Libur Akhir Pekan Bersama Buah Hati Makin Seru dengan 7 Kegiatan Ini, Dears!

Dears, apa rencanamu bersama keluarga akhir pekan ini? Libur akhir pekan menjadi hari yang paling ditunggu-tunggu oleh pekerja kantoran dan anak-anak usia sekolah. Pasalnya, mereka bisa terbebas dari rutinitas harian yang melelahkan. Selain itu, banyak yang memanfaatkan libur akhir pekan untuk menikmati quality time bersama keluarga.

Sebuah penelitian di Universitas Pittsburgh menunjukkan, bahwa kegiatan rekreasi dan liburan secara signifikan dapat meningkatkan emosi positif seseorang. Liburan sekolah menjadi hal yang paling dinanti oleh anak-anak. Setelah berjibaku dengan jadwal belajar yang padat, dan berbagai tekanan yang datang, mereka butuh menikmati liburan berkualitas.

Berlibur bukan berarti harus dilakukan dengan berpergian ke tempat rekreasi. Berikut kegiatan sederhana yang bisa membuat hari libur menjadi berkesan dan manfaat.

 

1. Berkebun

Berkebun merupakan aktivitas luar ruangan yang menyehatkan. Dikutip dari laman Washington Post, penelitian ilmiah menunjukkan bahwa kegiatan berkebun dapat membantu anak-anak membakar energi, mengendalikan impuls, dan mengembangkan sistem kekebalan tubuh.

Ajaklah anak mengisi liburan dengan menanam sayur, buah, atau tanaman hias di rumah. Tak butuh lahan yang luas, cukup hanya dengan  tempat yang minimalis dan peralatan seadanya. Membiarkan mereka bermain tanah saat menanam, dan bermain air saat menyiram tanaman tampaknya sederhana, tapi  bisa mengesankan bagi buah hati.

2. Memasak

Dewasa ini, cooking class menjadi salah satu kegiatan paling dicari. Bahkan tak sedikit perusahaan makanan dengan nama yang mentereng membuka kelas khusus memasak bagi anak-anak.

Memasak merupakan keterampilan hidup yang perlu dipelajari oleh anak-anak. Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan, antara lain, membangun kedekatan orang tua dan anak  (bonding time), mengasah kreativitas, belajar berhitung (menakar bahan), belajar sains (mengamati perubahan yang terjadi pada bahan makanan), melatih kesabaran, dan lain sebagainya.

Sayangnya, karena kesibukan orang tua, atau keberadaan asisten rumah tangga, jarang sekali orang tua yang mau meluangkan waktu untuk memasak bersama. Masa libur bisa menjadi peluang untuk memasak bersama anak di rumah.

3. Dekorasi Kamar dan Rumah

Punya anak dengan gaya belajar kinestetik? Atau anak sedang hobi berkreasi? Jangan biarkan imajinasi dan kreativitasnya layu ditelan bumi. Ajak anak untuk mendekorasi ulang kamar dan rumah. Biarkan ia menentukan ingin tatanan kamar seperti apa, lalu fasilitasi, dan dampingi. Tak hanya membuat suasana rumah menjadi lebih nyaman dan rapi. Anak akan merasa dihargai, dan semakin bersemangat untuk terus berkarya.

4. Natur Walk

Charlotte Mason, seorang praktisi pendidikan asal Inggris mengatakan bahwa alam menyediakan hiburan dan pelajaran yang luar biasa berlimpah. Ada banyak manfaat yang anak peroleh saat bermain di alam terbuka, yaitu memupuk kebiasaan memperhatikan (fokus); menumbuhkan jiwa peneliti; menyediakan landasan bagi pengetahuan; meningkatkan kesehatan badan; menyalurkan energi dan keingintahuan anak yang besar; menetralisir log-log negatif; membangun karakter yang stabil dan positif di rumah; meluaskan minat, kreativitas dan wawasan; memberikan pengalaman berkelana dan kemandirian berkegiatan; menanamkan kekaguman pada keunikan ciptaan dan kehebatan Sang Pencipta.

Dengan jalan-jalan ke alam, meski hanya di sekitar rumah, anak bisa menikmati kebebasan sambil melakukan pengamatan.

5. Bereksperimen

Ajak anak menciptakan keseruan di hari libur dengan bereksperimen. Cukup menggunakan bahan seadanya yang mudah didapat. Tak perlu cemas soal ide, karena sekarang semua ilmu bisa didapat hanya dengan bermodalkan kuota. Cukup buka Google atau YouTube banyak kita temui contoh-contoh percobaan sederhana yang bisa dilakukan di rumah. Tak hanya liburan menjadi seru, anak juga mendapat ilmu baru.

6. Membuka Perpustakaan Mini untuk Tetangga

Sebaik-baik orang adalah yang membawa manfaat bagi orang lain. Ada banyak cara yang bisa kita teladankan pada anak untuk menjadi orang yang manfaat. Salah satunya dengan membuka perpustakaan mini di rumah.

Apabila di rumah kita memiliki cukup koleksi buku atau mainan, tidak ada salahnya jika kita pinjamkan pada tetangga. Cukup dengan membuka lapak sederhana di teras rumah. Tak hanya memberi manfaat bagi tetangga sekitar, tetapi juga bisa melekatkan tali persaudaraan.

7. Memainkan Permainan Tradisional

Dewasa ini kehadiran gadget begitu menyita perhatian anak. Tak hanya menjadi milik orang kaya, bahkan anak dari kalangan keluarga sederhana pun tak luput dari euforia kecanduan perangkat canggih tersebut.

Sebagai orang tua kita harus mampu menciptakan momen seru dan menarik agar anak bisa terlepas dari smartphone-nya. Nah, mumpung liburan, tidak ada salahnya kita luangkan waktu untuk bermain bersama anak. Banyak pilihan mainan tradisional yang bisa kita kenalkan pada mereka. Mulai dari bola bekel, lompat tali, gundu, engklek, congklak, atau kalau memiliki lahan yang lebih luas bisa bermain gobak sodor, betengan, dan lain sebagainya. Selain murah meriah, menyehatkan badan, melekatkan hubungan, kita bisa bernostalgia ke masa kecil yang bahagia.

Jadi, sudah tidak bingung lagi kan, Dears? Semoga akhir pekan bersama buah hati kali ini lebih menyenangkan, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *