bayi

Penting Diketahui! Etika saat Mengunjungi New Born Baby!

Dears, mengunjungi new born baby tidak bisa sembarangan, ada etikanya, lo. Walau momen kelahiran bayi adalah sebuah peristiwa yang membahagiakan. Tetap saja ada aturan-aturan dalam menjenguk sang bayi dan ibunya.

Setelah melewati masa persalinan yang berat dan menguras energi, ibu membutuhkan waktu untuk beristirahat dan memulihkan diri. Sedangkan si bayi, dalam masa penyesuaian dengan lingkungan barunya. Itulah mengapa, baik Ibu maupun bayi belum stabil secara fisik dan psikisnya.

Jangan sampai niat ikut berempati, malah membuat ibu dan bayi terganggu. Ibu tidak bisa istirahat dan si bayi malah rewel. Untuk menghindarinya, berikut beberapa hal yang wajib diperhatikan saat menjenguk bayi yang baru lahir.

Kabari dan Tentukan Waktu yang Tepat

Komunikasikan dulu niat untuk mengunjungi sebelum datang. Jangan terburu-buru menjenguk karena siapa tahu, ibu dan bayi butuh waktu untuk istirahat. Pilih waktu yang tepat untuk berkunjung. Hindari berkunjung terlalu malam atau di waktu tidur. Batasi waktu berkunjung maksimal 1 jam saja.

Tidak Sembarangan Menyentuh Bayi

Pics by curhatbidan.com

Selain butuh waktu penyesuaian dengan lingkungan baru, bayi yang baru lahir masih rentan terpapar kotoran, kuman, bakteri, virus, dan penyakit. Bila ingin menyentuh, menggendong, atau mencium sebaiknya izin sang ibu, ya, Dears. Kalau sudah dibolehkan jangan lupa untuk mencuci dan membersihkan tangan dulu. Perhatikan pula apakah pakaianmu berbau asap rokok atau tidak.

Hindari Baby Shaming

pics by erabaru.net

Kondisi fisik tiap bayi pasti berbeda. Hindari memberikan komentar buruk tentang fisik bayi walau kamu masih kerabat dekat. Hal ini bisa melukai perasaan ibu yang memang masih labil secara emosional. Jangan sampai momen indah berubah menyakitkan hati.

Tahan Diri Berkomentar

Untuk menghormati keluarga si bayi, tahan diri dalam berkomentar, ya, Dears. Terutama komentar tidak penting dan negatif. Bila memang ditanya, jawablah dengan bahasa dan diksi yang baik. Sebisa mungkin, berikan semangat dan komentar yang perlu saja.

Tunda bila Sakit

Pict by. ibupedia.com

Sistem imunitas bayi yang baru lahir belum sempurna. Mereka juga belum tervaksin dengan baik. Bayi sangat mudah tertular penyakit walau yang paling sepele sekalipun. Tunda waktu berkunjung bila sedang menderita influenza, batuk, sakit tenggorakan, atau penyakit menular lainnya.

Bawa Buah Tangan

Ini tidak wajib ya, Dears. Tapi sebaiknya selain membawa bingkisan untuk bayi, bawakan juga makanan atau kesukaan sang ibu. Hal ini bisa menjadi mood booster bagi sang ibu. Saat mood ibu baik, kondisinya bisa cepat pulih dan memengaruhi produksi ASI. Setidaknya buatlah sang ibu bahagia agar memberi pengaruh positif untuk buah hatinya.

Etika mengunjungi bayi wajib diperhatikan, Dears. Tidak hanya demi kebaikan sang bayi, tapi juga demi kesehatan fisik dan psikis ibunya. Lingkungan yang memberikan support terbaik bisa mengurangi resiko baby blues maupun sindrom pasca melahirkan lainnya. Sudah sepantasnya momen bahagia menebarkan aura positif untuk semua.

 

*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *