Menguasai Pasar Dunia, Bisnis Digital Jadi Pilihan Pengusaha, Kamu Pilih yang Mana?

Sulitnya mendapatkan pekerjaan membuat beberapa orang memilih untuk melakoni bisnis. Banyak yang menganggap bisnis merupakan pekerjaan sampingan atau peralihan ketika tidak mampu bekerja sebagai karyawan di sebuah perusahaan. Padahal, jika ditekuni, bisnis bisa menghasilkan pundi rupiah yang mengalahkan pendapatan sebagai karyawan di kantor. Terlebih di era yang serba digital seperti saat ini. Tidak heran banyak usaha yang beralih ke bisnis digital agar bisnis mereka mampu menguasai dunia.

Bisnis digital sendiri sebenarnya sudah ada sejak lama. Namun, belakangan makin banyak yang menekuninya. Hal ini disebabkan semakin banyaknya pelaku bisnis digital yang sukses. Tidak muluk-muluk, bisnis digital bisa berupa apa saja, bahkan jasa sekalipun.

Dears, beberapa contoh bisnis digital di bawah ini mungkin bisa jadi alternatif untuk memulai usaha.

1. Transportasi Online

Siapa sangka, sekarang transportasi sudah ada dalam metode online. Kamu tidak harus pergi ke pangkalan ojek lagi untuk bisa naik ojek. Cukup menggunakan aplikasi, kamu langsung dijemput dan di antarkan ke tempat tujuan.

2. Marketplace

Meski pasar dan mall masih tetap ada, namun keberadaan toko online sedikit banyak mempengaruhi minat belanja seseorang. Marketplace merupakan sebuah wadah belanja online yang menyajikan beragam produk dari beberapa toko. Banyak toko offline yang beralih menggunakan metode online untuk mengembangkan bisnis digitalnya.

3. Media Kreatif

Meski kehadirannya bukanlah sesuatu yang baru, namun bisa dibilang bahwa media kreatif hari ini semakin menjamur. Hal ini ditandai dengan banyaknya platform menulis yang bertaburan. Ini tentu mempengaruhi jumlah kontributornya, seperti content writer dan creator. Menjadi contenr writer atau content creator cukup menjanjikan dalam bisnis digital di era sekarang.

4. Fintech

Istilah ini mungkin terkesan sangat eksklusif. Namun, keberadaannya sudah sangat banyak di sekitar kita. Lihat saja, betapa banyaknya loket-loket pembayaran dan pembelian yang tersebar. Mulai dari pulsa, token listrik, listrik prabayar, PDAM, dan berbagai transaksi non tunai lainnya.

Gimana, Dears? Tertarik menjajal salah satu bisnis di atas agar? Sudah saatnya kita melek teknologi. Bukan zamannya lagi pasrah karena gaptek, agar kita dapat menggenggam dan menguasai dunia. Kita perlu banyak belajar dan beradaptasi dengan sistem bisnis digital saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *