Matcha, Tampilan Baru Teh Hijau Kekinian yang Lagi Ngehits

Dears, kamu pasti sudah tak asing lagi dengan teh, sejenis daun yang dikeringkan. Terkadang daun teh dikombinasikan dengan putik dan kuntum melati, atau dicampur vanilla untuk memberikan aroma yang berbeda. Daun ini diseduh dengan air panas, kalau mau manis bisa ditambahkan gula atau madu. Siap disajikan dan dinikmati.

Bagaimana dengan Matcha? Matcha adalah teh hijau yang secara tradisional dihaluskan dengan menggunakan batu sehingga benar-benar halus, dan hanya ada di Jepang. Matcha ini digunakan dalam upacara minum teh tradisional Jepang yang terkenal itu. Karena berbentuk tepung, berarti daun teh ini dikonsumsi secara keseluruhan, tidak ada yang terbuang, dan hal ini membuat matcha jauh lebih nikmat dan lebih berkhasiat dari teh daun biasa.

Untuk menghasilkan matcha dengan warna hijau cerah, diperlukan perlakuan tertentu. Biasanya sekitar dua minggu sebelum panen, pohon-pohon teh ini diselubung dengan atap, sehingga terlindung dari cahaya langsung matahari. Hal ini menyebabkan daun teh menjadi lebih lembut, lebih terasa manis, dan warna lebih cerah. Kemudian daun-daun ini dipanen. Setelah dipanen, daun-daun harus segera disetim, lalu dimasukkan ke proses pengeringan. Proses berikutnya adalah menyeleksi dan membuang ranting-ranting halus dan cabang-cabangnya atau bagian-bagian yang tidak diperlukan. Daun teh yang sudah diseleksi kemudian dihalauskan menjadi tepung.

Selain dinikmati oleh para kalangan elit Jepang yang dikenal dengan acara minum teh, matcha juga menjadi minuman pada masa Zen, untuk meningkatkan konsentrasi mereka saat melakukan meditasi. Sejak saat itu, banyak penelitian yang dilakukan tentang khasiat teh ini.

Hasil penelitian para ahli yang melakukan riset terhadap kandungan nutrisi dan efek matcha terhadap kesehatan adalah:

Memberikan Ketenangan dan Fokus

Dears, matcha memang digunakan sejak zaman dulu untuk meningkatkan konsentrasi pikiran saat meditasi. Kandungan L-theanine pada matcha berfungsi mangatur kerja otak untuk fokus dan siaga.

Berfungsi sebagai Detox

Zat hijau atau klorofil yang terkandung di daun teh ini terbukti membantu mengeluarkan logam metal, racun, dan bahan kimia dari dalam tubuh.

Proteksi Sel dari Kerusakan

Kandungan antioksidan dalam daun ini dapat membantu memproteksi sel dari kerusakan, sehingga dikatakan teh ini bisa membuat awet muda.

Melawan Kanker

Poliphenol yang terdapat di dalam matcha bisa membantu tubuh dalam melawan kanker, dan menyingkirkan radikal bebas.

Menyehatkan Jantung

Matcha menurunkan tekanan darah karena mengandung catechin, dan juga dapat menurunkan kadar kolesterol.

Tidak heran jika para penggemar matcha mengkreasikan berbagai minuman dan makanan dengan menambahkan matcha. Tidak hanya menyehatkan, kreasi ini juga membuatnya lebih segar dan endezz, seperti matcha cookie, matcha mochi, matcha waffle, matcha es krim, dan masih banyak lagi jenis yang menggunakan matcha. Yang paling dikenal adalah Matcha Latte (atau Matcha Espresso)

Dears, ternyata membuat Matcha Latte sangat mudah, lho. Jenis minuman ini dapat dijadikan suguhan yang tepat saat kumpul dengan teman, tetangga, atau saudara dekat. Kamu tak perlu lagi repot-repot pergi dan mengantri ke coffee shop atau coffee house. Jadi barista di rumah sendiri dijamin lebih asik, hasilnya pun tak kalah nikmatnya dibandingkan dengan Matcha Latte di mana pun. Homemade selalu favorable.

Bahan-bahan yang harus kamu sediakan untuk membuat Matcha Latte adalah:

1 sendok teh bubuk matcha green tea

2 sendok teh (atau sesuai selera) gula.

3 sendok makan air hangat

250-300ml susu segar

Cara membuat:

  • Ambil satu sendok teh bubuk matcha, masukkan ke dalam cangkir.
  • Tambahkan sekitar 2 sendok teh air hangat, aduk hingga matcha larut semua, dan tidak ada lagi gumpalan kecil.
  • Panaskan susu dan gula, sambil dibuat busa. Busa bisa dibuat dengan menggunakan mixer tangan, atau pembuat busa cappuccino, atau pengocok telur biasa. Bisa juga mengocoknya dalam wadah tertutup, tapi hati-hati ya.
  • Tuangkan susu ke dalam cangkir yang berisi matcha tadi, sambil dikreasi menjadi sebuah bentukan hati, matahari, atau apa saja yang disuka.
  • Bisa juga ditaburkan bubuk matcha di atasnya.

Nah, cukup mudah, bukan? Selain untuk matcha latte, bubuk matcha juga bisa untuk bahan smoothie atau milkshake dengan mencampurkan setengah sendok teh matcha dengan bahan-bahan lainnya. Selamat mencoba dan menikmatinya, ya, Dears

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *