Tips Menemukan Passion, Gairah dalam Melakukan Sesuatu

Sebenarnya apa, sih, passion itu?  Passion adalah sesuatu perbuatan atau pekerjaan yang kita lakukan dengan suka hati, tanpa beban, tanpa merasa lelah dan tidak mengenal waktu. Passion berbeda dengan hobi. Menurut Hasanudin Abdurakhman, gairah kita dalam melakukan sesuatu, itulah yang disebut passion.

Passion di dalam Islam tidak hanya berbicara tentang kesenangan, kebahagiaan atau ketercapaian, tetapi lebih bermakna, yaitu semua yang kita kerjakan mempunyai hakikat dan manfaat bagi sekitarnya.

Sebagian orang menyarankan untuk memilih karier sesuai dengan passion-nya. Namun masalahnya, tidak semua orang tahu apa passion mereka. Menemukan passion memerlukan waktu dan kesungguhan.  Kegiatan apa yang membuat hati kita bahagia dan terus ingin melakukannya tanpa henti, apakah itu melukis, menari, menyanyi, menjahit, komputer, bisnis, menulis dan sebagainya.

Dears, bagaimana cara menemukan passion kita? Beberapa cara di bawah ini semoga dapat membantumu, ya!

Mengenal Diri Sendiri

Kenalilah dirimu sebelum mengenal orang lain. Mengenal diri sendiri adalah permulaan dari semua kemenangan hidup.  Kita sendiri yang mengetahui apa yang membuat kita bahagia, apa kelebihan, dan apa kekurangan kita.

Buatlah daftar apa yang sedang kita lakukan sekarang dan apa yang ingin dilakukan di masa depan. Cermati daftar tersebut dan tanyakan kepada diri sendiri kegiatan apa yang membuat kita bahagia. Perdalam dan pelajari aktivitas yang kita sukai dengan penuh semangat, lambat laun kita pun akan mengetahui dengan sendirinya ke mana passion kita sebenarnya.

Menggali Kemampuan Diri

Sebaik baik manusia adalah yang bermanfaat untuk orang lain. Sebaik-baik passion adalah yang tidak sia-sia, bermanfaat, serta bernilai ibadah.  Alangkah bahagianya jika seseorang bekerja dalam passion-nya, ia akan menikmati apa yang disukainya.

Namun jangan berkecil hati sekiranya pekerjaan yang kita lakukan sekarang belum sesuai dengan keinginan. Terus mencari dan menggali apa kelebihan kita, jangan menutup diri, bukalah wawasan untuk selalu mencoba hal-hal yang baru.

Warren Berger yang terkenal dengan bukunya “A More Beautiful Question” menghimpun beberapa pertanyaan yang banyak digunakan oleh orang-orang sukses dalam usaha menemukan passion mereka:

  • Apa yang membuatmu selalu merasa terdorong?
  • Hal apa yang kamu yakini bisa kamu lakukan dengan baik, tapi orang-orang disekitarmu tidak mempercayaimu?
  • Dalam hal apa kamu merasa paling bisa bersinar?
  • Apa yang paling kamu nikmati semasa kecil?
  • Hal apa yang paling ingin kamu coba untuk lakukan sekarang?
  • Pencapaian apa yang ingin kamu ceritakan pada orang-orang 20-30 tahun dari sekarang?
  • Apa tujuan hidupmu?

Cukup jelas, bukan? Terkadang menemukan passion memang butuh waktu dan harus melalui banyak jalan berliku. Ayo, semangat temukan passion-mu sekarang, Dears.  Kenali diri sendiri dan kelebihanmu untuk menjadi manusia yang luar biasa bermanfaat bagi sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *