Menunda Pekerjaan Saat Deadline Masih Lama Itu Menyenangkan Lho

Dears, apa kamu tipe orang yang selalu gesit dan tepat waktu saat diberikan deadline? Atau justru sering ogah-ogahan mengerjakan jika belum mepet waktunya. Rasanya seperti kurang afdal jika mengerjakan deadline tidak mepet H-1 dikumpulkan.

Procrastinate atau menunda pekerjaan, adalah suatu kebiasaan yang seharusnya tidak dijadikan kebiasaan terus menerus. Namun sayangnya menghilangkan kebiasaan menunda rasanya sulit sekali. Karena berhubungan dengan rasa malas yang tinggi. Terlebih jika pekerjaan dengan deadline yang masih lama kebiasaan menunda pekerjaan justru semakin tinggi. Sebenarnya bagus nggak sih jika sering menunda pekerjaan? Apakah bisa berpengaruh pada produktifitas seseorang. Berikut alasan seseorang lebih suka menunda pekerjaan.

1. Masih ada banyak waktu

Image by Pinterest

Merasa memiliki tenggang waktu yang lebih panjang, seringkali dijadikan alasan untuk tidak segera mengerjakan deadline yang seharusnya bisa diselesaikan jauh-jauh hari. Tidak ada yang salah memang, dengan pernyataan seperti itu. Tapi seringkali akibat menunda deadline, pekerjaan yang ditunda tersebut justru terkesan lebih sulit. Hal itu dikarenakan pemikiran mengenai deadline yang diberikan ternyata berbeda dengan yang kita diharapkan dan merasa kesulitan untuk mengerjakannya.

2. Lebih memilih pekerjaan jangka pendek

Image by Pinterest

Jika ada deadline dengan jangka waktu yang pendek kebanyakan orang akan lebih memilih mengerjakannya terlebih dahulu. Selain karena tuntutan tenggang waktu yang lebih pendek, faktor pemicu pada poin pertama juga berperan. Yaitu merasa masih ada banyak waktu untuk mengerjakannya. Namun jika ditekad, boleh kok mengerjakan deadline yang jangka panjang terlebih dahulu. Agar setelah merampungkan pekerjaan dengan deadline lebih pendek sudah merasa plong karena tidak memiliki beban dengan deadline lainnya yang lebih berat.

3. Mengejar deadline yang mendesak lebih menarik

Image by Pinterest

Nah, untuk alasan yang satu ini kebanyakan dianut oleh para mahasiswa. Entah untuk para pekerja atau emak-emak blogger juga seperti ini atau tidak kurang tau. Para mahasiswa selalu berpikiran “jika bandung bondowoso saja bisa menyelesaikan 999 candi dalam satu malam, mengapa hanya mengerjakan tugas cukup semalam saja tidak bisa”. Aneh memang jika menganut anggapan seperti itu, tapi nyatanya kebiasaan seperti itu masih dianut banyak mahasiswa. Selain itu,  mengerjakan deadline dengan waktu yang mepet alias mendesak lebih menarik dan menantang. Kalau kamu gimana Dears, apa seperti itu juga?

4. Menganggap deadline mudah dikerjakan

Image by Pinterest

Selain karena faktor waktu untuk mengerjakan masih panjang, alasan deadline tidak segera dikerjakan karena pikiran sudah termindset jika pekerjaan yang diberikan gampang dan mudah dikerjakan. Padahal, tentu saja belum dicek terlebih dahulu apakah memang mudah atau lumayan sulit. Sehingga ketika sudah mepet dengan batas waktu dikumpulkan, hasilnya kurang maksimal karena cenderung menyepelekan. Sayangnya kebiasaan menunda ini tidak ada keinginan untuk diperbaiki, justru tetap dilestarikan.

5. Ada temannya saat menunda deadline

Image by Pinterest

Membandingkan dengan orang lain memang menjadi alasan jitu untuk mengelak dari tanggung jawab yang diberikan. Saat ada deadline dengan tenggang waktu lama dan memilih menunda mengerjakannya, masih banyak yang beralasan jika si A juga masih belum mengerjakannya. Merasa memiliki teman untuk tidak segera menuntaskan deadline membuat kebanyakan orang lebih memilih ikut menunda pekerjaan yang harusnya bisa diselesaikan jauh-jauh hari sebelum batas waktu dikumpulkan.

Itulah alasan umum yang mendasari seseorang kerap menunda deadline pekerjaan yang dibebankan kepadanya. Tak masalah jika memang ada tanggung jawab yang lebih urgent dan memiliki tenggang waktu lebih pendek. Namun dengan mengerjakan deadline yang memiiki tenggang waktu lebih lama sesegera mungkin juga tak ada salahnya, justru bisa memperbaiki dan mengeceknya berulang kali jika kurang maksimal. Nah, kalau kamu bagaimana Dears, apa termasuk orang yang suka menunda deadline yang diberikan?

 

Featured image: Photo on Pexels.com
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *