seminggu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Minyak Kelapa untuk Melembapkan Kulit

Foto: Lifestyle Kompas.com

Kelapa memang terkenal sebagai tanaman multifungsi karena hampir seluruh bagian pohon kelapa memiliki manfaat bagi manusia. Mulai dari batangnya, daunnya, sampai buahnya yang ternyata juga sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Cara untuk membuat lulur kelapa adalah campur setengah gelas minyak kelapa dengan seperempat gelas gula pasir. Manfaat lulur ini bisa melembapkan, melembutkan, dan membersihkan kulit serta memberi efek glowing. Agar mendapat khasiat yang maksimal, kita bisa gunakan seminggu sekali.

3. Madu untuk Mencegah Jerawat

Foto: Liputan6.com

Dear, sering mengalami jerawat di daerah punggung? Nah, kita bisa mencoba menggunakan lulur madu. Hal ini karena madu memiliki efek antibakteri dan antiinflamasi yang bisa mencegah timbulnya jerawat.

Bahan yang kita perlukan untuk membuat
lulur madu adalah ekstrak vanili, minyak esensial peppermint, dan gula. Cara membuatnya, campur dua sendok makan madu dengan setengah gelas gula merah, 3 tetes ekstrak vanili, dan minyak esensial peppermint.

4. Garam Epson untuk Mengangkat Sel Kulit Mati

Foto: Hallo sehat

Garam Epsom merupakan garam khusus yang berasal dari Kota Epsom (Inggris). Garam ini memiliki kandungan magnesium dan sulfat yang bisa mengangkat sel kulit mati. Nah, kita bisa mendapatkan manfaat garam Epsom sebagai lulur.

Caranya cukup mudah, campuran satu gelas garam dengan dua sendok makan minyak jojoba. Lalu, kita bisa menggosok-gosokan ke seluruh tubuh agar sel kulit mati terangkat. Namun, Dear, jangan terlalu keras saat menggosoknya karena akan mengakibatkan lecet, apalagi jika memiliki kulit sensitif. Hal ini karena tekstur garam yang kasar bisa melukai kulit.

5. Lemon untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Foto: The sun

Sudah bukan rahasia lagi jika lemon memiliki banyak kandungan vitamin C yang sangat dibutuhkan tubuh. Kandungan ini mampu mencerahkan, menunda penuaan kulit, menjaga kelenturan, dan menjaga keseimbangan pH kulit kita. Nah, banyak sekali, ya manfaatnya. Oleh karena itu lemon dijadikan buah yang dapat diandalkan untuk merawat kesehatan kulit.

Caranya, campurkan jus lemon dengan setengah sendok teh kunyit dan dua sendok makan gula pasir. Lalu, gosok-gosok campuran lulur ini secara merata ke seluruh tubuh. Diamkan selama 15 menit agar meresap dan bilas hingga bersih dengan air hangat.

6. Yoghurt untuk Mengembalikan Kelembapan Kulit

Foto: Makanabis.com

Terlalu sering terpapar Air Conditioning akan membuat kulit kehilangan kelembapannya. Nah, untuk mengatasinya kita bisa menggunakan lulur yoghurt. Lulur ini mampu mengembalikan kelembapan dan menyingkirkan sel kulit mati.

Caranya, campur dua sendok makan yoghurt dengan seperempat cangkir minyak zaitun dan empat sendok makan madu. Aduk hingga merata, lalu gosok campuran bahan tersebut ke seluruh tubuh dan biarkan selama 10-15 menit. Lalu, lihat hasilnya, kulit akan terlihat bersih berseri. Dear, lulur yogurt ini sangat bagus, apalagi jika dipakai setiap hari karena dapat mengatasi masalah kulit bersisik.

7. Mangga untuk Meremajakan Kulit

Foto: suara.com

Buah mangga termasuk buah favorit bagi kebanyakan orang karena sangat menyegarkan, entah yang masak atau yang mentah. Apalagi dikonsumsi saat cuaca panas. Ternyata, buah mangga tidak hanya bisa menyegarkan mulut, tetapi juga mampu menyegarkan kulit jika digunakan sebagai lulur. Hal ini karena buah mangga mengandung banyak sekali vitamin yang mampu meremajakan kulit, di antaranya vitamin A, vitamin C, dan vitamin E.

Cara membuat lulur mangga ini terbilang cukup mudah, hancurkan daging buah mangga, campuran dengan seperempat gelas gula pasir dan setengah gelas minyak kelapa. Gosok ke seluruh tubuh lalu, bilas dengan air. Untuk hasil maksimal kita bisa menggunakannya satu minggu dua kali.

Nah, Dear, inilah beberapa bahan yang bisa digunakan sebagai lulur. Jadi tidak usah pusing lagi karena semua bahan bisa dibilang sangat mudah ditemukan. Mulai sekarang yuk, coba buat lulur sendiri di rumah.

 

*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *