Patuhi Jam Piket Lambung! 7 Tips Diet Sehat Tanpa Ribet Ini Wajib Kamu Baca

Hai, Dears

Tahukah kamu, sebenarnya diet sehat itu mudah. Kita harus mematuhi jam piket lambung dan memperhatikan asupan makanan kita. Jika hal ini kamu patuhi, kesehatan dan metabolisme tubuh otomatis akan terjaga.

Lalu bagaimana cara diet sehat yang sebaiknya kita lakukan? 7 tips di bawah ini akan mengungkap rahasianya.

  1. Sarapan Setiap Pagi

Jangan pernah remehkan sarapan karena pada jam 07.00 – 09.00 lambung bekerja dengan aktif. Energi akan terbentuk dengan sempurna untuk aktivitasmu sepanjang hari. Bila ini diabaikan kita bisa terkena penyakit lambung. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang terbiasa sarapan lebih langsing dibanding mereka yang tidak sarapan. Sarapan merupakan salah satu cara untuk menghindari makan yang tidak terkontrol. Namun, perlu diingat, sarapan sebaiknya tidak terlalu banyak karena dapat menyebabkan sakit perut dan aktivitas menjadi terganggu.

2. Banyak Makan Makanan Berserat

Sayur dan buah-buahan merupakan bahan makanan berserat yang sangat dibutuhkan dalam proses pencernaan. Energi dalam tubuh kita digunakan untuk 3 hal, yaitu pernapasan, pencernaan, dan metabolisme tubuh. Bila terlalu banyak mengonsumsi makanan yang sulit dicerna, energi akan terkuras habis untuk ativitas pencernaan. Akhirnya proses metabolisme tubuh tidak sempurna dan terjadi penumpukan lemak.

3. Kurangi Makanan dan Minuman yang Mengandung Soda

Jenis makanan dan minuman bersoda, seperti donat, roti, cake, cola, harus kamu hindari. Proses pencernaan makanan dan minuman ini membutuhkan banyak energi. Bahkan hingga berhari-hari baru bisa dicerna oleh tubuh kita. Makan makanan dan minuman mengandung soda berbahaya bagi tubuh bila terlalu sering dikonsumsi. Metabolisme tubuh dipastikan menjadi terganggu.

4. Kurangi Konsumsi Gorengan

Boleh-boleh saja mengonsumsi gorengan asal jangan berlebihan, terutama gorengan yang menggunakan minyak berulang. Hal ini untuk mengantisipasi penumpukan lemak dan berbagai penyakit yang ditimbulkan.

5. Makan Malam Maksimal Pukul 19.00

Mengapa harus maksimal pukul 19.00? Karena pada pukul 19.00 – 21.00 kerja lambung melemah, Dears, sehingga makanan tidak dapat dicerna dengan baik. Menghentikan aktivitas makan atau berhenti makan adalah pilihan yang bijak.

6. Tidur Minimal 8 jam

Menurut sebuah penelitian, tidur malam merupakan salah satu cara diet yang efektif karena pada saat tidur manusia otomatis berhenti makan. Lambung bisa beristirahat dengan maksimal dan siap melakukan rutinitasnya keesokan harinya.

7. Olahraga

Aktivitas fisik dapat membantu pembakaran lemak, jadi jangan lupa lakukan olahraga secara rutin. Kamu bisa memanfaatkan paket olahraga yang disediakan beberapa salon kecantikan bersama teman-temanmu. Hal ini akan membuatmu merasa wajib untuk melakukan olahraga.

Bagaimana, mudah ‘kan, Dears? Kita hanya perlu makan yang dibutuhkan tubuh, bukan makan makanan yang kita inginkan, atau kita pikirkan, dan mematuhi jam piket lambung. Berikan apa yang dibutuhkan tubuhmu agar tubuh pun memberikan apa yang menjadi keinginanmu. Semoga bermanfaat, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *