Pertolongan Pertama Saat Terkena Minyak Panas

Terkena minyak panas tentunya sering dialami oleh ibu yang sedang memasak, di mana terkena minyak ini memang sangat sakit dan butuh waktu lama untuk menyembuhkan luka. Biasanya kebanyakan dari Anda pastinya telah menyiapkan obat luka bakar kena minyak panas di rumah, namun Anda perlu tahu cara yang benar merawat luka tersebut.

Bersihkan Luka Bakar

Foto: Pexels.com

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika terkena minyak panas adalah jangan panik, tetaplah tenang dan bersihkan luka menggunakan air bersih. Walaupun akan terasa perih, namun tahanlah supaya luka tidak terkena kotoran, hal ini bertujuan agar luka yang diderita nantinya tidak mengalami bengkak atau terjadi infeksi.

Jangan sekali-kali menggunakan bahan seperti sabun, garam, atau pasta gigi untuk menutupi luka bakar. Hal ini dapat berakibat fatal terhadap bertambah parahnya luka tersebut, karena bahan tersebut mengandung bahan kimia yang bisa berbahaya bila terkena luka.

Oleskan Obat Luka

Foto: Pexels.com

Kemudian setelah luka bersih, oleskan obat luka bakar yang bisa dijumpai di apotek terdekat, jangan menggunakan bahan-bahan dapur yang dipercaya dapat menyembuhkan luka. Hal ini dikarenakan belum ada uji klinis yang menyatakan bahwa bahan dapur dapat menyembuhkan luka bakar.

Bila tidak menemukan obat luka bakar di daerah Anda, maka Anda bisa menggunakan obat tradisional yang telah teruji ampuh mengatasi luka. Salah satunya adalah gel tanaman lidah buaya, caranya pun cukup mudah yaitu potong daun lidah buaya, bersihkan menggunakan air bersih, dan pisahkan kulit dengan gel, terakhir oleskan gel secara merata pada luka bakar yang Anda alami.

Minum Obat Secara Teratur

Foto: Pexels.com

Selain menangani luka dari luar, Anda juga perlu menanganinya dari dalam, minum obat anti radang dan anti nyeri adalah pilihan yang tepat. Jangan lupa juga mengoleskan obat luka  sembari minum obat secara berkala. Hal ini akan membuat luka cepat sembuh dalam hitungan hari saja.

Untuk lebih jelas mengenai info kesehatan, Anda bisa memeriksakan ke dokter terdekat. Hal ini selain bisa membuat luka lebih cepat sembuh, juga berguna untuk menghindari yang namanya infeksi luka bakar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *