Pengeluaran Dadakan di Bulan Ramadan Ini Bikin Dompet Menjerit Abis

Dears, tak terasa kita telah melewati masa pertengahan Ramadan. Semestinya, di bulan inilah kita memupuk amal ibadah dan perbanyak kebaikan terhadap sesama karena mendapat pahala yang lebih besar dibanding bulan lainnya.

Akan tetapi, banyak yang tidak memanfaatkan kesempatan untuk memperbanyak amal kebaikan, tetap bersikap biasa seperti bulan-bulan pada umumnya. Memang, semua tergantung pada masing-masing individu. Lingkungan pun memberikan pengaruh yang besar pada aktivitas seseorang selama bulan Ramadan ini.

Nah, bicara soal bulan ini, banyak kegiatan dan acara yang berbeda dari biasanya. Tak sedikit yang memanfaatkan bulan ini untuk temu kangen dengan kawan lama dan bisa memicu pengeluaran membengkak tanpa ampun.

Awalnya kita berusaha untuk membatasi pengeluaran selama bulan Ramadan, tetapi Dears, karena hasutan dari teman-teman, jadi susah sendiri untuk menolak ajakannya. Berikut adalah daftar pengeluaran yang bikin “dompet menjerit” habis-habisan selama bulan Ramadan.

1. Baju Lengan Panjang dan Pelengkapnya

Bulan yang menjadi ciri khas umat Islam ini memberi banyak perubahan dalam kegiatan sehari-hari. Begitu juga dari cara berpakaian seseorang. Mulai beralih mengenakan pakain yang lebih sopan dan tertutup, dan bagi perempuan mengenakan jilbab sebagai penutup kepala ketika berada di luar rumah.

Perlengkapan pakaian untuk menyambut bulan Ramadan ini juga sudah menjadi tradisi di beberapa tempat. Sehingga harus dipersiapkan jauh-jauh hari agar ada anggaran tersendiri tanpa berpengaruh pada pengeluaran yang semakin membengkak.

2. Acara Bukber yang Ngantri seperti Daftar Belanja

Bulan ini juga sudah memiliki tradisi yang terus dijaga hingga sekarang, yaitu dengan melakukan kegiatan buka bersama. Mulai dari teman SD, bahkan teman TK, hingga teman kerja, mengajak untuk mengadakan acara buka bersama. Acara buka bersama pun bahkan melebihi daftar belanjaan para ibu di rumah. Parahnya, acara seperti inilah yang hampir menguras dompet abis-abisan selama bulan puasa.

3. Menu Makanan yang Beragam dari Biasanya

Bagi emak-emak yang menyiapkan makanan untuk keluarga di rumah, ketika belanja seringkali tergoda untuk memasak ini dan itu tanpa pikir panjang, karena membayangkan semua makanan terasa lezat ketika disantap waktu berbuka puasa. Nah, akibatnya, pengeluaran untuk belanja juga semakin membengkak tak terkira yang tidak akan dijumpai pada hari-hari biasanya.

4. Daftar Camilan Selama Puasa

Selama bulan puasa, ketika jalan-jalan di supermarket, semua makanan ringan terasa yummy dan minta untuk dibeli. Parahnya, bukan hanya di sana saja kita tergoda beragam makanan. Di tepi jalan pun mendadak menjadi tempat jualan orang-orang yang menawarkan makanan, berharap untuk dihampiri.

Kalau tidak bisa menahan diri untuk mengambil beragam camilan, bisa dipastikan selama bulan Ramadan pengeluaran untuk jajanan akan meningkat drastis. So, sebaiknya jangan sering jalan ke tempat penjual makanan jika ingin irit ya, Dears, hehee….

5. Aksesoris untuk Mempercantik Rumah

Menjelang berakhirnya bulan Ramadan untuk menyambut Idul Fitri, banyak orang yang mendekor rumah agar terlihat cantik dan bersih. Tujuannya, agar rumah dalam kondisi nyaman saat ada yang berkunjung ke rumah untuk bersilaturahmi.

So, ada pengeluaran yang harus diperhitungkan untuk mempercantik kondisi rumah, ya. Tetapi, tidak semua orang memiliki pengeluaran untuk keperluan satu ini. Pasalnya, rumah masih rapi, bersih dan elok dipandang, sehingga tak perlu pengeluaran tambahan untuk mendekor ulang rumah.

6. Keperluan Menjelang Idul Fitri

Pengeluaran yang paling bikin dompet menjerit adalah yang terakhir ini. Menyambut datangnya Idul Fitri tentunya harus menyiapkan segala keperluan, mulai dari pakaian untuk sekeluarga, camilan ringan untuk sanak saudara yang berkunjung, hingga jatah angpau untuk diberikan kepada keponakan. Meski dapat THR dari tempat bekerja, terkadang masih kurang untuk mencukupi keperluan menjelang Idul Fitri tersebut.

Yap! Itulah pengeluaran dadakan yang hanya terjadi di bulan Ramadan, Dears. Tidak semua orang memiliki daftar pengeluaran seperti yang dipaparkan di atas karena keperluan tiap orang berbeda-beda. Untuk menyiasatinya, buatlah rencana pengeluaran terpenting untuk dipenuhi dan cukupkan dengan pemasukan yang diperoleh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *