Makanan Tinggi Kalium Sangat Penting bagi Ibu Hamil Loh, Bumil Wajib Baca!

Dikaruniai seorang anak adalah rezeki yang patut disyukuri. Baik dalam masa mengandung maupun merawatnya ketika sudah lahir.

Kesehatan ibu hamil wajib diperhatikan ya Moms, jangan sampai melakukan aktivitas yang bisa membahayakan diri sendiri dan bayi dalam kandungan. Selain itu, kebutuhan gizi dan nutrisi bagi ibu hamil juga harus diperhatikan. Tujuannya untuk mencegah ibu dan janin mengalami masalah kesehatan hingga menyebabkan janin memiliki gangguan seperti berat badan kurang, cacat pada organ tertentu hingga mengidap penyakit bawaan sejak lahir.

So, keberadaan nutrisi ini sangat penting bagi ibu hamil ya Moms. Pemenuhan nutrisi yang wajib untuk ibu hamil di antaranya karbohidrat, protein, lemak, zat besi, asam folat serta kalsium dan kalium. Biasanya terdapat suplemen yang diberikan untuk ibu hamil dalam menunjang kebutuhan nutrisinya, umumnya suplemen yang mengandung asam folat serta zat besi. Nah untuk kalium sendiri, masih banyak yang tidak mengetahuinya Moms. Padahal kalium ini salah satu nutrisi penting bagi ibu hamil loh, berikut rekomendasi makanan tinggi kalium yang murah dan cocok untuk ibu hamil. Wajib dicoba Moms!

Pisang

Image by Pinterest

Sumber nutrisi kalium yang diperoleh dari buah terdapat pada buah pisang. Buah yang hampir semua orang menyukai ini ternyata tinggi kalium dan sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain mengandung kalium, pisang juga termasuk buah yang tinggi serat sehingga mengonsumsinya 2-5 buah sudah terasa kenyang.

Bayam

Image by Pinterest

Dari kelompok sayuran yang mengandung kalium, terdapat bayam yang bisa dijadikan pilihan. Bayam yang sudah terkenal mengandung zat besi ternyata juga memiliki kandungan kalium yang sangat disarankan dikonsumsi ibu hamil. So, tidak perlu sayur yang mahal-mahal jika sudah ada yang murah dengan kandungan nutrisi yang mencukupi.

Tomat

Image by Pinterest

Tomat bisa juga menjadi alternatif dalam memenuhi asupan kalium untuk ibu hamil. Tak hanya kalium, tomat juga mengandung zat besi, vitamin A, asam folat dan kandungan lainnya yang juga aman untuk dikonsumsi ibu hamil. Nah, untuk itu bagi yang masih enggan mengonsmsi tomat, bisa stok di rumah Moms untuk pelengkap masakan atau langsung dimakan.

Ubi dan Kentang

Image by Pinterest

Makanan sebagai sumber karbohidrat ini juga mengandung kalium yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil. masalah pencernaan yang kerap terjadi pada beberapa ibu hamil mengakibatkan jumlah kalori yang masuk cenderung berkurang. Untuk itu ubi dan kentang bisa menjadi alternatif lain ketika terasa mual dan muntah saat makan nasi. Serta kandungan kaliumnya juga bermanfaat untuk kesehatan bumil dan janinya.

Kombinasi buah, yoghurt dan madu

Image by Pinterest

Selain pisang, buah segar lainnya juga dapat dikonsumsi bersama dengan yoghurt dan madu. Camilan sehat dengan campuran yoghurt mampu mencukupi kebutuhan kalium dan kalsium bagi ibu hamil. Manfaat lainnya seperti mengurangi terjadinya sembelit dan resiko komplikasi selama kehamilan karena kandungan probiotik dalam yoghurt. Sedangkan campuran madu mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Namun perlu diingat, tidak disarankan terlalu banyak dalam mengonsumsinya untuk menghindari diabetes gestasional atau diabetes pada ibu hamil.

Nah itulah Moms rekomendasi makanan atau camilan sehat kaya kalium yang baik untuk ibu hamil. Asupan kalium bagi bumil sangat penting loh, karena jika kekurangan kalium dapat menyebabkan letih, lesu kesemutan hingga otot kram, sembelit bahkan menyebabkan edema atau pembengkakan. So, tetap jaga kesehatan ya Moms agar bisa lahiran dengan kondisi normal dan bayinya sehat.

 

Featured image: Photo by Leah Kelley on Pexels
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *