Permainan Edukatif Tak Harus Mahal, Dears, Gunakan Barang Bekas Ini, yuk!

Permainan edukatif adalah semua bentuk permainan yang dirancang untuk memberikan pengalaman pendidikan atau pengalaman belajar kepada para pemainnya, termasuk permainan tradisional dan “modern” yang diberi muatan pendidikan dan pengajaran (Adams dalam wordpress.com).

Banyak permainan edukatif yang bisa dilakukan bersama si kecil di rumah lho, Dears. Tak perlu mainan yang mahal-mahal, benda-benda di sekitarnya, bahkan barang bekas pun bisa menarik bagi si kecil jika kita pandai mengajaknya bermain dan berimajinasi.

Apa saja permainan edukatif yang memanfaatkan barang bekas? Berikut 5 permainannya.

1. Bowling

     Ambil beberapa botol plastik bekas, ajak ia menyusunnya dengan rapi. Lalu, ambillah sebuah bola dan ajari ia menggelindingkannya tepat ke arah botol. Dengan permainan bowling sederhana ini, koordinasi tangan dan matanya akan terlatih dengan baik.

2. Playdough

Siapkan tepung, air, dan pewarna makanan sisa membuat kue. Ajak ia membuat adonan beraneka warna (playdough), yang nantinya bisa dijadikan berbagai bentuk. Kamu akan takjub dengan imajinasinya.

3. Menggunting dan Menempel

Manfaatkan kertas, dan koran bekas untuk mengajarinya membuat aneka bentuk origami dengan cara menggunting kertas atau kertas koran seukuran kertas origami. Di samping lebih hemat, kertas koranmu juga kian cantik. Selain itu, motorik halus tangan si kecil dapat dilatih  dengan memberikan gunting dan lem, lalu biarkan si kecil bereksplorasi dengan menggunting dan menempel.

4. Sepatu Raksasa

Ambil dua kotak sepatu, dan gunakan sebagai “sepatu raksasa” untuk lomba berjalan! Kamu memang perlu lebih hati-hati kalau ia terjatuh, tetapi permainan sederhana ini dapat melatih keseimbangan dan koordinasi kakinya.

5. Puzzle

Dears, kotak bekas mainan susu  dapat  dikreasikan untuk membuat banyak hal, salah satunya adalah untuk membuat puzzle. Selain itu, bisa dibuat mobil atau kereta, robot-robotan, bahkan akuarium kertas.  Dengan melibatkannya membuat mainan dari kotak susu ini, kamu bisa melatih motorik halus sekaligus mengasah kemampuan kognitif dan imajinasinya.

Itulah 5 permainan edukatif yang tak harus mahal ya, Dears, karena semua terbuat dari barang bekas. Yuk, segera tengok isi gudang! Siapa tahu banyak barang bekas yang dapat dimanfaatkan untuk membuat permainan edukatif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *