merencanakan kehamilan

Lima Hal Penting yang Sebaiknya Dilakukan Dalam Merencakan Kehamilan, Pastikan Tidak Ada yang Kamu Lewatkan, Dears

Setelah menikah tentunya setiap pasangan mengidamkan momongan. Begitu pula pasangan yang sudah dikaruniai momongan, terkadang ingin menambah jumlah anak lagi. Namun, yang sering kali terlupakan adalah perencanaan sebelum kehamilan. Ada baiknya kehamilan itu terencana dengan baik, agar semua sudah dipersiapkan dengan maksimal sehingga dapat meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan.

Yuk, simak lima hal penting yang sebaiknya dilakukan dalam merencanakan kehamilan!

1. Cek Kesehatan

merencanakan kehamilan
Foto: Pexels.com

Hal terpenting sebelum merencanakan kehamilan adalah cek kesehatan. Pastikan kesehatan calon ayah dan ibu dalam kondisi yang baik. Rumah sakit dan laboratorium biasanya sudah memiliki paket khusus pengecekan kesehatan sebelum merencanakan kehamilan. Jika hasil pengecekan baik, proses kehamilan pun nantinya dapat dijalani dengan baik pula. Namun, bila ternyata terdeteksi ada masalah, maka pengobatan pun dapat dilakukan sedini mungkin agar bisa menjalani proses kehamilan yang baik di kemudian harinya.

2. Pola Makan Sehat

merencanakan kesehatan
Foto: Pexels.com

Jika memang sudah ada rencana ingin menjalani proses kehamilan, sebaiknya calon ayah dan ibu menjaga pola makan agar selalu sehat. Pilihlah jenis-jenis makanan yang fresh dan bergizi. Hal ini juga sangat menunjang kesehatan janin yang kelak akan dikandung. Apalagi saat ini banyak sumber virus ataupun bakteri yang dapat menyebabkan penyakit pada kehamilan yang berasal dari makanan. So, hati-hati ya!

3. Menabung

merencanakan kehamilan
Foto: Pexels.com

Menjalani proses kehamilan sejak dari awal hingga setelah melahirkan tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Walaupun biaya pengobatan di-cover BPJS atau asuransi, tetap saja banyak sekali kebutuhan yang harus dipenuhi. Ada baiknya calon orangtua sudah mempersiapkan dana dengan baik. Menabunglah sedikit demi sedikit. Tentunya sebagai orangtua, selalu ingin memberi yang terbaik untuk buah hatinya sejak dari dalam kandungan, kan? Maka dari itu, menabunglah sedini mungkin semenjak menikah, agar selalu dapat memenuhi kebutuhan anak sesuai harapan dengan baik dan maksimal.

4. Ikut BPJS/Asuransi

merencanakan kehamilan
Foto: Pexels.com

Saat ini biaya kesehatan termasuk biaya yang tidak murah. Sebaiknya setiap individu, apalagi yang sudah berkeluarga, memiliki kartu BPJS atau asuransi kesehatan. Biasanya yang bekerja sebagai pegawai sipil dan pegawai tetap di perusahaan swasta sudah otomatis terdaftar. Hal ini sangat membantu meringankan beban biaya yang harus ditanggung selama kehamilan hingga kelahiran. Terutama apalagi jika dibutuhkan penanganan khusus dengan biaya yang tinggi. BPJS dan asuransi dapat membantu menutup biayanya sehingga pasien tidak perlu mengeluarkan biaya yang fantastis.

5. Belajar

merencanakan kehamilan
Foto: Pexels.com

Kehamilan, kelahiran dan memiliki anak memang hal yang sangat indah dan membahagiakan. Namun, terus terang semua itu bukanlah hal yang mudah untuk dijalani. Perlu ilmu dan strategi tertentu agar bisa berjalan dengan baik sesuai harapan. Sebagai calon orangtua, sebaiknya selalu mempelajari setiap detil tahapan yang akan dilalui. Pelajari pula kemungkinan masalah yang dapat timbul, agar dapat mengatasinya di kemudian hari. Janganlah pernah berhenti belajar walaupun sudah menjadi orangtua. Update dan upgrade ilmu yang dimiliki, karena setiap harinya selalu ada saja perkembangan yang terjadi.

Nah, bila berencana hamil, persiapkan semuanya dengan baik, ya! Jangan sampai menyesal di kemudian hari karena ada yang belum settle. Sebelum memutuskan kehamilan, sebaiknya lima hal tadi sudah dilakukan, Dears.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *