Lakukan 7 Hal Ini saat Kamu Sedang Tak Punya Uang, Dears

Pernah enggak sih mengalami kehabisan uang pada saat gajian masih jauh? Kalaupun masih ada saldo di rekeningmu, ternyata sudah dialokasikan untuk tabungan atau dana cadangan. Maka ini saatnya kamu harus membatasi diri ya, Dears.

Apa saja sih yang harus kamu lakukan saat dompet semakin menipis?

1. Batasi Stalking Akun Medsos

Katanya lagi pailit, tapi hobi stalking media sosial tetap jalan? Kalau ini tetap kamu lakukan, bakalan repot, Dears. Media sosial saat ini sudah layaknya etalase toko, banyak produk yang menggoda hati untuk dibeli. Semakin banyak kita stalking semakin gelap mata dan hati kita, Dears. Kadang rasa ingin berbelanja mengalahkan realita bahwa kita tidak begitu membutuhkan barang tersebut dan melupakan kenyataan bahwa uang kita tidak cukup untuk memuaskan keinginan belanja kita. Jadi sebaiknya kamu batasi membuka media sosial kecuali untuk hal-hal yang benar-benar perlu, seperti media sosial yang terkait dengan pekerjaanmu, Dears.

2. Jangan Kebanyakan Window Shopping

Sudah tak punya uang tapi masih senang window shopping. Ah, kan cuma lihat-lihat, begitu kan alasanmu? Padahal cinta itu dari mata turun hati, lo! Kalau kamu senang maka kamu ingin membelinya. Mumpung diskon all item, mumpung produk terbatas, mumpung warnanya cocok dengan baju yang ada di rumah, atau karena alasan lainnya. Untuk menghindarinya, pulang kerja sebaiknya cepat pulang, diam di rumah dan lakukan pekerjaan rumah yang mungkin tertunda beberapa hari lalu.

3. Kepoin Status WA Secukupnya

Whatsapp story sekarang ini kurang lebihnya sama dengan nasib media sosial lainnya. Berbagai produk di-share dengan harapan banyak orang yang melihat dan tertarik untuk membeli produk yang dijual. Kalau kamu punya teman atau relasi yang sering memajang produk jualanannya di WA story, bisukan saja statusnya.. haa… haa… biar kamu tidak terlalu tertarik membukanya. Dengan tidak membuka statusnya, kamu akan terhindar dari godaan membeli atau minimal memesan barang, meskipun ada beberapa teman yang menawarkan boleh bayar kalau sudah gajian.

4. Jangan Kebanyakan Mampir

Saat tidak punya uang, jangan terlalu banyak mampir ke tempat yang mengundang pengeluaran. Misalnya, mampir ke pusat pertokoan, pasar, restoran, tempat wisata dan sebagainya. Di tempat tersebut minimal kamu harus membayar parkir kendaraan dan akhirnya tertarik membeli sesuatu. Tempat terbaik saat tidak punya uang adalah di rumah. Di rumah kita akan meminimalkan keinginan membeli sesuatu asal aturan membatasi media sosial diterapkan, Dears. Lakukan pekerjaan rumah atau bisnis yang justru mendatangkan uang, bukan membuat dompet semakin tipis.

5. Berhenti Menjelajah Marketplace

Pernah kan tiba-tiba punya pikiran ingin membandingkan harga suatu barang yang kita inginkan di marketplace? Saat menginginkan sesuatu pasti kita ingin harga termurah dengan kualitas yang sama. Nah, tempat yang paling pas ada di marketplace. Kita akan temukan harga terbaik dari toko terbaik, begitu kan logika marketplace? Sekali lagi, jangan menjelajah marketplace walaupun sekadar membandingkan harga, karena apa yang kita cari selalu dikoneksikan dengan produk lainnya yang saling berkaitan atau dengan produk yang banyak dibeli orang. Saat rasa ingin tahu terhadap suatu produk muncul, saat itulah hasrat membeli juga muncul.

6. Masak di Rumah dan Bawalah Bekal

Acara makan adalah salah satu acara yang menguras isi dompet. Beberapa restoran memasang harga murah untuk makanan tertentu dan memasang harga mahal untuk jenis minuman dan makanan lainnya. Jika daftar menu diikuti dengan harga, kamu dapat memilih harga termurah, namun jika tidak, siap-siaplah kaget di depan kasir karena isi dompetmu berpindah tangan. Jalan terbaik adalah memasak dan membawa bekal dari rumah. Jangan malu makan bekal meski teman lainnya makan di restoran. Bekal dari rumah dipastikan lebih sehat dan lebih murah. Supaya tidak terlihat kalau sedang pailit, jadikan bekal sebagai gaya hidup. Sedang punya atau tidak punya uang, jadikan membawa bekal sebagai kebiasaan.

7. Cukup Tulis Keinginanmu di Atas Kertas

Saat tidak punya uang tetapi kamu memiliki keinginan atau kebutuhan, tuliskan di atas kertas. Meskipun daftar yang kita buat menjadi panjang sekali, tuliskan saja. Setelah menulis, tinggalkan sejenak dengan beraktivitas lainnya. Saat pikiran sudah jernih, coretlah yang bukan kebutuhan penting. Hasilnya adalah barang yang benar-benar kamu butuhkan. Saat nanti punya uang, belilah barang atau produk tersebut.

Nah, sudah siap membatasi diri saat tidak punya uang kan, Dears? Lakukan sebagai kebiasaan, sehingga saat sedang punya uang pun kita akan menjadi pribadi yang hemat, membeli sesuatu yang memang dibutuhkan, bukan sesuatu yang diinginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *