Lakukan 7 Hal ini untuk Kesehatan Jantung, Cegah sebelum Terlambat, Dears!

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Seperti dilansir sehatnegeriku.kemkes.go.id, berdasarkan Sample Registration System (SRS) pada 2014 di Indonesia menunjukkan, Penyakit Jantung Koroner (PJK) menjadi penyebab kematian tertinggi pada semua umur setelah stroke, yakni sebesar 12,9%.

Pepatah menyatakan bahwa mencegah lebih baik dari mengobati. Menjaga kesehatan jantung ternyata bisa dilakukan dengan melakukan beberapa hal yang mudah dan simpel.  Yuk, simak, di bawah ini!

1. Berhenti merokok

Foto: Pexels.com

Merokok ternyata menjadi salah satu faktor risiko penyakit jantung koroner . Bukan hanya perokok tapi orang yang ikut menghirup asap rokok pun punya risiko yang sama.

Hal ini disebabkan zat beracun pada rokok bisa merusak pembuluh darah jantung sehingga aliran darah menuju jantung menjadi terganggu. Akibatnya jantung akan kekurangan oksigen dan nutrisi sehingga fungsi jantung ikut terganggu.

Buat para perokok, mending stop sekarang juga! Merokok itu lebih banyak karena mudharatnya. Beberapa jenis kanker pun bisa mengintai para perokok.

2. Beraktivitas fisik atau olahraga rutin

Foto: Pexels.com

Ada berbagai pilihan olah raga yang murah meriah dan mudah dilakukan seperti jalan kaki, jogging, atau sekadar naik-turun tangga. Lakukan secara rutin dan sempatkan olahraga selama 20-30 menit setiap harinya.

Dengan aktif secara fisik atau  berolah raga secara rutin ternyata bisa mengurangi risiko penyakit jantung, loh, Dears!

3. Konsumsi ikan yang kaya Omega-3

Foto: Pexels.com

Ikan merupakan makanan yang kaya akan asam lemak omega-3. Mengonsumsi ikan yang mengandung omega-3 akan membantu mencegah penyakit jantung.

Berbagai jenis ikan seperti sarden, tuna, atau salmon bisa jadi pilihan untuk dikonsumsi, Dears.

Mengonsumsi ikan teratur dua kali seminggu akan mencukupi kebutuhan tubuh akan asam lemak omega-3.

4. Makan makanan kaya serat

Foto: Pexels.com

Makanan yang banyak mengandung serat, seperti buah-buahan, sayuran, kacang, gandum, dan sereal. Menu makanan yang kaya serat akan menurunkan kadar  HDL- Cholesterol dalam darah. Penurunan kadar Kolesterol HDL ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Ketika makan makanan yang berserat imbangi dengan minum yang cukup agar pencernaan menjadi lancar. Jangan makan sayuran dengan porsi banyak sekaligus karena bisa bikin perutmu kembung, loh, Dears.

5. Kurangi konsumsi lemak jenuh

Foto: Pexels.com

Daging merah, kulit ayam, makanan olahan, makanan yang digoreng, margarin, serta produk susu kaya lemak merupakan makanan yang mengandung lemak jenuh.

Kurangi konsumsi lemak jenuh, karena terlalu banyak lemak jenuh dan trans dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah jantung.

6. Konsumsi healthy food untuk menjaga kadar gula dan tekanan darah

Foto: Pexels.com

Mulailah memperbaiki lifestyle dengan memakan makanan yang sehat atau healthy food.  Kamu bisa mengganti nasi dengan nasi merah, mengurangi asupan gula, garam yang berlebih, tidak minum alkohol.

Periksakan kadar gula dan tekanan darah secara rutin, ya, Dears. Kadar gula yang tinggi tak hanya menyebabkan diabetes tapi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, karena merusak pembuluh darah dan saraf yang mengendalikan jantung.

Cek juga tekanan darahmu secara rutin. Tekanan darah yang tinggi atau hipertensi dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah. Bisa berakibat fatal jika mengenai organ tubuh yang penting contohnya jantung atau otak. Bahaya banget, kan, Dears? Jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan rutin secara berkala, ya!

7. Istirahat yang cukup

Foto: Pexels.com

Mengusahakan tidur atau istirahat selama 7-8 jam per hari juga disarankan untuk menjaga kesehatan jantung. Kurangnya istirahat dapat menyebabkan risiko darah tinggi, diabetes, dan serangan jantung meningkat.

Mengubah lifestyle terkadang bukan hal yang mudah apalagi sudah menjadi kebiasaan yang melekat. Semua itu bukan berarti tidak bisa dilakukan, kan, Dears?

Nah, ketujuh cara di atas bisa mulai kamu terapkan secara perlahan. Menjaga lebih baik daripada mengobati. Mari menjaga kesehatan jantung dengan cara mudah dan simpel. Cegah sebelum terlambat. Yuk, mulai dari sekarang, Dears!

Featured image: Photo by  Huy Phan on Pexels
*Artikel merupakan kiriman kontributor. Semua isi artikel merupakan tanggung jawab penulis

One thought on “Lakukan 7 Hal ini untuk Kesehatan Jantung, Cegah sebelum Terlambat, Dears!”

  1. Aktivitas fisik yang berlebihan berikut rekanan psikis bisa melemahkan jantung.
    Ibu rumah tangga juga rentan terkena serangan jantung jika tidak menjaga pola hidupnya lebih baik.
    Duh, saya harus lebih sering bergerak di luar rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *