Lakukan 5 Tips Menabung Ini Agar Penghasilanmu Tersimpan

Dears, jika ada seseorang yang berpenghasilan pas-pasan namun masih bisa menyisihkan sedikit uangnya untuk menabung, tentulah ia seseorang yang cukup cermat dalam mengatur keuangannya. Sebaliknya, banyak orang yang sebenarnya berpenghasilan lebih besar, ternyata gagal dalam usahanya menabung. Hal ini tentu ada yang harus dibenahi dalam pengaturan keuangannya.

Pada saat ini segala kebutuhan terasa makin meningkat. Banyak orang yang berusaha meningkatkan pendapatannya dengan berbagai cara agar dapat memenuhi segala kebutuhan hidupnya. Mereka berusaha menyisihkan sebagian penghasilannya untuk ditabungkan. Namun yang sering terjadi adalah, seiring bertambahnya penghasilan, diikuti pula oleh pengeluaran yang lebih besar karena terpancing dengan gaya hidup yang ikut meningkat. Jika kita tidak menguatkan keinginan untuk menabung, seringkali penghasilan yang semakin bertambah pun tak kunjung membuat kita bisa menyisihkannya. Alih-alih bisa menabung, terkadang justru kebutuhan terasa semakin banyak.

Dears, agar kamu tetap bisa menabung dengan rutin dan disiplin, coba ikuti cara menabung berikut ini.

Menambah Satu Pos Pengeluaran Rutin

Hal yang satu ini mungkin terdengar agak aneh, ya. Mengapa justru menambah pos pengeluaran rutin? Yup, kamu harus membuat satu pos pengeluaran lagi, yaitu untuk menyisihkan uangmu yang ditabungkan. Jika uang yang ada tidak cukup untuk dibagi, kamu dapat meneliti pos pengeluaran lain yang bisa dipangkas, agar tetap ada uang lebih untuk ditabung. Anggap saja dana untuk tabungan itu adalah sebuah pengeluaran rutin. Kamu bisa membagi pengeluaran rutinmu masing-masing dalam sebuah amplop, termasuk uang untuk tabungan. Semoga dengan cara ini akan dapat mendisiplinkanmu untuk menabung.

Menyimpan Uang Receh

Terkadang kita menyepelekan uang receh karena nilainya yang kecil. Apalagi uang receh yang berupa koin, kita sering meletakkannya di sembarang tempat sehingga melupakannya begitu saja.

Padahal jika uang koin dan uang receh dikumpulkan, ternyata banyak juga jumlahnya. Kamu bisa menyediakan celengan untuk menyimpan uang receh tersebut. Jadi, setiap kali menerima kembalian uang receh, segera masukkan ke celengan. Jika kamu cukup sering melakukannya, uang receh yang terkumpul pun akan menghasilkan jumlah yang lumayan. Ini bisa menjadi cara menabung yang mudah, bukan?

Membuka Rekening Khusus Hanya untuk Menabung

Dears, agar tabunganmu dapat tersimpan dengan baik, buatlah satu rekening khusus untuk menabung saja. Dan sudah pasti, jangan membuat kartu ATM untuk rekening tersebut. Tanpa kartu ATM akan membuatmu terhindar untuk sering menarik uang di rekening tersebut. Semakin sering mengisi rekeningmu, uangmu akan terus terkumpul dan kecil kemungkinan ditarik karena tidak memiliki ATM.

Menyimpan Penghasilan Tambahan

Dears, kamu punya penghasilan tambahan selain penghasilan tetap? Kadang penghasilan tambahan sering kita anggap sebagai uang ekstra yang bisa dibelanjakan untuk memanjakan keinginan yang tak terpenuhi karena keterbatasan penghasilan tetap. Jika kamu juga sering melakukannya, colalah ubah kebiasaan tersebut. Sisihkan penghasilan tambahan untuk tabungan. Kamu akan merasakan betapa bermanfaat memiliki penghasilan tambahan yang bisa membuatmu memiliki tabungan.

Mengikuti Arisan

Jika kamu masih kesulitan untuk rutin menabung, cobalah mengikuti arisan. Arisan merupakan salah satu cara mengumpulkan uang agar jumlahnya menjadi lebih banyak. Meskipun begitu, terkadang ketika sudah mendapatkan uang arisan, kita justru terpancing untuk membeli sesuatu. Jika memang berniat untuk menabung, simpanlah uang arisan untuk ditabung. Kalau kamu bisa mengikuti beberapa arisan, bukankah itu artinya kamu juga bisa mengumpulkan uang lebih banyak lagi? Dengan menyetor uang arisan akan membuatmu rutin menyisihkan pendapatanmu.

Dears, berapa pun penghasilan yang kamu dapatkan, sebaiknya mulailah niatkan untuk menabung. Bijaklah dalam mengatur keuanganmu, berhematlah agar penghasilan yang diterima ada yang tersisa untuk disimpan. Semoga cara-cara dan trik di atas dapat membantumu memiliki tabungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *