Nafsu Makan Berlebih saat Stres, Kenali Pemicu dan Cara Mengatasinya

Dears, siapa nih diantara kamu yang sering mengalami kondisi emotional eating atau suatu kondisi yang menyebabkan seseorang memiliki nafsu makan yang lebih besar saat sedang stres? Kondisi seperti itu memang wajar saja terjadi pada sebagian besar orang yang mengalami depresi ataupun stres.

Stres tidak disebut sebagai suatu penyakit, namun dapat mengakibatkan timbulnya berbagai macam penyakit yang ringan hingga yang dapat menyebabkan kematian. Pada saat stres yang paling berperan adalah sistem saraf, sehingga kerap kali seseorang yang mengalami stres tidak dapat mengontrol emosinya. Nah, salah satunya juga dalam mengontrol emosi nafsu makan.

Kok Bisa, ya?

Foto: Pexels.com

Bagi kamu yang seringkali mengalami peningkatan nafsu makan perlu diperhatikan, nih, Dears. Nafsu makan memang bisa meningkat atau menurun ketika seseorang mengalami stres. Hal itu tergantung dari durasi stres seseorang. Jika hanya stres sesaat, respon tubuh cenderung memiliki nafsu makan yang menurun. Namun jika stres terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama, maka hubungannya dengan hormon, tubuh akan melepaskan hormon yang membuat nafsu makan menjadi meningkat atau dalam dunia kesehatan disebut sebagai hormon kortisol dan adrenalin.

Meskipun terlihat sepele, namun sebaiknya harus dihindari seminimal mungkin karena dapat memicu penyakit seperti hipertensi, denyut nadi meningkat, dan dapat mempengaruhi gairah dalam hubungan seksual. Selain itu juga dapat menimbulkan diabetes jika saat stres memiliki nafsu makan meningkat dan sebelumnya memiliki riwayat diabetes.

Pengaruh Makan Berlebih saat Stres

Foto: Pexels.com

Untuk pengaruh makan berlebih tidak jauh berbeda dengan kondisi normal, hanya saja ketika sedang stres kita akan cenderung mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat, lemak dan protein, atau makanan junkfood dan camilan. Semua jenis makanan tersebut sangat cepat untuk meningkatkan berat badan yang cukup drastis. Meski tidak lapar, tubuh akan terus merangsang untuk makan lagi dan lagi hingga tidak mengalami stres lagi.

Makanan Pengganti saat Stres

Foto: Pexels.com

Ada makanan yang sebenarnya disarankan untuk kamu konsumsi ketika mengalami stres. Dibanding mengonsumsi makanan tinggi lemak dan karbohidrat yang hanya membuat berat badan naik drastis, kamu bisa menggantinya dengan buah-buahan, terutama buah yang menyegarkan seperti jeruk, stroberi dan lainnya, asalkan rendah lemak dan karbohidrat. Selain itu kamu juga bisa ngemil kacang-kacangan dibanding camilan yang berpengawet, karena camilan yang seperti itu kadar gulanya cukup tinggi.

Solusi Terbaik ketika Mengalami Stres

Foto: Pexels.com

Ketika mengalami stres, cobalah untuk berbagi dengan orang terdekatmu, atau setidaknya mencoba melepaskan beban pikiranmu dengan berjalan-jalan. Dengan seperti itu setidaknya kamu tidak merasa tertekan dengan masalah yang dihadapi. Tidak ada salahnya jika kamu berbagi dan bercerita dengan seseorang agar mereka dapat memberi saran terbaiknya terhadap hal-hal yang memicu stresmu.

Dears, stres adalah hal yang lumrah terjadi pada seseorang yang sedang tertekan ketika menghadapi suatu masalah. Namun lebih baik masalah tersebut tidak dijadikan beban, tapi dicari solusi terbaik dan tidak menjadikan makanan sebagai pelampiasan saat stres.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *