Persiapan Anak Masuk Sekolah, Orang Tua Wajib Tahu 5 Tips Ini agar Tak Ada Drama

Liburan hampir usai. Itu artinya, waktunya untuk anak-anak kembali ke sekolah. Bagi yang sudah bersekolah, mungkin sudah tidak perlu banyak hal khusus dilakukan saat masuk sekolah di hari pertama. Namun bagi anak yang baru masuk, ke sekolah untuk pertama kalinya mungkin akan menuntut perlakuan khusus. Orang tua harus tahu persiapan anak masuk sekolah untuk pertama kalinya agar tidak ada ‘drama’.

Sebagai seorang anak yang sudah waktunya mengenal lingkungan luar setelah keluarga, sangat mungkin mengalami perasaan beragam. Karena sebagai anak yang belum terlalu pandai mengungkapkan perasaan, yang mungkin terjadi adalah kerewelan dan jenis masalah lainnya yang bisa jadi merepotkan. Maka dari itu, hari pertama masuk sekolah harus dipersiapkan jauh-jauh hari dengan 5 tips berikut ini.

Jelaskan tentang Aktivitas Barunya

Foto: Pexels

Orang tua harusnya mengerti saat anak sudah waktunya untuk bersekolah. Saat tersebut bisa dikenali dari usianya, juga dari perubahan perilakunya. Misalnya saja, mulai tertarik dengan dunia tulis menulis, atau mulai muncul keinginan seperti anak lain yang bersekolah. Maka saat itu tiba, orang tua harus mulai menjelaskan tentang aktivitas baru si anak yang nanti dijalaninya.

Menjelaskan tentang aktivitas bersekolah ini bisa dimulai jauh-jauh hari sebelum anak benar-benar masuk ke sekolah. Orang tua bisa memulai dengan menjelaskan apa yang menjadi kewajibannya nanti jika sudah berstatus sebagai anak sekolah. Persiapan anak masuk sekolah ini jika dilakukan perlahan akan membantu mental anak untuk bersiap.

Mulai Biasakan Tidur Lebih Awal

Foto: Pexels

Anak-anak saat belum bersekolah mungkin terbiasa dengan bangun siang. Ketika sudah menjelang masuk sekolah, orang tua harus membiasakan anak untuk tidur lebih awal di malam hari. Tujuannya adalah tentu saja agar anak bisa bangun lebih awal di pagi hari. Bangun lebih pagi akan menghindarkan dari berbagai ‘drama’, seperti tergesa-gesa saat bersiap diri, hingga kemungkinan terlambat datang ke sekolah.

Belanja Kebutuhan Sekolah Bersama

Foto: Pexels

Persiapan anak masuk sekolah yang satu ini pasti menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan. Anak-anak pasti akan sangat senang melakukannya. Karena efek menyenangkan ini, aktivitas belanja kebutuhan sekolah bersama bisa menjadi cara untuk mempersiapkan mental anak agar tidak ada ketegangan saat menjelang masuk sekolah.

Sambil berbelanja kebutuhan sekolah, orang tua bisa menceritakan hal-hal menyenangkan apa yang akan anak temui di sekolah nantinya. Orang tua juga bisa meminta pendapat anak dalam hal memilih kebutuhan sekolah mereka. Dengan catatan, orang tua harus tegas dalam mengambil kebijakan saat berbelanja agar tidak ada barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan ikut dibeli.

Bawakan Bekal yang Menarik

Foto: Pexels

Selain berbelanja kebutuhan sekolah, membawa bekal juga menjadi satu hal yang menyenangkan bagi anak saat masuk sekolah. Asal orang tua bisa menyediakan bekal dengan tampilan menarik, persiapan anak masuk sekolah pun akan berjalan lancar. Tidak hanya sekadar menarik, bekal anak juga harus memenuhi kriteria lengkap dan sehat. Beritahu juga pada anak bahwa ia harus bisa mandiri saat memakan bekalnya dan ingatkan untuk menghabiskna bekal yang dibawanya.

Antarkan hingga Pintu Sekolah

Foto: Pexels

Sebagai bentuk persiapan anak masuk sekolah yang terakhir adalah dengan mengantarnya hingga di pintu sekolah. Bahkan jika mungkin, kedua orang tua ikut mengantar agar menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Anak akan lebih berani dan yakin karena melihat dukungan kedua orang tuanya secara penuh.

Itulah 5 tips penting dalam persiapan anak masuk sekolah. Beberapa persiapan bisa dilakukan jauh-jauh hari untuk membentuk kesiapan pada mental anak. Persiapan yang lain juga harus tetap dilakukan hingga hari pertama anak masuk sekolah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *