Pembayaran Cashless, Lebih Hemat atau Justru Semakin Boros Dears

Semakin bertambahnya tahun, semua kegiatan semakin dipermudah aksesnya. Perkembangan teknologi yang selalu mengalami peningkatan juga dimanfaatkan oleh pihak investor untuk bekerja sama dengan para developer membuat sebuah terobosan baru dalam gaya hidup agar mempermudah seseorang dalam melakukan suatu hal. Termasuk dalam hal metode pembayaran.

Seperti yang kita ketahui, metode pembayaran ada yang menggunakan sistem cash dan ada juga yang non tunai atau sering disebut dengan cashless. Dahulu, hanya sedikit yang menggunakan metode pembayaran cashless karena dipicu penggunaan pembayaran seperti ini jarang digunakan. Pun hanya digunakan di pusat perbelanjaan atau di outlet tertentu yang bisa menggunakan pembayaran non tunai. Akan tetapi, saat ini yang sudah banyak pasar online alias online shop memungkinkan semakin banyak orang yang menggunakan sistem non tunai karena cukup transfer antar bank dari pembeli ke penjual.

Nah kalo menurut kamu nih Dears, sebenarnya lebih enak mana sih antara pembayaran cash atau cashless? Dua-duanya sama enaknya jika digunakan sesuai porsinya. Karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Begitu juga dalam hal porsi penggunaannya, ada beberapa hal yang perlu kamu tahu nih, Dears antara pembayaran sistem tunai maupun non tunai yang sering orang sebut dengan cashless ini.

1. Pertimbangan ke Depannya

Menggunakan uang non tunai sebagai metode pembayaran ternyata bisa menekan pengeluaran Negara loh. Kok bisa? Ya memang bisa, karena peredaran uang tetap berjalan hanya saja dalam bentuk virtual bukan bentuk fisik sebenarnya. Sehingga dapat menekan pengeluaran biaya yang dibutuhkan untuk memproduksi uang. Baik uang kertas maupun uang logam karena bahan yang digunakan harus memiliki kualitas terbaik dari yang terbaik.

2. Cashless Bisa Lebih Hemat Loh

Percaya atau nggak, jika cashless bisa membuat pengeluaran lebih hemat? Memang secara pemikiran banyak orang beranggapan jika cashless justru membuat kita semakin boros karena selama masih ada saldo di ATM bisa menggunakannya sepuas pemiliknya. Akan tetapi, sebetulnya cashless justru membuat pengeluaran kita lebih hemat loh. Karena hanya mengeluarkan atau mentrasfer uang sesuai dengan harga barang yang dibeli. Sedangkan ketika membayar secara tunai, ketika tidak memiliki jumlah pas selalu menggunakan uang pecahan besar untuk menggunakannya dan sisa kembalian tersebut tanpa sengaja digunakan untuk membeli barang yang tidak sepenuhnya dibutuhkan.

3. Jaga Mata dan Jaga Saldo

Dua metode pembayaran tersebut pada dasarnya sama-sama memiliki dua sisi yang berbeda. Bisa membuat penggunanya lebih hemat atau justru tidak bisa mengendalikan pengeluarannya. Tergantung dari tiap individu dalam hal menjaga mata dan menjaga saldo tabungan. Yap! kita sebagai perempuan selalu memiliki rasa tertarik dan keinginan yang lebih besar dalam segala hal saat menemui sesuatu yang aneh atau yang terbaru. Sehingga tak jarang sering kalap atau tidak peduli pengeluaran apa saja selama sebulan hingga tidak bisa menjaga saldo tabungan yang semakin hari semakin berkurang digit angkanya.

4. Pengelolaan Keuangan yang Tepat

The one and only bekal yang harus dimiliki oleh semua orang baik laki-laki maupun perempuan yaitu mampu dalam pengelolaan keuangan yang tepat. Kemampuan ini bisa dikatakan menjadi softskill wajib yang dimiliki seseorang meskipun belum memiliki pemasukan tetap. Kita harus bisa mengelola jumlah uang yang bisa dihasilkan serta pengeluaran apa saja yang dikeluarkan setiap bulannya dengan mengetahui skala prioritas. Adanya skala prioritas ini dapat membantu kita dalam menekan pengeluaran tiap bulannya yang hanya digunakan untuk kebutuhan yang benar-benar penting.

5. Perencanaan Masa Depan

Memikirkan rencana untuk masa depan menjadi pemotivasi kita untuk bisa menggunakan uang lebih bijak. Baik itu dalam hal penggunaan uang non tunai ataupun tunai. Karena keduanya berpengaruh besar dalam menentukan seperti apa kita di masa depan dari yang dilakukan sekarang.

Kalo kamu bagaimana Dears? antara pembayaran cash atau justru cashless yang bisa membuat pengeluaran lebih hemat. Tidak masalah metode pembayaran seperti apa yang lebih efektif, yang pasti dapat mengelola dan mengatur pengeluaran dengan tepat dapat membantu dalam menggunakan uang lebih bijak. Serta, meski lebih suka pembayaran non tunai, tetap wajib sedia uang cash untuk digunakan di tempat tertentu yang tidak bisa menerima pembayaran secara non tunai ya, Dears.

 

Featured image: Photo by Bruce Mars on Pexels
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *