Mual Setelah Makan Tak Selalu Disebabkan oleh Kehamilan. Kenali Penyebab Lainnya, yuk!

Dears, ada sebagian orang yang merasakan mual justru setelah makan. Mungkin kamu bertanya-tanya, mengapa hal tersebut dapat terjadi?

Biasanya, makan akan membuat orang merasa kenyang, bahkan meningkatkan mood  karena setelah makan tubuh sering merasa senang.

Mual setelah makan dapat disebabkan oleh berbagai hal, baik faktor dari dalam diri, maupun dari luar. Berikut ini beberapa alasan mengapa tubuhmu terasa mual justru setelah selesai makan.

1. Stres dan Cemas Berlebih

Jurnal Cell and Tissue Research menyatakan bahwa tekanan psikologis dapat berdampak buruk pada fungsi organ pencernaan. Oleh sebab itu, stres dan cemas berlebihan dapat membuat perut mual setiap kamu selesai makan. Selain itu, saat seseorang yang dahulunya mengalami alergi dan sekarang sudah tidak alergi lagi, tetapi karena adanya rasa cemas dan takut akan mengalami alergi kembali sehingga ia merasa mual setelah memakannya.

2. Kehamilan

Biasanya wanita hamil mengalami mual setelah makan pada trimester pertama, bahkan kadang sampai trimester kedua.

Perasaan mual pada wanita hamil juga dikaitkan dengan perubahan hormon dan fisik mereka, Dears. Tidak sedikit wanita hamil saat mencium bau atau rasa makanan tertentu membuat mereka merasa mual. Jika kamu mengalami ini saat hamil jangan sembarang mengonsumsi obat-obatan, ya! Lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar kamu tidak membahayakan janin dan dirimu sendiri.

3. Alergi Makanan

Tiap orang memilki alergi berbeda terhadap makanan, tetapi ada juga orang yang tidak memiliki alergi. Ada yang alergi kacang, telur, udang, ikan laut, dan sebagainya. Saat memakan makanan yang memicu alergi, sistem kekebalan tubuh akan melepaskan histamin dan zat kimia lainnya. Biasanya orang yang mengalami alergi memiiki gejala berupa gatal-gatal, mulut atau bibir bengkak, dan perut mual.

4. Keracunan Makanan

Saat kamu mengonsumsi makanan dan minuman yang telah terkontaminasi toksin (racun) ataupun kuman yang menghasilkan racun, kamu akan mengalami rasa mual, diare, kram perut, atau nyeri setelah makan. Biasanya gejala keracunan makanan ini muncul dalam hitungan jam, hari dan bahkan minggu, tergantung kondisi tubuh seseorang dan berapa lama racun tersebut bereaksi dengan tubuh.

5. Tukak Lambung

Selalu mual setelah makan bisa dikarenakan kamu mengalami iritasi yang disebabkan oleh tukak lambung. Seseorang yang mengalami tukak lambung akan merasakan perih pada bagian ulu hati, mual, muntah, perut kembung, terasa terbakar di daerah perut, dan terjadinya penurunan berat badan. Tukak lambung disebabkan oleh infeksi bakteri dan obat antiradang nonsteroid.

Dears, jika kamu sesekali mengalami perasaan mual setelah makan, ini merupakan hal yang biasa terjadi. Terkadang kondisi tubuhmu tidak selalu dalam keadaan fit. Tetapi jika ini terjadi terus menerus dan berkepanjangan, sebaiknya kamu segera konsultasi dengan dokter.

Sudah paham ‘kan sekarang mengapa rasa mual dapat muncul setelah makan? Dari banyaknya penyebab di atas, kamu pernah mengalami yang mana, Dears?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *