Pencinta Buku Wajib Tahu! Ini 7 Tips Menata Buku agar Tetap Rapi dan Awet

Dears, bagi kamu pencinta buku tentu akan menjadikan buku sebagai benda kesayangan. Menjaga dan merawat buku menjadi hal wajib yang harus dilakukan agar buku tidak rusak dan tetap awet. Salah satunya dengan mengatur penataan serta penyimpanannya.

Kerusakan buku biasanya disebabkan karena tidak hati-hati ketika membaca, atau bisa juga karena tempat penyimpanannya yang lembap. Belum lagi serangan serangga yang gemar memakan buku, seperti rayap atau kutu buku.

Menata dan merawat buku yang kamu punya tidak hanya membuat buku rapi dan awet. Hal ini juga membuat tampilan ruang bacamu menjadi lebih artistik. Nah, 7 tips menata buku supaya tetap rapi dan awet ini dapat kamu coba, Dears. Simak, yuk!

1. Simpan di Rak atau Tempat Khusus

Untuk menaruh buku kesayanganmu, sediakan rak atau tempat khusus agar buku koleksimu tertata rapi dan terawat. Jika tidak mempunyai ruangan yang cukup untuk menyimpan buku-buku tersebut, kamu dapat memakai jenis rak gantung.

Selain untuk menyimpan buku, dengan rak yang dibuat rapi dan cantik akan membuat ruangan tidak terlihat kosong. Namun, harus dipastikan rak bukumu berada di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik supaya buku tidak lembap dan mudah rusak.

2. Beri Sampul Buku Koleksimu

Agar buku lebih mudah dibersihkan dari debu serta aman ketika terkena air, sebaiknya beri sampul bening pada buku koleksimu. Hal ini juga yang dilakukan oleh petugas perpustakaan agar koleksi buku mereka tidak mudah rusak dan tetap awet.

3. Mengatur Posisi Buku di Rak Penyimpanan

Penataan buku yang rapi tentu akan membuat ruangan menjadi lebih artistik. Selain itu, kamu juga dapat mengatur posisi buku agar tidak terlihat membosankan. Kamu dapat mencoba menatanya dengan susunan vertikal atau horizontal, atau kamu juga dapat mengombinasikan kedua susunan tersebut, yaitu vertikal-horizontal-vertikal.

4. Susun Berdasarkan Nama atau Warna

Hal berikutnya yang harus kamu lakukan agar buku kesayangan terlihat rapi dan awet, yaitu dengan menata buku dan mengatur susunannya. Kamu dapat mengaturnya berdasarkan nama penulis atau bisa juga berdasarkan genre buku.

Namun setelah mengelompokkannya, jangan lupa untuk mengatur kembali berdasarkan warna serta ukuran buku. Susun buku koleksimu dari warna gelap ke warna terang lalu dari buku yang tinggi ke yang lebih rendah. Hal ini dapat membuat susunan buku terlihat rapi dan indah.

5. Menambah Aksesori pada Rak Buku

Selain untuk menempatkan buku, kamu juga dapat menambah kesan artistik pada rak bukumu dengan menambahkan aksesori atau hiasan yang cantik pada ruangan yang kosong di antara buku-buku. Akan tetapi jangan berlebihan karena justru rak buku akan terlihat penuh. Selain itu, penambahan ruang untuk aksesori juga dapat membuat kesan lebih lapang pada ruangan.

6. Selipkan Pembatas Buku

Ketika membaca buku sebaiknya jangan melipat halaman buku sebagai pembatas. Hal ini akan membuat buku kesayanganmu terlihat kurang rapi karena akan terlihat bekas lipatan pada buku.

Ada baiknya kamu membuat pembatas buku dari kertas untuk menandai batas halaman yang telah kamu baca. Tapi sekarang sudah banyak juga penerbit yang menyediakan pembatas buku pada setiap buku yang diterbitkan.

7. Beri Kamper atau Gel Silika untuk Mengurangi Kelembapan

Penyebab utama buku mudah rusak, yaitu karena kelembapan udara pada tempat penyimpanannya. Untuk menghindari hal ini, kamu dapat menyelipkan kamper atau gel silika untuk mengurangi kelembapan serta mencegah serangan rayap atau serangga pada buku.

Nah, dengan mengikuti beberapa tips tersebut akan membuat buku kesayanganmu tetap rapi dan awet lho, Dears. Buku-buku koleksimu dapat kamu  wariskan sebagai buku bacaan untuk adik atau bahkan anakmu kelak. Selamat mencoba.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *