Musik, Rangkaian Alunan Nada yang Ternyata Menyimpan Sejuta Manfaat Dibaliknya!

Siapa yang tak pernah mendengarkan musik? Hampir setiap hari ada alunan nada terangkai nan indah yang diterima gendang telinga kita, ya, Dears. Mulai dari dendang ringan saat menidurkan si kecil, jingle iklan komersil atau layanan masyarakat, bahkan opening drakor favorit banyak orang. Siapa sangka, musik ternyata memiliki sejuta dampak positif bagi kehidupan kita.

Banyak, lo, manfaat yang bisa kita ambil melalui aktivitas mendengarkan musik. Tak hanya bagus bagi kesehatan jiwa, tapi juga berpengaruh positif untuk kesehatan raga. Perlu nih, mulai mengalokasikan waktu mendengarkan musik supaya kamu bisa mendapatkan beberapa manfaat dari musik.

Mengembalikan Good Mood

earphone

Musik bisa memengaruhi suasana hati pendengarnya. Saat kamu sedang merasa nggak enak hati karena sedang banyak masalah atau banyak kerjaan yang menumpuk, sehingga merasa bad mood, Dears? Coba deh, dengarkan musik dengan irama up beat. Perlahan moodmu pasti akan membaik dan semangatmu kembali membara. Pengen happy dengarkan musik yang ceria, sebaliknya bila kamu lebih sering mendengar musik balada, maka kamu akan terbawa melow.

Meningkatkan Semangat saat Olahraga

indosport.com

Jenis olahraga seperti aerobik, zumba, bodypump, dan pound fit, menggunakan musik sebagai pengiring gerakannya. Karena, musik mampu menstimulasi fisik dan mental pendengarnya. Inilah alasannya olahraga yang diiringi musik terasa menyenangkan dan ringan dilakukan. Selain menyenangkan, banyak kalori yang terbakar, bukan.

Tidur Lebih Nyenyak

hellosehat.com

Ingin agar tidurmu lebih berkualitas, Dears, dengarkanlah musik relaksasi sebelum tidur. Aktivitas ini akan membuat tubuh beristirahat lebih cepat dan membuatmu pulas dalam waktu singkat. Bila nanti malam kamu kesulitan memejamkan mata, coba pasang musik-musik relaksasi dan rasakan manfaatnya. Tak hanya itu, musik juga mampu membuat stress hilang sekaligus membuat pikiranmu lebih tenang, sehingga bangun pagi akan terasa lebih segar.

Merangsang Perkembangan Otak

Image by Pinterest

Memperdengarkan musik tertentu mampu merangsang perkembangan otak bayi dan membuatnya menjadi lebih cerdas. Jenis musik klasik dan murotal Quran adalah pilihan tepat untuk merangsang perkembangan otak bayi. Sedangkan bagi orang dewasa, sering mendengarkan musik membuat otak menjadi lebih tajam dan meningkatkan daya ingat. Secara tidak langsung, musik membantu kita agar tidak mudah pikun.

Mengurangi Rasa Sakit

Mendengarkan musik bisa menjadi pengalihan fokus sehingga membuat rasa sakit yang diderita menjadi berkurang. Saat mendengarkan musik, otak akan mengikuti alunannya dan tak lagi memikirkan rasa sakit atau nyeri yang diderita. Saat ada anggota keluarga yang sakit, hibur dengan musik yang menenangkan, ya, Dears.

Musik adalah salah satu seni dan hasil karya anak manusia. Sudah seharusnya kita bijak dalam menggunakannya. Walau memiliki banyak manfaat, tetap penting untuk memilah mana musik yang bisa dikonsumsi dan yang seharusnya dihindari, serta jangan terlalu berlebihan, ya. Karena segala sesuatu yang berlebihan akibatnya tidak baik, Dears.

 

Featured image: Photo on Pexels
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *