Melirik Profesi Content Writer Untuk di Tekuni? 5 Skill ini Wajib Kamu Punya!

Seiring berkembangnya zaman, banyak profesi yang mulai bermunculan. Kerja tak hanya monoton, harus di kantor, duduk manis di belakang meja, dan terpancang waktu dari nine to five. Banyak, lo profesi lain yang juga tak kalah menjanjikan, tapi memiliki waktu yang lebih fleksibel. Salah satunya adalah menjadi content writer.

Profesi ini bisa dikerjakan dimana saja dan kapan saja. Tanpa harus pergi pulang ke kantor, fulus bisa masuk ke rekening, Dears. Ingin mulai menekuni profesi yang satu ini? Ada beberapa hal yang wajib kamu pelajari dan kamu miliki.

Format Penulisan

Kenali jenis-jenis format penulisan. Setiap media memiliki kriteria format penulisan yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan bahasa formal atau bahasa yang agak santai. Ikuti update kata-kata kekinian, pelajari kata yang sesuai PUEBI, atau bahasa slang yang sedang tren di masyarakat. Format penulisan adalah kunci terpenting, tulisanmu menjadi menarik untuk dibaca, Dears.

Kemampuan Riset

Sumber: pixabay.com

Untuk bisa menghasilkan sebuah tulisan yang bermutu, wajib melakukan riset. Tujuannya agar tulisanmu bisa dipertanggungjawabkan, dan informasinya valid. Seorang content writer, harus memiliki kemampuan riset yang baik. Ini dikarenakan tulisanmu dituntut untuk tetap objektif dan mampu menghadirkan sebuah informasi penting.

Haram Copy Paste

Sumber: pixabay.com

Seorang content writer haram melakukan copy paste. Kredibilitas adalah faktor terpenting dari profesi ini. Semua karyamu harus memiliki unsur originalitas. Tulisan harus berasal dari olah pikirmu sendiri, ya. Plagiasi merupakan sebuah pelanggaran berat dan pasti bakal ketahuan.

Miliki Karakteristik

Setiap penulis memiliki ciri khasnya sendiri dalam menghasilkan karya. Bila sudah terbiasa menulis, kamu akan menemukan gayamu sendiri, Dears. Terus eksplorasi kemampuanmu, agar bisa menemukan “jalan” dan format yang sesuai dengan karaktermu. Ciri khas ini bisa jadi menjadi daya tarik bagi pembaca untuk selalu setia membaca karyamu.

Punya Ide Kreatif

Pict by. hipwee.com

Content writer dituntut mampu menemukan ide kreatif yang tidak dimiliki semua orang, harus mampu berpikir out of the box. Membuat sebuah konten tulisan yang menarik bukan hal yang mudah, butuh kreativitas untuk menemukan ide tulisan, menyusunnya menjadi sebuah artikel, dan menyajikannya sehingga readable.

Siapapun bisa menjadi penulis konten, tak perlu merasa berkecil hati bila belum mampu. Untuk bisa menulis kamu hanya harus membaca, membaca, membaca, dan tulis. Menjadi mahir selalu ada proses yang harus dilalui. Jangan berhenti untuk belajar dan berproses untuk menjadi lebih baik, ya, Dears. Semoga secepatnya, dirimu terdaftar menjadi salah satu content writer yang diperhitungkan.

 

Featured image: Photo by startup stock on Pexels
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *