Masih Muda Sudah Ubanan? Kebiasaan Ini Harus Kamu Hindari Secepatnya, Dears

Uban atau rambut memutih umumnya dikaitkan dengan orang yang sudah berumur karena faktor usia yang mempengaruhi penurunan pigmen pemberi warna pada rambut. Akan tetapi, bagaimana jadinya jika masih muda sudah beruban dan cenderung banyak, apakah bisa disebut kelainan?

Uban merupakan suatu kondisi dimana rambut seseorang berwarna putih yang disebabkan oleh faktor penuaan yang mempengaruhi produksi pigmen pemberi warna pada rambut. Di usia lanjut, produksi pigmen ini mengalami penurunan sehingga tak heran rambut yang seharusnya tumbuh berwarna hitam berganti menjadi putih. Kemunculan uban ini nyatanya tidak selalu terjadi pada usia lanjut saja, di usia muda sekalipun bisa tumbuh uban pada beberapa orang loh. Penyebabnya pun berbeda-beda.

Uban bisa terjadi karena faktor genetik atau keturunan, bisa juga dari makanan yang dikonsumsi. Untuk faktor genetik memang tidak bisa dicegah karena membawa gen dari orang tuanya yang dapat menjadikan rambut seseorang beruban meski masih muda. Namun, berbeda halnya dengan faktor dari luar yang disebabkan dari makanan. Pemicu timbulnya uban di usia muda ini bisa dicegah agar tidak berlanjut terus menerus. Nah untuk itu, kali ini akan dibahas mengenai makanan apa saja yang mempercepat timbulnya uban.

1. Makanan manis dengan gula berlebih

Image by Pinterest

Makanan manis tak hanya memicu peningkatan gula berlebih di dalam darah yang menjadi penyebab penyakit diabetes mellitus. Melainkan juga menjadi pemicu tumbuhnya uban di usia muda loh, Dears. Pasalnya kandungan gula berlebih dalam tubuh juga menurunkan kandungan vitamin E yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut. Akibatnya partumbuhan rambut akan terganggu dan berpotensi tumbuhnya uban meski belum usia lanjut.

2. Gorengan

Image by Pinterest

Gorengan kerap kali dijadikan kambing hitam timbulnya jerawat di usia remaja dan dewasa terutama di bagian wajah. Karena kandungan minyak berlebih di dalamnya yang memicu peningkatan sebum pada kulit wajah yang menjadi penyebab timbulnya jerawat. Selain itu, gorengan juga dapat mempercepat uban di rambut, Dears. Hal itu disebabkan kelembaban alami pada tubuh yang berkurang berdampak pada nutrisi untuk pertumbuhan rambut. Sehingga rambut yang tumbuh tidak sehat dan muncul uban meski tidak di usia lanjut.

3. Makanan asin dengan kandungan natrium tinggi

Image by Pinterest

Makanan asin selain memicu penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi, juga salah satu faktor munculnya uban terutama di usia muda. Tingginya kadar garam di dalam tubuh mengakibatkan keseimbangan cairan dalam tubuh tergangu dan mengalami dehidrasi. Nah karena dehidrasi inilah kelembaban tubuh berkurang seperti dampak dari mengonsumsi gorengan yang pada akhirnya mempercepat tumbuhnya uban di rambut.

4. Daging merah

Image by Pinterest

Makanan kaya protein ini sangat penting dan dibutuhkan tubuh, karena protein salah satu makronutrien yang penting bagi tubuh. Namun meski protein diperlukan dalam tubuh, mengonsumsinya juga harus dalam batas wajar ya, Dears. Seperti halnya daging merah yang tinggi akan protein ini, jika dikonsumsi berlebihan justru tubuh tidak mampu mencernanya secara maksimal dan diubah menjadi zat asam yang menghambat nutrisi pada rambut. Pada akhirnya pertumbuhan rambut terganggu dan memicu tumbuhnya uban.

5. Kafein

Image by Pinterest

Bagi sebagian orang, kopi atau minuman berkafein menjadi minuman wajib setiap harinya. Hal itu dipercaya jika mengonsumsi minuman berkafein akan membangkitkan semangat dan bisa beraktivitas setiap harinya dengan maksimal. Tentu saja dalam mengonsumsinya harus diperhatikan. Minuman berkafein dipercaya mampu memicu tumbuhnya uban lebih cepat dibanding mereka yang tidak mengonsumsi minuman jenis ini. Kandungan magnesium dalam tubuh yang memberi warna pada rambut akan terkikis perlahan akibat minuman berkafein dan mempercepat tumbuhnya uban pada rambut.

Makanan yang biasa dimakan pun tak hanya memberi rasa kenyang di perut ya, Dears. Makanan yang sehat diimbangi dengan jumlah secukupnya tentu tidak akan menimbulkan masalah tumbuhnya uban di usia muda yang ternyata bisa diakibatkan dari makanan. So, mulai sekarang lebih baik kurangi asupan makanan di atas agar uban tidak tumbuh semakin cepat Dears, karena kamu masih muda, lho.

 

Featured image: Photo onĀ Popbela.com
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *