yogurt

Perlukah Mengonsumsi Minuman Yogurt Secara Rutin?

Dears, apa kamu termasuk penyuka yogurt? Yap! olahan pangan dari susu segar yang difermentasikan dan sekarang keberadaannya sudah tak asing lagi di kalangan masyarakat.

Yogurt sendiri berasal dari susu segar yang difermentasikan yang dibantu dengan bakteri sehingga menghasilkan yogurt dengan rasa asam dan aroma yang khas. Selain itu bakteri ini juga mengandung banyak manfaat bagi orang yang mengonsumsinya. Banyak manfaat yang diperoleh dari mengonsumsi yogurt, di antaranya seperti penjelasan berikut. Akan tetapi ada dampak negatifnya atau tidak sih Dears, jika mengonsumsi yogurt itu sendiri?

1. Bakteri Baik yang Terkandung dalam Yogurt

Bakteri yang digunakan dalam fermentasi susu segar mengandung banyak manfaat. Di antaranya yaitu terdapat bakteri Streptococcus thermophillus, Lactobacillus bulgaricus dan Lactobacillus acidophilus. Manfaat dari bakteri tersebut dapat menurunkan asam lambung, menghambat pertumbuhan bakteri jahat di saluran cerna serta menjaga kesehatan usus. Dilihat dari banyaknya manfaat bakateri yang terdapat dalam olahan yogurt, disarankan untuk mengonsumsinya agar kesehatan pencernaan tetap terjaga.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Yogurt tak hanya dijadikan sebagai minuman dengan sensasi asam yang menyegarkan, tetapi juga memberikan manfaat untuk menurunkan tekanan darah. Kandungan probiotik yang tinggi dipercaya mampu menurunkan kadar sodium yang tinggi di dalam tubuh. Sehingga untuk penderita hipertensi tidak perlu khawatir jika ingin mengonsumsi yogurt, justru sangat disarankan dengan batas konsumsi yang wajar.

3. Menjaga Sistem Pencernaan

Nah adanya bakteri baik yang membantu dalam proses fermentasi yogurt tersebut, juga membantu menjaga sistem pencernaan. Pasalnya bakteri baik yang terkandung di dalam yogurt mampu melindungi usus dari bakteri penyebab infeksi usus dan penyebab sakit perut lainnya. Serta dengan mengonsumsi yogurt menjadikan ekskresi lancar dan tidak sembelit karena makanan mudah dimetabolisme di dalam tubuh.

4. Kesehatan Tulang Tetap Terjaga

Selain kandungan protein dan probiotik yang tinggi, yogurt juga mengandung kombinasi kalsium dan vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Sehingga baik untuk dikonsumsi di semua kalangan usia.

Melihat banyaknya manfaat dari yogurt, sudah tak diragukan lagi jika ingin mengonsumsinya. Akan tetapi masih dalam batas wajar jika mengonsumsinya. Pasalnya menurut sejarahnya, yogurt pertama kali berupa makanan dengan rasa asam yang khas akibat dari proses fermentasi dari laktosa yang terdapat di dalam susu segar menjadi asam laktat dengan bantuan bakteri. Sehingga mengalami penurunan pH yang menjadikan rasanya asam. Oleh karenya, untuk menarik minat pembeli terutama para orang tua agar tidak khawatir dengan rasa asam dari yogurt jika dikonsumsi anaknya, dilakukanlah modifikasi dengan memberikan tambahan pemanis di dalamnya.

Namun, asupan gula yang berlebih di dalam yogurt tanpa disadari mengakibatkan efek samping bagi pengonsumsinya. Seperti obesitas dan diabetes menjadi permasalahan utama yang timbul akibat keseringan dalam mengonsumsi yogurt, terutama bagi anak-anak. Akan tetapi tidak perlu risau Dears, selama masih dalam batas wajar dan tidak berlebih tidak akan menimbulkan efek samping yang berarti.

So, dalam hal apapun terutama mengonsumsi makanan sebaiknya dalam batas yang wajar agar tidak menimbulkan dampak yang tidak diharapkan bagi tubuh.

 

*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *