Merasa Jenuh dan Bosan sehingga Pengen Ganti Profesi? Coba Cek dulu 5 Hal Ini Sebelum Menyesal, Dears!

Sebuah profesi yang dilakukan setiap hari, terkadang menimbulkan rasa jenuh dan bosan. Pasti akan ada masa, dimana kamu merasa hanya melakukan rutinitas dalam bekerja. Hal ini bisa membuatmu merasa tak nyaman dan tak bersemangat lagi. Bila kondisi ini menyerangmu, ambil cuti, lalu refresh pikiran dengan melakukan liburan untuk sementara waktu.

Namun, bila setelah kembali dari berlibur, rasa bosan dan jenuh tak jua hilang. Ada kemungkinan kamu perlu ganti profesi, Dears. Hanya saja banyak yang harus dipertimbangkan sebelum mengambil keputusan untuk mengganti pekerjaan atau profesimu. Pastikan keputusan yang diambil bukan hanya karena emosi, tapi sudah dipikirkan secara matang. Cek dulu 5 hal ini, sebelum mengambil keputusan berganti profesi.

Usia

Pict by, Sayaajarkan.com

Apakah usiamu masih termasuk usia produktif? Usia sangat memengaruhi diterima tidaknya seseorang bila akan apply sebuah pekerjaan. Bila usiamu masih dibawah 35 tahun, kemungkinan untuk berganti profesi masih terbuka lebar. Namun kondisinya akan berbeda bila, usiamu sudah melebihi kategori usia produktif.

Skill

Sebelum memutuskan pindah profesi, kamu wajib memastikan memiliki skill yang mumpuni, Dears. Sebuah profesi baru menuntut kita untuk beradaptasi dan menghadapi hal-hal yang baru juga. Nah, sebelum memutuskan untuk berganti profesi, bekali dulu dirimu dengan keahlian yang dibutuhkan agar menunjang profesimu kelak. Skill ini akan membuatmu mampu bersaing dengan orang lain yang lebih dulu menekuni pekerjaan ini.

Mental dan Kemauan Belajar dari Awal

aplikasi pengatur keuangan
Sumber: pexels.com

Berganti profesi akan membuatmu menjadi “orang baru”. Kemungkinan kamu harus memulai semuanya dari awal lagi. Walau posisimu di profesi lama sudah berada di puncak karir, hal ini bisa saja tidak akan memberi pengaruh berarti. Pertimbangkan lagi, tanyakan pada dirimu, apakah siap menjalani sebuah proses dari nol lagi.

Maksimalkan Link dan Riset

Sumber: pi

Penting untuk mempelajari dulu profesi baru yang akan kamu pilih. Carilah informasi dari berbagai sumber, bisa melalui jejaring sosial, media internet, atau bertanya kepada teman serta kolega. Carilah informasi sebanyak mungkin, mulai dari kisaran gaji, job desc, dan kemungkinan peluang di bidang tersebut.

Pendapatan Berkurang

Saat memulai profesi atau pekerjaan baru, biasanya gaji yang didapat juga lebih sedikit dari yang biasa kamu terima. Kamu harus membangun karir dan memulai semua dari awal. Ini membuatmu, belum bisa dikategorikan sebagai seorang profesional, sehingga gaji akan berkurang. Tanyakan pada dirimu dan pertimbangkan dengan masak, apakah kamu siap melalui proses ini lagi.

Pekerjaan atau profesi memang tak hanya mengenai 5 hal di atas ya, Dears. Banyak faktor seperti semangat yang tinggi untuk maju, dedikasi, etos kerja, passion, dan kemauan belajar yang besar. Hanya saja saat memulai sebuah profesi baru, tak bisa disamakan atau dibandingkan dengan profesi lama. Pepatah Jawa, jenang bakal ngetutke jeneng. Artinya, bila kamu sudah memiliki nama baik dalam profesimu, penghasilan akan mengalir lancar. Jadi, fokuslah untuk selalu melakukan yang terbaik, maka kamu akan selalu dihargai.

 

Featured image: Photo on Unsplash
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *