Libur Masih Panjang! Cobain, 5 Aktivitas Seru Bersama Si Kecil agar Tak Bosan #DiRumahAja, Yuk!

Libur kenaikan kelas di depan mata, biasanya anak-anak akan merengek untuk diajak jalan-jalan keluar kota atau ke tempat wisata. Namun, dalam kondisi pandemi seperti sekarang, hal ini tidak mungkin dilakukan, ya, Dears. Kesehatan seluruh anggota keluarga adalah hal terpenting yang harus didahulukan. Selain memang situasi belum benar-benar aman, anjuran untuk physical distancing masih berlaku.

Bagi anak-anak, kondisi ini pasti akan sangat menjemukan, karena liburan identik dengan bepergian. Untuk mengobati rasa kecewa karena harus di rumah aja dan tidak bisa plesiran, ada 5 aktivitas seru yang bisa dilakukan bersama buah hati di rumah. Yuk, coba lakukan selama liburan ini.

Eksperimen Sains

Pict by. parenting.firstcry.com

Kegiatan ini selain menyenangkan, juga menambah pengetahuan sains bagi si kecil. Lakukan percobaan yang simple dengan bahan yang mudah didapat. Dapatkan referensinya di beberapa channel youtube sains. Dijamin, anak-anak bakal ketagihan dan melupakan rasa bosannya.

Memasak

Pict by. youtube.com

Sekali waktu, ajak anak untuk ikut terlibat di dapur. Berikan mereka tugas sederhana untuk ikut menyiapkan menu makan siang atau makan malam. Ajarkan cara memotong sayuran, mencuci piring, atau hanya sekadar menyiapkan meja makan. Selain membuat bonding semakin erat, anak-anak akan belajar life skill, ya, Dears.

Art dan Craft

Pict by. Child Care Aware

Ada persediaan tepung dan pewarna makanan di rumah? Manfaatkan untuk membuat tepung sintetis dengan aneka warna. Tinggal tambahkan minyak goreng, aduk rata, jadilah tepung mainan yang aman dan bisa membantu motorik halus si kecil.

Bila ada cat air, ajak buah hati mewarnai batu, stik es krim, atau jarinya. Ajarkan pula konsep warna sekunder dan primer dari percampuran beberapa warna. Pasti hal ini akan menjadi pengalaman menarik bagi si kecil.

Membuat Vlog

Image by Markus Spiske from Pixabay

Era digitalisasi, membuat hampir semua anak mengatahui apa itu youtube dan vlog. Nah, kita bisa mencoba membuat vlog sederhana bersama buah hati selama di rumah. Upload hasil rekaman ke media sosial kalian, ya, Dears. Pasti bakal menjadi pengalaman menyenangkan dan rekam jejak digital yang bisa mereka lihat saat telah dewasa.

Permainan Tradisional

Pict by. Creative Child Magazine

Libur adalah saat yang tepat mengenalkan aneka permainan tradisional kepada si kecil. Ada engklek, bermain dakon, bermain karambol, atau petak umpet di dalam rumah. Permainan tradisional menuntut adanya gerak fisik yang baik untuk si kecil, yang lebih sering bermain gadget. Selain itu, juga membantu perkembangan motorik, kemampuan bekerjasama, dan memecahkan masalah.

Dalam masa apapun, kita tetap bisa menciptakan rasa bahagia untuk buah hati, Dears. Hanya saja memang membutuhkan usaha ekstra dan menguras tenaga. Namun semua sepadan bila memberi dampak positif bagi tumbuh kembang anak-anak. Yuk, tetap di rumah aja, untuk menjaga diri dan membantu pemerintah melewati masa pandemi ini.

 

Featured image: Photo on Pexels.com
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *