Pentingnya Saudara dalam Perkembangan Anak Sejak Dini

Dears, menjadi orang tua merupakan keinginan hampir semua orang karena bisa mewariskan sifat dan hal-hal menarik lainnya kepada generasi kita berikutnya. Apalagi jika menjadi mamah muda atau mahmud bagi si kecil anak pertama, pastinya banyak hal yang bisa dijadikan pengalaman untuk seterusnya.

Orang tua terutama ibu, memiliki peran yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan seorang anak. Oleh karenanya, dalam mendidik juga harus tepat agar tidak memberikan impact yang buruk bagi si kecil. Selain ibu, anggota keluarga yang lain juga menjadi lingkungan pertama bagi perkembangan anak, sehingga semua sifat dari keluarga berpengaruh besar dalam perkembangan anak.

Saudara memiliki peranan yang penting juga lho, Dears, pada tumbuh kembang anak. Karena interaksi paling banyak selain dilakukan oleh orang tua juga dilakukan oleh saudaranya. Lalu, bagaimana jika baru memiliki anak pertama? Tentunya belum memiliki saudara bukan? Saudara yang dimaksud bisa sepupu atau keponakan yang dekat dengan si kecil, asalkan bisa menjadi teman sehari-hari dalam perkembangan anak yang juga didampingi oleh orang tua.

Nah, sebenarnya apa saja sih manfaat pentingnya saudara bagi perkembangan si kecil? Simak ulasannya berikut, Dears!

Melatih Anak untuk Banyak Berinteraksi

Hampir semua anak kecil dalam masa pertumbuhan selalu aktif bergerak dan mencoba banyak hal. Untuk membantu perkembangan yang optimal, peran saudara dibutuhkan agar meningkatkan interaksi anak pada orang lain selain orang tuanya. Tujuannya untuk melatih anak cepat mengenal orang baru yang ada di sekitarnya.

Pentingnya Berbagi Sejak Kecil

Sifat-sifat dasar yang dimiliki anak adalah copy paste dari keluarga, seperti halnya sifat pelit atau tidak mau berbagi, kerap kali pemicunya dari ajaran dalam keluarga. Memiliki anak dengan sifat pelit akan menyulitkan anak ketika sudah masanya bersosialisasi dengan banyak orang. Oleh karenanya, peran saudara sangat penting untuk mengajari si kecil arti berbagi pada orang lain.

Menanamkan Sifat Menghargai

Seperti sifat pelit yang harus dihindari sejak kecil, maka kebalikannya, yaitu sikap saling menghargai dan menghormati justru harus diterapkan sejak kecil. Peran orang tua serta saudara bagi si kecil akan membantu untuk bersikap menghargai orang lain dan tidak egois serta cuek dengan kondisi di sekitar.

Nah, itulah sebagian kecil manfaat dari peran saudara pada tumbuh kembang anak. Pastinya tujuan dari melibatkan saudara ini hanya untuk mempermudah dalam bersosialisasi ke depannya. Harapannya, anak tidak menjadi orang yang cuek dan egois yang dampaknya hanya akan menyulitkan si anak ketika kelak berada di lingkungan yang lebih kompleks.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *