Manis Tapi Rendah Gula, Minuman Ini Cocok sebagai Menu Buka Puasa

“Berbukalah dengan yang manis!”

Begitulah kiranya tagline sebuah iklan minuman edisi bulan Ramadan. Kata-kata tersebut begitu fenomenal, bahkan banyak yang mengira itu adalah sebuah hadis.

Jangan salah ya, Dears. Ternyata dalam hadis disebutkan, Rasulullah menganjurkan untuk berbuka dengan kurma muda, kalau tidak ada maka dengan kurma tua, kalau tidak ada maka dengan air putih. Kandungan dalam kurma memang mampu mengembalikan tenaga. Selain itu, kurma adalah buah yang memiliki berkah. Namun banyak yang salah sangka, menyamakan kurma dengan gula karena rasanya yang sama-sama manis. Padahal, jelas berbeda.

Mengonsumsi minuman manis memang diperbolehkan, karena kandungan gula diperlukan untuk mengembalikan tenaga. Apalagi saat berpuasa. Namun ingat ya, tetap ada batasnya. Biasanya kita suka kalap ketika berbuka, minum manis bergelas-gelas banyaknya. Apalagi minuman instan yang mengandung banyak pemanis buatan.

Nah, Dears, jangan sampai kita mengonsumsi gula berlebihan karena bisa memicu berbagai penyakit. Berikut ini adalah minuman manis namun tetap rendah gula yang cocok dijadikan menu berbuka puasa bagi keluarga. Apa saja, ya?

1. Kelapa Muda

Siapa yang tidak mengenal manfaat air kelapa muda? Selain rasanya yang menyegarkan, juga mengandung elektrolit yang mampu menggantikan ion-ion tubuh yang hilang, terlebih ketika berpuasa.

Rasanya yang segar dan sudah enak tanpa tambahan apa pun, membuat air kelapa muda sangat cocok dijadikan menu berbuka yang rendah gula. Apalagi ditambah nikmatnya daging kelapa yang empuk. Hemm… sudah terbayang ‘kan segarnya?

2. Madu Hangat

Tentunya sudah diketahui kalau madu memiliki banyak khasiat. Selain itu, karena rasanya yang manis, madu bisa menjadi alternatif pengganti gula, selama penggunaannya masih dalam taraf wajar. Jadi, madu hangat sangat cocok untuk berbuka puasa. Tak hanya manis dan berkhasiat, tetapi juga sangat lezat.

3. Smoothies

Buah dan sayur mengandung banyak vitamin untuk tubuh kita. Oleh karenanya bisa kita ubah menjadi minuman. Smoothies yang merupakan jus aneka sayur dan buah cocok dijadikan sajian berbuka. Untuk menambah rasa manis bisa kita tambahkan kurma atau madu.

4. Jeruk Hangat

Jeruk adalah salah satu buah yang mengandung vitamin C. Rasanya yang asam manis sangat menyegarkan. Untuk menambah rasa manis, bisa juga kamu tambahkan madu.

Nah, Dears, minuman menyegarkan saat berbuka memang menggoda. Tapi tetap jaga kadar gula, ya. Karena kata iklan, manisnya hidup kita yang tentukan.

Selamat menjalankan ibadah puasa. Jangan hanya berbuka dengan yang manis, tapi juga yang sayang. Karena percuma manis kalau tidak sayang. Hehe….

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *