Metode 5-30-7, Cara Memasak Viral yang Diklaim Dapat Menghemat Gas

Dears, beberapa waktu yang lalu sosial media sempat viral dengan metode masak 5-30-7 yang diklaim bisa menghemat penggunaan gas elpiji. Banyak, lho, yang telah berhasil mempraktikkannya dengan berbagai menu masakan. Hasilnya? Ternyata sangat memuaskan, hingga akhirnya metode ini semakin populer, terutama di kalangan ibu-ibu yang kerap kali harus menghemat pengeluaran uang belanja.

Dengan metode ini, pemakaian gas elpiji menjadi lebih irit. Kalau dihitung total waktu yang digunakan saat kompor menyala hanya butuh 12 menit saja. Nah, buat kamu yang penasaran dengan metode 5-30-7 ini, yuk,  simak penjelasannya !

Apa itu Metode Memasak 5-30-7 ?

Metode memasak 5-30-7 merupakan salah satu metode memasak yang diklaim menghemat gas elpiji karena dapat  meminimalisir penggunaaan api kompor. Fah Umi Yasmin lah, sang pembuat metode inovatif dengan nama unik tersebut. Untuk kamu yang senang memasak, tentu nama Fah Umi Yasmin sudah tak asing lagi. Fah Umi Yasmin adalah seorang ibu rumah tangga asal Indonesia yang kini menetap di Saudi Arabia. Ia kerap kali membagikan resep masakannya, baik di beranda media sosial maupun di salah satu komunitas memasak terbesar di Facebook.

Metode 5-30-7 ini cukup efektif, karena tanpa disadari saat kompor dimatikan, proses pematangan masih berlangsung secara alami. Walaupun kompor dalam keadaan mati, air rebusan yang masih panas  bisa membantu daging atau bahan lainnya matang dengan sendirinya.

Bagaimana Cara Memasak dengan Metode 5-30-7 ?

Dears, buat kamu yang penasaran dan ingin mencoba metode ini, yuk, simak langkah-langkah berikut, ya!

  1. Masukkan bahan-bahan masakan ke dalam panci, dengan api kompor yang menyala, kemudian masak selama 5 menit. (Khusus untuk daging, didihkan air terlebih dahulu, lalu masak daging selama 5 menit).
  2. Setelah 5 menit, matikan kompor, lalu tutup pancinya, diamkan selama 30 menit.
  3. Nyalakan kembali apinya, kemudian masukkan bahan-bahan pelengkap jika ada.
  4. Tutup kembali pancinya, lalu nyalakan kompor dan masak kembali selama 7 menit.

Apa Saja Jenis Menu Masakan yang Bisa Dibuat Menggunakan Metode 5-30-7 ?

Sebenarnya, banyak jenis makanan yang bisa kita masak dengan menggunakan metode 5-30-7 ini, yang dalam pengolahannya harus direbus terlebih dahulu.

Daging, misalnya. Ketika merebus daging biasanya kita membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam untuk menghasilkan tekstur daging yang empuk dan tidak alot. Itu pun dengan kondisi kompor menyala terus- menerus. Nah, dengan menggunakan metode 5-30-7 ini, kalau dihitung-hitung, hanya perlu waktu sekitar 12-15 menit untuk menghasilkan tekstur daging yang empuk sampai ke dalam.

Selain daging, makanan lain yang bisa kita masak dengan metode ini, yakni bubur kacang hijau. Kalau biasanya, sebelum merebus kacang hijau, kita harus merendamnya terlebih dahulu di dalam air selama berjam-jam. Nah, dengan metode 5-30-7 ini, kita tak perlu repot-repot merendamnya Dears. Langsung saja rebus kacang hijaunya dengan cara yang sudah dijelaskan tadi, dan taraaa.. siap-siap takjub dengan hasilnya, ya!

Selain daging dan bubur kacang hijau, ada banyak jenis makanan lain yang bisa kita masak dengan metode ini lho, Dears, diantaranya singkong rebus, ceker ayam, kacang tanah, semur jengkol, babat, bubur mutiara, lontong, hingga bubur ayam. Semuanya sudah pernah dipraktikkan dan hasilnya sungguh memuaskan.

Nah, bagaimana Dears, kamu tertarik untuk mencobanya? Meski metode ini terbilang baru, namun banyak yang sudah berhasil menerapkannya Terlebih untuk kamu yang ingin menghemat pengeluaran uang belanja, metode ini bisa membantu untuk mengurangi dan menghemat penggunaan gas elpiji. Jadi, tunggu apalagi Dears, yuk, segera ke dapur dan mencobanya !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *