Penyakit Akibat Gaya Hidup Mengancammu, Dears! Perhatikan 4 Tips Ini

Belakangan ini banyak sekali muncul berbagai penyakit yang dialami oleh keluarga atau tetangga kita. Namun seringnya, penyakit itu bukanlah suatu penyakit yang mudah menular melalui kontak fisik atau udara seperti penyakit yang sering terjadi 20 tahun yang lalu, melainkan penyakit tidak menular yang terjadi akibat gaya hidup kita yang kurang sehat.

Lihat saja di sekelilingmu, umumnya penyakit yang diderita tidak jauh-jauh dari diabetes mellitus atau orang penyebutnya dengan penyakit gula, asam urat, nyeri sendi, hipertensi, hiperkolesterol, hingga penyakit jantung. Penyakit tersebut belakangan jumlah penderitanya semakin banyak dan rumah sakit pun umumnya penuh dengan pasien yang memiliki riwayat penyakit tersebut.

Parahnya lagi, berbagai penyakit tadi dapat terjadi pada usia muda tanpa harus menunggu usia lanjut untuk mengalaminya. Pada umumnya, jumlah penderitanya berusia lanjut karena selain fungsi organ yang telah menurun juga pengaruh gaya hidup yang semakin memburuk.

Data dari Departemen Kesehatan menunjukkan, jika penyakit hipertensi menempati urutan pertama yang sering terjadi di masyarakat. Data tersebut juga terdapat kecocokan dengan yang terjadi disekeliling kita, bahkan usia muda pun ada yang memiliki tekanan darah tinggi atau penyakit hipertensi ini. Tentu saja, semua penyakit pasti ada obatnya. Kalau pun memang belum ada obatnya, setidaknya kita bisa mencegahnya agar tidak sampai terjadi pada keluarga atau diri kita sendiri.

Tips berikut dapat kamu coba, Dears, untuk meminimalisir terserang penyakit tersebut.

1. Perhatikan Faktor Risiko dan Keturunan

Faktor risiko berperan penting dalam pengendalian suatu penyakit. Dengan mengetahui faktor risikonya, maka kita bisa lebih berhati-hati agar tidak mengalaminya. Faktor keturunan berperan penting dalam kasus penyakit tidak menular ini. Untuk itu akan lebih baik jika dapat mendeteksinya mulai sekarang dan mencegahnya agar tidak semakin parah.

2. Jauhi Asap Rokok

Asap rokok menjadi penyumbang 4 penyakit besar yang sering terjadi di masyarakat, yaitu penyakit jantung, diabetes mellitus, pernapasan akut, dan kanker. Maka, sebaiknya menjauh dan hindari asap rokok daripada menyesalinya ketika sudah mengalami salah satu dari penyakit tersebut.

3. Makanan Sehat dengan Membatasi Gula dan Garam

Gula dan garam tidak bisa dipisahkan dalam makanan apa pun, tetapi perlu diingat, jika kelebihan dalam mengonsumsinya juga berdampak buruk bagi kesehatan. Jika kelebihan gula menyebabkan diabetes mellitus, maka kelebihan garam juga dapat mengakibatkan hipertensi. Konsumsilah dalam batas normal dan selalu cek kadar gula serta tekanan darah jika sudah memiliki riwayat kedua penyakit tersebut.

4. Hindari Stres

Stres berat juga dapat memicu meningkatnya berbagai masalah kesehatanmu, Dears. Sakit lambung, hipo/hiperglikemia, hingga penyakit jantung dapat terjadi ketika kamu menghadapi masalah tanpa bercerita kepada siapapun sampai membuatmu stres. So, mulai sekarang, jangan ragu untuk bercerita kepada orang yang dapat dipercaya ketika ada masalah, ya. Jangan sampai membuatmu stres hingga mengalami penyakit tanpa kamu duga.

Dears, belakangan ini, penyakit tidak menular menjadi penyakit dengan jumlah penderita terbanyak, baik di wilayah kota ataupun pedesaan. Maka sebelum penyakit tersebut menyerang, alangkah baiknya jika kita lebih aware dan mencegahnya dengan gaya hidup sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *