Mengejutkan, Kamu Pasti Tidak Tahu Makna Lain dari 6 Kata Ini, Dears!

Dears, bagi yang suka menulis pasti akrab dengan berbagai macam kosakata, baik yang baku maupun tidak. Sebagai pedomannya, ada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Hal ini menjadikan kita lebih mengenal bahasa ibu.

Di dalam KBBI, kata yang biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari, ternyata ada yang memiliki lebih dari satu arti. Arti kata yang tidak populer itu justru di luar dugaan kita. Penasaran? Simak, yuk!

1. Jinjit

Arti jinjit yang kita ketahui selama ini adalah jengket atau berjalan dengan ujung kaki. Ternyata masih ada arti lainnya yakni: tarik; jewer. Sepertinya seru, ya, kalau dipakai dalam kalimat. Misalnya, “Ayo, jinjit karetnya!”. Unik, kan?

2. Culas

Curang; tidak jujur; tidak lurus hati, adalah pengertian culas menurut KBBI yang sering digunakan dalam kalimat. Arti lainnya yaitu malas sekali; tidak tangkas; lamban. Contoh kalimatnya akan menjadi “Ayo, kerja yang rajin! Jangan culas!”. Wah, bisa menimbulkan salah persepsi ya, Dears?

3. Gelas

Tahukah kamu? arti lain dari gelas adalah bekal atau persediaan menghadapi waktu susah. Sementara yang kita tahu gelas adalah tempat untuk minum atau juga berarti kaca. Pengertian yang tidak disangka-sangka, bukan?

4. Intip

Kata intip sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Pengertiannya adalah melihat dengan cara sembunyi. Arti lainnya adalah bagian yang keras dan gosong yang melekat pada dasar periuk; kerak (nasi dan sebagainya). Ada yang suka intip nasi? Hehe.

5. Kolang-kaling

Umumnya, orang mengetahui bahwa kolang-kaling adalah buah enau yg sudah dikupas. Membacanya saja sudah membuat kita membayangkan minuman yang segar. Namun, ternyata kolang-kaling juga berarti pulang pergi, ulang alik; (bergerak) naik turun. Mungkin sesekali kita bisa mengganti istilah ‘pesawat ulang alik’ dengan ‘pesawat kolang-kaling’ agar lebih unik.

6. Langsing

Kata yang satu ini akrab dengan keseharian kita. Apalagi, untuk kaum perempuan yang umumnya mendambakan langsing atau ramping sebagai body goal-nya. Arti lainnya ternyata adalah bunyi mendengung, nyaring. Jadi, tidak hanya tubuh yang langsing, suara pun bisa langsing juga.

Dears, sudah tahu, kan, sekarang arti lain dari keenam kata itu? Bisa digunakan sebagai pengganti jika kita ingin memperkenalkan kosakata baru. Namun, pengertiannya perlu diperjelas lagi sehingga orang-orang tidak gagal paham. Yuk, cari lagi kata-kata unik lainnya di KBBI, Dears!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *