Ternyata Ini Perbedaan antara Kurban dan Akikah yang Harus Kamu Pahami

Dears, sebentar lagi kita akan memasuki bulan Zulhijah, yaitu bulan dilaksanakannya ibadah kurban bagi yang mampu. Penyembelihan hewan pun ada beragam, tidak hanya ibadah kurban, tetapi tergantung dari niat dan hajat masing-masing orang.

Di antara hajat yang dianjurkan untuk menyembelih hewan selain kurban adalah akikah. Tentu semua sudah mengerti apa itu akikah, yaitu penyembelihan hewan kambing sebagai pernyataan rasa syukur atas kelahiran buah hati. Bahasan kali ini lebih fokus kepada penjelasan dan pelaksanaan keduanya yang masih ambigu jika dilakukan dalam satu waktu.

Waktu Pelaksanaan

Kita ketahui jika kurban hanya dilaksanakan pada tanggal 10 hingga 13 di bulan Zulhijah. Jika lebih dari itu dianggap sedekah seperti biasa. Sedangkan akikah biasanya peringatan hari ke-7, 14 atau 21 bagi bayi yang baru lahir sebagai wujud terima kasih kepada Tuhan yang memberi kehidupan dan keselamatan kepada si bayi.

Akan tetapi, jika sudah mencapai usia balig belum diakikah dan orang tuanya sudah meninggal, maka kewajiban akikah tersebut tetap dilaksanakan dan ditanggung oleh dirinya sendiri. Begitu ajaran dan tradisi yang tetap dilestarikan, karena terdapat keyakinan di suatu daerah, jika akikah adalah perantara datangnya kebaikan disebabkan rasa syukur telah diberi kehidupan di dunia ini.

Hewan yang Digunakan

Seperti yang kita ketahui, hewan kurban tidak terbatas dengan kambing saja, tapi bisa menggunakan kerbau, sapi, domba bahkan unta. Tetapi berbeda halnya pada akikah yang diwajibkan menggunakan kambing sebagai hewan yang disembelih. 2 ekor kambing untuk laki-laki dan 1 ekor kambing untuk perempuan.

Pembagian Daging Hasil Sembelihan

Ada perbedaan pembagian daging hasil sembelihan dari keduanya. Untuk daging kurban berwujud mentah, tanpa diolah, tanpa tambahan apa pun. Sedangkan untuk daging dari hajat akikah harus dimasak terlebih dahulu dan diberikan tidak hanya daging saja, tetapi ada pelengkapnya, seperti nasi dan lauk pendampingnya.

Bagaimana Jika Keduanya Dilaksanakan dalam Waktu Bersamaan?

Terkadang ada yang mencampuradukkan suatu perintah karena dirasa hampir sama dengan perintah yang lain, seperti halnya antara ibadah kurban dan akikah yang sama-sama menyembelih hewan. Mengenai hal itu, terdapat dua pendapat yang membahas jika keduanya dilaksanakan dalam satu waktu. Pendapat pertama memperbolehkan jika satu sembelihan hewan tersebut digunakan untuk dua hajat yang berbeda, yaitu kurban dan akikah.

Namun pendapat kedua menegaskan, tidak diperbolehkan jika keduanya dilaksanakan dalam satu waktu, dengan alasan dilihat dari perbedaan yang menonjol dari keduanya, seperti pemaparan sebelumnya. Ada yang berpendapat untuk mendahulukan kurban dan ada yang melaksanakan akikah terlebih dahulu.

Tetapi jika ditilik dari sudut pandang sunahnya, meski keduanya tergolong sunnah muakkad, lebih baik melaksanakan akikah terlebih dahulu. Ini dikarenakan adanya pendapat, jika ibadah kurban bisa dilaksanakan apabila sudah melakukan akikah terhadap dirinya terlebih dahulu. Sedangkan ibadah kurbannya bisa dilaksanakan tahun depan jika ada rezeki lebih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *