infused water

Malas Makan Buah Tapi Ingin Hidup Sehat? Yuk, Coba Infused Water, Dears!

Ingin mulai menjalankan gaya hidup sehat, Dears? Tapi malas makan buah, atau bahkan tidak suka buah segar? Ada alternatif lain yang lebih menyenangkan, loh.

Namanya Infused Water, yaitu air mineral atau air minum biasa, dicampur dengan potongan buah, herbal atau rempah. Jadi, ini adalah cara memberi nutrisi tambahan pada air putih biasa, agar lebih berguna untuk kesehatan. Sama seperti memberi rasa alami pada air putih ya.

Buah yang biasa digunakan adalah buah dengan rasa manis atau asam yang tinggi. Jangan memakai buah yang bertekstur lunak, seperti pepaya, durian atau pisang. Buah dengan tekstur lunak akan mudah hancur ketika direndam air untuk waktu yang lama.

Saat perendaman, terjadi pelepasan aliran senyawa metabolit dari buah ke air putih. Ini membuat rasa dan aroma buah berpindah dan larut ke dalam air putih. Vitamin juga akan ikut larut, ya, Dears.

Selain lebih enak, lebih segar, dan lebih berasa, ternyata banyak manfaat infused water ini, lho.

  1. Sebagai Detoksifikasi

Sering mengkonsumsi infused water bisa mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Buah seperti lemon, jeruk, strawberry sangat membantu detoksifikasi. Karena itu, Infused Water juga di kenal dengan Detok Water.

  1. Sebagai Antioksidan

Manfaat buah adalah bisa menangkal radikal bebas dan mampu menghambat penuaan dini. Buah adalah bahan alami untuk anti aging. Air rendaman buah,  juga memiliki fungsi yang sama.

  1. Memperlancar Pencernaan

Pada dasarnya, minum air sangat membantu memperlancar pencernaan, ya, Dears. Dan infused water merupakan air yang memiliki nilai lebih karena ditambah oleh kandungan vitamin buah. Pencernaan lancar, tubuh juga segar.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Semakin sering kita mengkonsumsi fruit infused water seperti jeruk, lemon dan nanas, kebutuhan vitamin C tubuh akan terpenuhi. Kandungan vitamin C pada buah, rempah dan herbal dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.  Ini akan membuat kita nggak gampang sakit, ya, Dears.

  1. Mengurangi Jerawat

Beberapa buah dan rempah-rempah, mempunyai kandungan zat yang bisa mencegah timbulnya peradangan pada kulit. Hal ini mampu mengurangi jerawat yang muncul pada wajah kita. Asyikkan, selain sehat bisa juga membuat muka kinclong.

  1. Obat Diet Alami

Mengonsumsi infused water, sarat akan nutrisi alami dari buah, mampu menjadi obat diet alami. Ini disebabkan, infused water mampu mengikis lemak di dalam tubuh. Sehingga tubuh kita akan mengecil secara perlahan.

Minum air putih sudah terbukti banyak khasiatnya untuk kesehatan tubuh. Namun banyak dari kita yang malas, karena rasanya hambar. Bagi yang tidak terbiasa bisa mual. Infused water merupakan solusi tepat mengatasi hal ini. Selain membuat tampilan menjadi lebih menarik, infused water juga segar.

Beberapa buah dan rempah untuk membuat infused water yang enak, antara lain.

Lemon, Strawberry, dan Mint

infused water
Foto: Pexels.com

Buah yang sering dipakai adalah lemon. Untuk mengurangi rasa pahit, kupas dulu ya lemonnya. Tambahkan beberapa daun mint yang di lumat, agar ekstraknya keluar. Masukkan ke dalam air putih/mineral, tutup rapat dan simpan di kulkas selama 12 jam. Lemon bisa diganti dengan strawberry, potong melintang. Rasa segar dan agak semriwing, bisa menggantikan minuman soda.

Semangka dan Basil

infused water
Foto: Pexels.com

Potongan semangka dan daun basil, bisa menjadi paduan yang segar. Semangka cocok untuk dijadikan Infused water kalau kita tidak punya banyak waktu. Rendam semangka dan daun basil 2-3 jam saja dan simpan di kulkas. Rasa semangka sudah menyatu dengan air. Bila terlalu lama direndam, buah semangka akan hancur. Rasa dingin dan manis, terasa segar di minum saat cuaca panas.

Apel Kayu dan Manis

infused water
Foto: Pexels.com

Rasa segar apel dipadukan rasa hangat dari kayu manis, sangat cocok diminum saat cuaca dingin. Masukkan potongan apel kedalam air dingin, agar warnanya tidak mudah berubah. Tambahkan potongan kayu manis. Tunggu hingga 12 jam, agar rasa apel larut sempurna. Minum air pada suhu normal. Walau tidak panas, tapi zat dari kayu manis akan menghangatkan tubuh.

Jeruk Nipis dan Jahe

infused water
Foto: Hipwee.com

Potong 1 buah jeruk nipis, bisa dikupas kalau pahit, campur irisan jahe. Jeruk nipis adalah salah satu buah ampuh mengobati jerawat. Ditambah jahe, yang berkhasiat mengurangi peradangan, akan membuat jerawat cepat sembuh. Konsumsi secara rutin, jerawat akan menjauh dari kita.

Jeruk Nanas

infused water
Foto: lovesweatfitness.com

Kombinasi buah jeruk dan nanas yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, mampu melarutkan lemak dan meningkatkan metabolisme tubuh. Ditambah olah raga yang tepat, agar lemak lebih cepat terbakar, membuat tubuh menjadi langsing secara alami.

Kurma

infused water
Foto: lovesweatfitness.com

Kurma, buang bijinya, potong menjadi dua. Masukkan kedalam wadah berisi air, tutup rapat dan simpan di kulkas. Buat di malam hari dan keesokan hari, kurma infused water siap diminum. Kandungan glukosa alami dari kurma bisa menggantikan energi yang terkuras untuk beraktifitas.

Usahakan pakai wadah air dari kaca dan ada penutupnya. Agar ekstraksi buah atau herbal lebih maksimal. Rendam buah dan herbal sekurangnya 12 jam, agar rasa dan nutrisi buah, terekstraksi sempurna. Habiskan infused water secepatnya, bila tidak dimasukkan ke kulkas lagi, ya, Dears.

Pengen sehat dengan enak, nggak susah ya, Estrilookers. Mengoptimalkan infused water, jadi pilihan terbaik. Selain sehat, karena minum banyak air, rasanya juga enak serta sedap dipandang. Infused water sudah pasti membuat kita lebih bugar. Dan dijamin, tidak membuat kita bosan dengan air putih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *