Pernah Menjadi Juara Dunia, Begini Kehidupan 3 Atlet Senior Indonesia

Tahun ini menjadi tahun emas bagi atlet-atlet Asia, khususnya Indonesia. Beberapa bulan lalu Indonesia sempat menjadi tuan rumah untuk event olahraga bergengsi, yaitu Asian Games 2018.  Tidak hanya meriah, event ini juga sangat berkesan, terutama bagi para atlet. Banyak wajah baru bermunculan. Atlet dengan usia belia mengisi pertandingan di berbagai cabang olahraga. Mereka tentu telah melewati berbagai latihan yang cukup untuk bisa menjadi juara.

Jika melihat euforia kesuksesan para atlet dalam meraih emas, perunggu dan berbagai penghargaan lainnya, tentu kita akan teringat kembali pada masa-masa kejayaan atlet-atlet terdahulu.

Dears, 3 atlet berikut pernah berjaya dan mengharumkan nama Indonesia, lho. Yuk, simak bagaimana kehidupan mereka saat ini.

1. Chris John

Foto: Makassaro.merdeka.com

Namanya beberapa kali mendunia. Tidak hanya sekali, bahkan berkali-kali keluar sebagai juara dunia. Pemilik nama lengkap Yohannes Christian John ini lahir di Banjarnegara, 14 September 1979. Berbagai kejuaraan pernah dimenangkan olehnya. Ia adalah pemecah rekor juara dunia pertama kelas bulu yang berasal dari Indonesia. Selama menekuni dunia tinju, Ia memiliki catatan prestasi yang luar biasa. Chris Jhon tercatat 48 kali menang dan 1 kali kalah dalam bertanding. Menang oleh KO sebanyak 22 kali dan imbang sebanyak 3 kali. Ini sangat luar biasa.

Meskipun menggeluti olahraga tinju, siapa sangka, ternyata Chris John juga merupakan atlet wushu peraih medali emas pada Asian Games tahun 1997. Meski saat ini hampir tidak pernah melihatnya bertanding, namun Ia masih kerap turut andil di balik ring tinju untuk menyemangati para generasi muda. Berbagai pengalamannya turut dibagikan dalam seminar-seminar. Ia juga pernah menjadi bintang iklan minuman berenergi dan turut mengampanyekan HIV/AIDS. Salut, ya, Dears!

2. Yayuk Basuki

Foto: merdeka.com

Pemilik nama lengkap Sri Rahayu Basuki ini merupakan atlet tenis. Namanya juga tidak kalah terkenal. Nyaris semua generasi saat ini mengenalnya sebagai atlet tenis yang hebat.

Kepiawaiannya dalam menekuni profesi sebagai atlet tenis membuatnya makin melejit dengan beberapa penghargaan. Pada tahun 1986, Yayuk meraih emas pada pertandingan ganda putri di Seoul, Korea Selatan. Pada tahun 1990 di China, ia meraih emas lagi pada pertandingan ganda campuran. Masih di tahun dan negara yang sama, ia kembali meraih emas pada pertandingan ganda putri. Yayuk Basuki sempat bertanding di Hiroshima pada tahun 1994 pada pertandingan tunggal putri dan meraih perunggu. Ia pun pernah tercatat meraih emas pada tahun 1998 dalam pertandingan tunggal putri di Bangkok.

Prestasi di atas adalah prestasi luar biasa yang diberikan Yayuk Basuki selama menjadi atlet Indonesia. Saat ini, Ia tergabung dalam sebuah partai sebagai politikus. Meski demikian, ia tetap mengamati dan turut andil di balik lapangan untuk memajukan dan memberi dukungan penuh bagi atlet-atlet muda Indonesia.

3. Ade Rai

Foto: Seleb.tempo.co

Pria berdarah Bali, I Gusti Agung Kusuma Yudha Rai ini merupakan atlet binaragawan. Terlihat dari tubuhnya yang kekar dan penuh otot. Untuk bisa menjadi binaragawan, menurut Ade, membutuhkan konsistensi dalam berolahraga dan mengatur pola makan.

Ade Rai, begitu ia kerap disapa, ternyata sempat menggeluti cabang olahraga bulutangkis, lho, Dears. Namun, Ia lebih memilih menjadi binaragawan. Tahun 1994 adalah tahun di mana Ade Rai menyabet gelar Juara Nasional. Ia pun berhasil mempertahankan prestasinya hingga tahun 2007.

Beberapa kejuaraan dunia binaraga yang spektakuler pernah diikutinya. Salah satu prestasi terbesarnya, pernah menyabet Juara Pertama dan membawa pulang emas saat mengikuti Sea Games pada tahun 1997.

Saat ini Ade Rai memilih pensiun. Ia konsen terhadap beberapa usahanya yang berkaitan dengan kebugaran. Membuka bisnis waralaba gym, menjual suplemen dan membuka institusi program pelatihan sertifikasi untuk para profesional fitness adalah aktivitasnya saat ini. Sama halnya dengan Chris John, ia pun sempat menjadi bintang iklan minuman berenergi.

Dears, mereka adalah orang-orang hebat yang pernah mengharumkan nama Indonesia. Bahkan saat ini sosoknya masih kerap dijadikan contoh bagi para atlet muda. Tidak jarang, mereka diundang dalam beberapa forum untuk memberikan motivasi kepada pemuda kita tentang perjuangan dan meraih impian. Luar biasa, ya, Dears! Ayo kita contoh semangat mereka mempersembahkan yang terbaik untuk negeri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *