donat tanpa ulen

Pengen Donat Tapi Nggak Mau Repot? Yuk Bikin Donat Tanpa Ulen. Dijamin Gampang dan Empuk!

Membuat donat memang bukan hal mudah, ya, Dears. Kebanyakan dari kita malas membuat donat karena proses mengulen yang cukup melelahkan. Belum lagi bagi pemula, membuat donat lebih sering gagal sehingga malas mencobanya lagi.

Sebelum mencoba sebuah resep, ada baiknya kamu memerhatikan dulu apakah resep itu telah dicoba banyak orang atau tidak. Karena tidak semua resep yang kamu temukan di internet bisa kamu praktikkan dengan mudah. Ada beberapa jenis resep ‘antigagal’ yang cocok bagi pemula. Dan resep itu kali ini sedang kamu baca.

Yap! Donat tanpa ulen ini merupakan salah satu resep yang telah dicoba oleh banyak orang, lho. Kamu pun bisa mencobanya karena prosesnya yang jauh lebih mudah terutama buat kamu yang tidak memiliki mixer roti.

Yuk, siapkan bahan-bahannya:

350 gram tepung terigu protein tinggi

60 gram gula pasir

1 butir telur ukuran sedang

2 sdm susu bubuk

175 ml air hangat kuku

7 gram ragi instan

45 gram butter atau mentega

¼ sdt garam halus

Langkah-langkah yang harus kamu lakukan:

1. Tuang air hangat ke dalam sebuah mangkuk. Masukkan ragi dan 1sdm gula pasir. Aduk rata dan tunggu sampai berbusa. Jika tidak berbusa, kamu harus mengganti ragimu dengan yang baru. Proses ini menjadi cara mudah untuk mengetahui apakah ragimu masih aktif atau tidak. Ingat, air yang kamu gunakan haruslah hangat kuku, tidak boleh terlalu panas karena bisa membuat ragi mati, tidak juga terlalu dingin karena ragi sulit aktif.

2. Siapkan mangkuk ukuran sedang. Masukkan terigu, susu bubuk, sisa gula, dan telur. Kemudian masukkan campuran ragi yang telah berbusa.

3. Aduk dengan sendok kayu sampai rata dan masukkan butter serta garam ke dalamnya. Campur dengan tangan hingga rata.

4. Bulatkan adonan dan tutup. Biarkan hingga mengembang selama 15 menit sampai 30 menit, tergantung suhu ruang.

5. Kempeskan adonan. Taburi meja dengan terigu dan pipihkan adonan di atasnya. Potong-potong dan timbang seberat kurang lebih 50 gram. Bulatkan.

6. Letakkan di atas kertas baking kemudian tutup atasnya dengan kain bersih atau lebih mudah masukkan ke dalam wadah tertutup berbentuk persegi.

7. Biarkan mengembang dan tekan supaya pipih. Lubangi dengan spuit.

8. Panaskan minyak dan goreng sekali balik. Angkat setelah keemasan dan taburi dengan topping.

 


Pilihan Editor:

Geliat Lezat Si Kukis Ulat, Bukannya Geli Malah Bikin Nagih Lagi!

7 Menu Sarapan Super Praktis untuk Kamu yang Sedang Diet, Cocok Buat yang Nggak Suka Ribet

Ngemil Cookies Tetap Enak Meski Sedang Diet, Begini Cara Bikinnya


 

Voila! Donat tanpa ulen pun siap disantap bersama keluarga tercinta. Resep ini diolah dari cookpad.com/Fitri Sasmaya yang telah direcook oleh 100 orang lebih, lho. Tips yang perlu diperhatikan adalah memilih kertas baking yang bagus supaya donat tidak lengket dan ketika digoreng dia bisa meluncur dengan mudah dari kertas tanpa penyok.

Bagaimana, Dears? Menarik banget, ‘kan resep donat tanpa ulen satu ini? Yuk, dicoba saat akhir pekan bersama si kecil. Pasti mereka senang diajak terlibat langsung.

Sumber Foto: daily.jstor.org

2 thoughts on “Pengen Donat Tapi Nggak Mau Repot? Yuk Bikin Donat Tanpa Ulen. Dijamin Gampang dan Empuk!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *