Merasa Ketergantungan dengan Smartphone? Kamu Wajib Install Aplikasi Ini Dears

Smartphone bukan lagi menjadi barang mewah yang hanya dimiliki oleh orang berkecukupan saja. Saat ini hampir semua orang memiliki smartphone, baik untuk menunjang pekerjaannya ataupun sekadar memilikinya untuk dijadikan perangkat komunikasi.

Tak heran jika keberadaannya saat ini mampu mengubah seseorang secara drastis akibat adanya smartphone ini hingga mengakibatkan penggunanya mengalami ketergantungan. Yap! bisa dikatakan seperti obat narkotika dan psikotropika yang bisa membuat seseorang yang menggunakannya bisa mengalami kecanduan dan ketergantungan. Namun sayangnya, tidak semua orang merasa jika dirinya mengalami ketergantungan. Parahnya, ketergantungan ini jika tidak segera dikurangi bisa mengganggu aktivitas seseorang hingga bisa menyebabkan sakit dan berujung kematian hanya karena ketergantungan dengan smartphone. Miris dan jangan sampai hal itu terjadi ‘kan, Dears.

Untuk bisa terbebas dari ketergantungan terhadap smartphone juga harus diperlukan usaha dan tekad yang kuat agar tidak terulang kembali. Akan tetapi, banyak orang yang gagal dalam mengatasi ketergantungan ini, karena selalu kesulitan untuk tidak menggunakan smartphone hanya 3 jam saja dalam sehari. Nah untuk itu, bagi kamu yang merasa kesulitan dan selalu gagal untuk mengatasi ketergantungan dengan smartphone secara mandiri, ada aplikasi yang worth it dan wajib kamu install nih, Dears. Nama aplikasinya YourHour yang akan menemanimu dalam membantu mengurangi ketergantungan terhadap smartphone dan mampu mengurangi screen time kamu tiap harinya. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai aplikasi ini, simak dulu penjelasan berikut.

1. Tetapkan Lama Waktu Penggunaan dan Jumlah Buka Kunci

Foto: YourHour.android

Saat pertama membuka aplikasi ini, kita bisa menentukan lama waktu penggunaan smartphone dan berapa banyak membuka kunci setiap harinya. Ini bisa disesuaikan dengan batas kemampuan kita dalam menggunakan ponsel ya Dears. Jika biasanya menggunakan ponsel sampai 8 jam perhari bisa tuh mulai dikurangi menjadi 5 hingga 4 jam saja per harinya. Serta untuk masalah jumlah berapa banyak membuka kunci itupun cukup perkiraan saja.

Ketika bisa membatasi penggunaan smartphone dan tidak sampai melebihi yang sudah direncanakan, tentu akan merasa senang karena mampu mengurangi screen time secara perlahan. Pun jika seandainya pada saat tertentu bisa melebihi batas lama penggunaan atau melebihi jumlah membuka kunci per harinya tidak masalah juga. Karena memang pada ada kondisi tertentu yang tidak memungkinkan untuk membatasi penggunaan ponsel tersebut.

2. Level Ketergantungan Terhadap Smartphone

Foto: YourHour.android

Nah di aplikasi ini juga akan terlihat berada di level ketergantungan seperti apakah kamu dalam menggunakan ponsel saat ini. Ada enam level kecanduan yang dikategorikan seseorang dalam menggunakan ponselnya. Paling parah adalah kategori kecanduan dengan pemakaian lebih dari 5.5 jam per harinya, disusul dengan ketergantungan dimana pemakaian berkisar antara 4.5 hingga 5.5 jam. Untuk pemakaian 3.5 hingga 4.5 jam termasuk dalam kategori terobsesi dan terbiasa dengan waktu pemakaian 2.5 hingga 3.5 jam. Selanjutnya kategori pemimpi dengan waktu penggunaan 1 sampai 2.5 jam serta sang juara adalah pemakaian ponsel kurang dari 1 jam per harinya. Kalau kamu masuk kategori yang mana nih, Dears.

3. Pilih Aplikasi yang Paling Sering Digunakan

Foto: YourHour.android

Tentukan aplikasi apa yang paling sering digunakan, dengan seperti itu YourHour akan membantumu untuk sedikit demi sedikit mengurangi kecanduan terhadap aplikasi yang sudah dipilih tersebut dengan mengikuti tantangan yang disediakan. Dipastikan waktu paling banyak selalu dihabiskan menggunakan aplikasi sosial media ‘kan Dears. Karena pada umumnya aplikasi inilah yang menjadi candu tersendiri terutama dikala waktu luang atau saat masa #dirumahaja seperti saat ini.

4. Coba Ikuti Tantangan yang Disediakan

Foto: YourHour.android

Dari aplikasi yang telah dipilih pada poin ketiga tersebut, nantinya akan disediakan tantangan yang bisa kamu ikuti, Dears. Tantangannya ada tiga level, yaitu level dasar, menengah dan ahli yang bisa disesuaikan sendiri atau ingin mengikuti tantangan yang sudah disediakan. Umumnya tantangan yang sudah disediakan diperuntukkan pada aplikasi yang paling sering digunakan per harinya. Sedikit info nih, challenges yang tersedia itupun ada banyak pilihan loh. Ada yang puasa aplikasi, diet aplikasi dan puasa tanpa ponsel. Gimana Dears, cukup menarik ‘kan untuk membantu mengurangi ketergantunganmu dengan smartphone.

5. Kelola Aplikasi dengan Kunci Otomatis

Foto: YourHour.android

Aplikasi ini juga tersedia fitur kunci otomatis loh. Jadi, ketika penggunaan salah satu aplikasi sudah mencapai batas berlebih, aplikasi tersebut secara otomatis akan tetutup dan kamu benar-benar tidak bisa mengaksesnya. Batas waktu untuk terkunci otomatis ini bisa juga di setting sendiri ingin berapa lama mengakses suatu aplikasi dalam seharinya.

6. Pengingat Batas Penggunaan Aplikasi

Foto: YourHour.android

Selain terdapat fitur kunci otomatis, juga tersedia pengingat aplikasi. Tujuannya sama, untuk mengingatkanmu agar tidak terlalu lama menggunakan aplikasi tersebut karena YourHour telah mendeteksi jika kamu telah berlebih dan melewati batas pemakaian di salah satu aplikasi yang muncul peringatan tersebut. So, tak hanya pacar saja yang perhatian, YourHour pun selalu memberi perhatian terhadapmu loh.

7. Laporan Penggunaan Smartphone Setiap Harinya

Foto: YourHour.android

Terakhir, aplikasi ini juga tersedia laporan yang akan melaporkan lama penggunaan ponsel dan jumlah buka kunci setiap harinya. Di bagian ini juga terdapat rincian mengenai penurunan serta kenaikan jumlah yang dibandingkan dengan hari sebelumnya. Serta rincian lebih detail mengenai jam berapa kamu menggunakan ponsel terlalu lama. Nah, tidak perlu diragukan lagi keefektifan dari aplikasi ini, Dears untuk mengurangi ketergantunganmu.

Tertarik untuk melihat berada di level apa kecanduan terhadap smartphone dan mencoba berbagai fitur menariknya? Kamu wajib dan segera install aplikasi YourHour ini, Dears. Kalau kamu memiliki tekad yang kuat untuk mengurangi screen time, aplikasi ini sangat membantu kamu loh dan pastinya tidak akan menyesal jika menggunakannya. Ditambah lagi ada kepuasan tersendiri ketika mampu menyelesaikan tantangan pembatasan smartphone dan level kecanduan mulai menurun, Dears.

 

Featured image: Photo on Pexels
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *