Mengganggu Tumbuh Kembang Anak, 5 Tanda Toxic Parents Ini Perlu Kamu Ketahui, Dears

Dears, menjadi orangtua bukan hal yang mudah karena diharuskan untuk dapat mendidik sang buah hati. Namun, kebanyakan dari orangtua tidak sadar akan hal tersebut, bahkan lebih cenderung menjadi orangtua yang toxic dan memaksakan kehendak pada sang anak, padahal anak pun berhak untuk memilih apa yang ingin mereka lakukan.

Hal tersebut jangan disepelekan ya Dears, kamu perlu tahu hal apa saja sih yang dapat menandakan jika kamu toxic parents. Simak yuk penjelasannya berikut ini!

1. Memberi Banyak Kritikan pada Sang Anak

Pict. by nakita.grid.id

Kritikan pada dasarnya baik untuk membangun mental anak, namun terlalu banyak kritikan juga tidak baik karena dapat membuat mental anak jatuh. Sebagai orangtua tentu kita tidak boleh egois dan harus memperhatikan keadaan psikologis anak.

Ada baiknya jika kita sesekali melihat dari susut pandang anak, agar kita dapat merasakan perasaannya serta yang terpenting adalah jangan selalu memaksakan kehendak pada anak.

2. Anak Menjadi Bahan Lelucon di Hadapan Banyak Orang

Pict by. Fimela.com

Dears, terkadang mungkin kamu tidak menyadari bahwa kamu menjadikan anak sebagai bahan lelucon di hadapan orang banyak. Mulai sekarang hentikan hal tersebut, karena tindakan tersebut termasuk bullying dan dapat menjatuhkan mental anak seketika.

Mungkin kamu hanya bermaksud ingin bercanda, namun bisa jadi dari sudut pandang sang anak hal ini tidak sesepele itu. Jadi, ada baiknya jika segala hal yang ingin dilakukan agar dipertimbangkan terlebih dahulu karena hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap mental anak.

3. Kamu Terus Membuat Anak Memendam Emosi

Pict by. kumparan.com

Nah, ada juga orangtua yang yang secara tidak langsung membuat anak selalu memendam emosinya. Padahal hal ini sama sekali tidak baik untuk tumbuh kembang anak, karena pada dasarnya emosi seharusnya diluapkan bukan disembunyikan meskipun harus tetap dalam hal yang positif ya, Dears.

Jika kamu termasuk tipe orangtua yang seperti ini, jelas sekali menandakan jika kamu toxic parents. Segera perbaiki, dan jangan sampai diteruskan ya, Dears.

4. Mendahulukan Kepentingan Pribadi daripada Kepentingan Anak

Pict by Haibunda.com

Mempunyai buah hati seharusnya membuat kamu mengesampingkan segala kepentingan pribadi dan lebih mendahulukan kepentingan buah hati. Namun jika kamu ternyata tetap mementingkan kepentingan pribadi, jelas hal ini menandakan jika kamu toxic parents.  

5. Membuat Anak Merasa Bersalah dan Menakut-nakuti Tidak Diberi Uang Jajan

 

Pict by. cosmopolitanfm.com

Membuat takut anak memang terkadang merupakan salah satu cara jitu agar anak menuruti apa yang kamu katakan atau perintahkan. Namun hal ini tidak baik untuk mental serta tumbuh kembangnya. Anak akan terhambat tumbuh kembangnya jika kamu menanamkan rasa bersalah pada anak secara berlebihan.

Mengancam tidak diberi uang jajan mungkin akan berhasil membuat anak menuruti perkataanmu, akan tetapi sikap diktatormu nantinya akan membuat anak menjadi tidak dapat bersikap demokrasi dan diplomasi untuk ke depannya.

Bagaimana, Dears? Apakah kamu merasa telah melakukan hal yang sama seperti penjelasan di atas, jika iya maka mulai sekarang segera hentikan ya. Jadilah orangtua yang bijak serta terus belajar dengan banyak membaca tentang parenting. Semoga bermanfaat.

 

*Artikel merupakan kiriman dari kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *