Mandalika, Wisata Surga Dunia di Pantai Timur Indonesia

Dears, Indonesia kaya akan panorama yang indah. Selain Bali dan Lombok yang sudah mendunia, terdapat area wisata baru yang tak kalah fantastis. Melalui vlognya, Presiden Jokowi terlihat meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika (KEK) ini pada bulan Oktober 2017 silam.

Tak ayal, pembangunan kawasan yang terletak di Nusa Tenggara Barat (NTB) ini membutuhkan waktu 29 tahun, sebagai pariwisata unggulan di Lombok. Dengan pembangunannya yang membutuhkan waktu cukup lama, pasti terdapat banyak keistimewaan pada area wisata baru ini, Dears. Mau tahu apa saja?

Yuk, simak fakta menarik tentang kawasan wisata Mandalika di bawah ini!

1. Dibangun di atas lahan seluas 1034 hektar yang digarap oleh PT. Indonesia Tourism Development Corporate (ITDC), yakni BUMN yang juga menggarap kawasan wisata Nusa Dua, Bali.

2. Mandalika sendiri berasal dari nama seorang putri dari masyarakat suku Sasak, Lombok. Alkisah, putri cantik jelita ini menjadi rebutan para pemuda sehingga menimbulkan konflik di antara mereka. Guna menghindari konflik, sang putri menjatuhkan diri ke laut agar tidak terjadi perpecahan yang diakibatkan olehnya. Oleh karenanya, di kawasan ini terdapat monumen Putri Mandalika, sebagai bentuk penghormatan atas pengorbanan sang putri.

3. Memiliki lokasi yang strategis, mudah diakses, dengan banyak fasilitas yang begitu lengkap, salah satunya adalah dengan tersedianya 10.000 kamar hotel di kawasan wisata ini. Selain itu, lokasinya hanya berjarak 30 menit dari Bandara Internasional Lombok.

4. Dengan adanya KEK, diharapkan tingkat perekonomian masyarakat sekitarnya dapat meningkat

Dibukanya banyak lapangan pekerjaan, banyaknya pedagang suvenir dan oleh-oleh hasil kerajinan dari penduduk setempat, adalah beberapa hal yang diharapkan akan menaikan tingkat perekonomian daerah tersebut.

5. Kawasan wisata ini dilengkapi dengan fasilitas sirkuit balap kelas dunia, dan akan dijadikan salah satu sirkuit Moto GP. Rencananya perhelatan besar ini akan diadakan tahun 2021 setelah ditandatanganinya kontrak antara ITDC dengan pihak promotor Moto GP, Dorna. Sirkuit ini akan memiliki panjang lintasan 4,3 km lho, Dears. Wow keren ya !

6. KEK Mandalika menawarkan wisata bahari dengan pesona pantai dan bawah laut yang memukau

Hamparan pasir putih menyerupai butiran merica yang membentang di sepanjang pantai, dengan panorama area perbukitan yang indah, seakan menjadi sekeping surga di Pulau Seribu Masjid ini. Kamu bisa bayangkan bukan, bagaimana keindahannya?

Dears, itulah sekelumit fakta yang perlu kamu ketahui tentang Mandalika. Dengan segala keindahan dan banyak fasilitas yang dimiliki, tak heran jika kawasan wisata ini termasuk dalam 10 kawasan strategis pariwisata nasional yang menarik untuk kamu kunjungi. Jadi, tunggu apalagi? Catat dalam agenda wisatamu untuk menikmati surga dunia di pantai timurIndonesia ini, ya. Selamat menikmati keindahan Mandalika, Dears!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *