Mengenal Ombrophobia, Rasa Takut Berlebihan terhadap Hujan

Hujan merupakan salah satu gejala alam yang paling sering terjadi. Di Indonesia sendiri, hujan termasuk dalam satu musim yang biasanya terjadi selama bulan Oktober hingga Maret atau bisa juga maju bahkan mundur. Terlihat seperti gejala alam yang biasa, nyatanya ada orang yang takut berlebihan terhadap hujan. Perasaan demikian disebut ombrophobia. Tak banyak orang yang mengenal ombrophobia ini karena tergolong phobia yang aneh dan tidak biasa.

Ketakutan terhadap hujan ini sering dianggap bukan masalah serius karena sanga langka. Umumnya orang bersikap biasa terhadap hujan dan bahkan bisa sangat menikmatinya. Sikap biasa itu nyatanya sangat sulit dilakukan bagi seorang yang menderita ombrophobia. Inilah poin-poin penting yang perlu dipahami dalam mengenal ombrophobia.

Penyebab Ombrophobia

Ombrophobia atau rasa takut terhadap hujan bisa disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya adalah terlalu sering melihat berita bencana alam hingga muncul kekhawatiran setelahnya. Ombrophobia juga bisa disebabkan oleh traumatis. Seseorang yang pernah mengalami kejadian buruk di masa lalu yang berhubungan dengan hujan bisa menyimpan rasa takut sampai bertahun-tahun kemudian. Peristiwa buruk itu bisa berupa bencana alam yang dialami langsung atau kehilangan seseorang saat terjadi hujan lebat.

Gejala Ombrophobia

Mengenal ombrophobia bisa dilihat dari gejalanya. Orang yang mengalami ombrophobia biasanya akan terlihat panik ketika muncul tanda akan turun hujan, seperti awan gelap, petir dan angin kencang. Pada anak kecil, gejala yang terlihat bisa berupa tatapan ke arah langit yang lebih sering, bertanya terus menerus tentang hujan dan penolakan jika diajak keluar rumah saat hujan.

Gejala ombrophobia pada orang dewasa lebih bisa dikendalikan meski di beberapa kasus seringkali lebih mengkhawatirkan. Orang dewasa yang mengalami phobia ini bisa menunjukkan sikap dan raut wajah yang santai namun rasa cemasnya sangat tinggi. Orang tersebut juga bisa memperlihatkan tubuh yang gemetar bahkan sampai ingin melarikan diri dan bersembunyi ketika hujan turun.

Cara Mengatasi Ombrophobia

Masalah ketakutan berlebih terhadap hujan bisa diatasi dengan beberapa cara. Untuk gangguan dalam tingkat yang ringan, seorang yang menderita ombrophobia harus mendapatkan dukungan dari orang sekitarnya. Orang di sekelilingnya seharusnya mengenal ombrophobia dengan baik sehingga tidak mengucilkan penderitanya. Dengan dukungan ini, seorang yang phobia terhadap hujan bisa memulai melawan rasa takutnya.

Untuk gangguan yang lebih berat dan sulit dikendalikan, seorang yang takut terhadap hujan sebaiknya menemui dokter yang ahli di bidangnya. Dalam proses penyembuhan phobia ini pasti membutuhkan waktu dan proses yang panjang. Maka sebaiknya penderita ombrophobia bersedia untuk bersabar dan orang-orang terdekatnya harus selalu menunjukkan dukungan.

Meski terlihat sepele, nyatanya ada orang yang mengalami rasa cemas terhadap hujan. Bahkan peristiwa alam lain yang menyertainya seperti petir dan angin kencang juga bisa menjadi sumber ketakutan. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengenal ombrophobia secara mendalam agar bisa dilakukan langkah penyembuhan yang tepat.

 

Featured image: Photo on Pexels.com
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *