Mengikuti Tren dengan Minuman Kekinian Justru Mengundang Banyak Risiko Bagi Tubuh

Inovasi memang tidak bisa dipisahkan dari dunia usaha, para entrepreneur selalu membuat suatu terobosan yang menarik dan inovatif yang bertujuan untuk menarik minat pembeli agar produknya semakin dikenal.

Belakangan berbagai minuman kekinian muncul dengan beragam keunikan dan daya tarik sendiri yang tersedia dimana-mana. Hal itu jelas menjadi keuntungan sendiri bagi pemilik café atau tempat tongkrongan yang umumnya disinggahi para remaja terlebih mahasiswa yang sering menghabiskan waktunya untuk mengerjakan tugas di tempat umum. Justru, tidak sedang mengerjakan tugas pun disempatkan untuk ke café dengan alasan mengikuti tren dengan membeli minuman kekinian tersebut.

Mulai dari bubble tea atau biasa dikenal dengan boba, kopi susu, hingga thai tea dan minuman lainnya dengan beragam varian rasa menjadi minuman yang masih jadi andalan untuk dinikmati. Bahkan tak hanya remaja saja, orang dewasa yang notabene nya selalu sibuk dengan kesehariannya pun tak kalah saing untuk menikmati beragam minuman kekinian ini. Selain karena rasanya yang nikmat dan bikin ketagihan setelah mencobanya, minuman dengan kandungan kafein juga mampu merileksan pikiran. Sehingga tak heran jika banyak orang yang menikmatinya dikala sedang dilanda tekanan berlebih pada tugas dan deadline.

Akan tetapi Dears, kamu juga harus tahu nih jika keseringan mengonsumsi minuman yang satu ini. Pasalnya dibalik rasanya yang enak dan bikin orang ketagihan, ada bahaya yang secara perlahan mengancam kesehatanmu loh. Nah kira-kira sudah tahu apa belum Dears, bahaya apa saja yang ditimbulkan dari minuman kekinian ini.

1. Kadar gula tinggi memicu diabetes

Pict by Pinterest

Siapa sih yang masih belum tahu dengan penyakit yang satu ini. Penyakit yang digolongkan menjadi penyebab kematian ini banyak faktor penyebabnya. Sayangnya, masyarakat masih kurang menyadari jika kebiasaannya sehari-hari menjadi investasi untuk memperparah penyakit diabetes ini. Salah satunya dari mengonsumsi minuman kekinian yang belakangan banyak diminati anak muda.

Tambahan gula cair atau brown sugar yang dijadikan pemanis dari beragam minuman kekinian inilah penyebabnya. Kandungan gula yang terkandung dalam satu cup minuman tersebut bahkan lebih tinggi dari minuman soda yang banyak dihindari karena dapat memicu penyakit diabetes. Namun, karena ingin mengikuti tren bahkan kesehatan tidak lagi diperhatikan, yang penting bisa foto di café dengan minuman kekinian tersebut.

2. Cairan tubuh yang tidak terpenuhi

Pict by Tribun Palu

Bubble tea, thai tea dan minuman kekinian lainnya memang tergolong dalam minuman yang mampu menjadi pelepas dahaga, ditambah kesegarannya ketika diminum dalam kondisi dingin. Nyatanya, tidak semua yang berupa minuman mampu mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh, salah satunya minuman jenis ini. Akibat kandungan gula dan kalori berlebih yang dikandungnya menyebabkan kebutuhan cairan dalam tubuh masih kurang. Tentu saja, terdapat organ yang dirugikan akibat kekurangan cairan ini yaitu ginjal. Sehingga ginjal tidak berjalan sesuai fungsinya dan memicu penyakit gagal ginjal.

3. Kalori tinggi asal mula obesitas

Pict by Pinterest

Tak hanya kadar gula yang tinggi, jumlah kalori yang masuk ke tubuh akibat sering mengonsumsi minuman kekinian juga akan meningkat. Kalori yang berlebih namun tubuh hanya mampu mengolahnya menjadi energi hanya sedikit sesuai kebutuhan maka sisanya akan menumpuk dalam bentuk lemak. Dan jadilah kegemukan alias obesitas. So, jangan menganggap remeh hanya minum saja bisa menyebabkan obsesitas, jika kandungan kalori dalam minuman tersebut sangat tinggi.

4. Ikut tren yang membahayakan lambung

Pict by Pinterest

Nah, niatnya untuk mengikuti tren dan kekinian justru membuat tubuh repot sendiri. Kandungan kafein di beberapa minuman harus diwaspadai jika memiliki riwayat gangguan lambung atau sakit maag. Pasalnya karena ingin mengikuti teman yang bisa foto dengan minuman kopi merk tertentu rela membuat lambung bermasalah akibat kandungan kafein yang tinggi. Jangan sampai untuk memenuhi feed media sosial agar kece dengan mencoba minuman kekinian di café, setelah di rumah gantian minum obat maag karena kambuh ya, Dears. Anak millennial yang nggak banget deh.

5. Timbul jerawat akibat intoleran dengan susu

Pict by Hello sehat

Minuman kekinian yang banyak digandrungi anak muda ini juga ternyata memiliki efek yang merugikan di wajah bagi orang-orang tertentu. Yap! pemicunya juga beragam, ada yang karena tubuh intoleran terhadap susu jenis tertentu. Namun ada juga yang pengaruh dari susunya sendiri yang mengandung zat pro-inflamasi penyebab jerawat serta perangsang produksi kelenjar minyak di wajah yang mudah untuk menimbulkan jerawat. Mungkin awalnya mengira jika jerawat biasa pengaruh hormon stres atau mendekati masa datang bulan, namun jika sebelumnya sempat jajan minuman yang ada campuran susunya patut diwaspadai. Karena pemicu jerawat sebenarnya dari minuman yang mengandung susu tersebut.

Itu dia Dears, efek yang sedikit merugikan tubuh jika keseringan minum minuman yang masih nge-hits dan menjadi incaran anak muda sekarang. Sebagai pembeli, alangkah lebih baik jika selektif dan memperhatikan kesehatan juga. Tidak asal membeli dalam jumlah banyak dan terus-menerus hanya karena ingin terlihat keren bisa mengikuti makanan atau minuman yang sedang tren.

 

Featured image: Photo on Kompas.com
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *