earthing

Manfaat Earthing, Tren Sehat Terbaru yang Murah dan Mudah. Kamu Harus Coba!

earthing
Foto: wajibbaca.com

Pernahkah Estrilookers, mendengar tentang Earthing atau Grounding? Ini sedang menjadi trend kesehatan terbaru dan digandrungi banyak orang, loh.

Tren ini pertama kali ditemukan oleh Clint Obr. Seorang pensiunan pegawai industri televisi kabel di Amerika. Obr terinspirasi dari sistem perkabelan di tempat kerjanya. Setiap aliran listrik pasti harus di-grounding-kan, agar tidak mengeluarkan setrum.

Earthing atau Grounding adalah kegiatan dengan cara melakukan kontak langsung anggota tubuh dengan bumi. Sebenarnya dari dulu, sudah banyak yang mengaplikasikannya. Berjalan tanpa alas kaki, bare foot walking, bersentuhan langsung dengan tanah di pagi hari.

Bumi adalah penghasil elektron bebas yang mampu menjadi antioksidan alami bagi tubuh. Elektron bebas yang bermuatan negatif ini, mampu mengurangi dampak buruk radikal bebas di dalam tubuh. Nah, earthing bertujuan untuk menyerap energi elektron negatif ini langsung dari bumi.

Apa saja manfaat dari earthing ini, berikut beberapa faktanya.

Menetralisir Medan Elektromagnet

Setiap hari, kita selalu berhubungan dengan peralatan yang mengeluarkan medan Elektromagnet, ya, Dears. Peralatan seperti kulkas, televisi, komputer, hp bahkan sambungan Wi-Fi, adalah contohnya. Medan elektromagnet ini bisa memberikan dampak yang berbahaya, bila kita terpapar dalam frekuensi tinggi. Efek jangka panjangnya bisa menimbulkan gangguan kesehatan dan menurunnya jumlah sperma.

Sebagai Anti Aging dan Anti Inflamasi

Dengan teratur melakukan earthing, bisa mengurangi penuaan dan peradangan di dalam tubuh. Earting juga mampu meningkatkan kontrol hormonal dalam tubuh. Dikutip dari pernyataan Gaeten Chevalier, earthing atau grounding mampu meningkatkan mood dan menekan kortisol, hormon stress.

Menetralisir Radikal bebas

Radikal bebas bukan hanya berasal dari zat berbahaya seperti asap rokok saja. Saat kita menghirup oksigen, mengalirkan keseluruh pembuluh darah, 1-2% sel tubuh rusak dan berubah menjadi radikal bebas. Nah, elektron bebas bumi yang bermuatan negatif mampu menetralisirnya, Dears.

Bisa Mengencerkan Darah

Gumpalan darah yang terbentuk di dalam pembuluh arteri, bisa menyumbat aliran darah menuju ke otak dan jantung. Hal ini bisa menimbulkan stroke atau serangan jantung. Dengan rutin melakukan earthing, gumpalan darah mampu diencerkan. Sebaliknya, bagi pengkonsumsi obat pencegah pembekuan darah, earthing tidak disarankan untuk dilakukan. Jadi, disarankan sebelum melakukannya, akan lebih baik bila dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Mencegah Penyakit Kronis

Earthing juga bermanfaat mencegah penyakit kronis, lho. Seperti jantung, kanker, katarak dan gangguan ginjal. Bahkan memberi pengaruh positif untuk penderita diabetes. Tapi tetap saja, lebih baik konsultasi dulu dengan dokter.

Earthing atau grounding sebaiknya dilakukan secara teratur dan konsisten ya. Ini bertujuan agar hasil yang didapat bisa maksimal. Semakin sering tubuh menyerap elektron negatif dari bumi, semakin bagus efeknya. Radikal bebas yang merugikan tubuh akan semakin banyak dikeluarkan.

Lakukan earthing secara teratur, selama 30-60 menit setiap pagi, dengan cara menyentuh langsung rumput, tanah, kerikil atau pasir. Saat pagi, udara masih bersih dan sinar matahari masih bersahabat. Kita bisa berjalan, duduk atau merangkak, yang penting terjadi kontak langsung antara tubuh dan bumi.

Bagi Estrilookers yang mengalami gangguan susah tidur juga bisa menerapkan earthing. Menurut penelitian, kualitas tidur akan meningkat, ketika kita melakukan earthing. Selain diluar rumah, ada juga indoor earthing, dengan menggunakan matras atau earthing mat. Alat ini dirancang agar mampu mengeluarkan elektron negatif, sehingga memudahkan kita earthing kapan saja.

Nah, ternyata gampang ya untuk menjadi sehat. Jalan-jalan pagi tanpa sandal, sambil menghirup bau embun. Selain murah juga mudah. Yuk, earthing teratur setiap pagi, Dears.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *